Jumat 11 Februari 2022, 21:11 WIB

Begini Cara Ampuh dan Mudah Usir Semut dari Rumah Anda

Dhika Kusuma Winata | Humaniora
Begini Cara Ampuh dan Mudah Usir Semut dari Rumah Anda

AFP
Semut

 

BERSARANGNYA semut di bagian tertentu rumah Anda tentu akan mengganggu. Kadang kala kita hanya menyapu semut atau menyemprotnya sesekali unttuk menghilangkannya. Namun, semut-semut yang membandel kadang kerap muncul lagi sehingga Anda butuh cara ampuh untuk membasminya. 

1. Lada hitam 

Anda bisa menaburkan bubuk lada hitam di dekat jalur barisan semut. Anda juga bisa menburkannya di sudut lantai ataupun pinggir tembok untuk menghalau semut. Binatang ini diketahui tak menyukai aroma lada hitam. 

2. Kopi 

Selain lada bubuk dan bubuk kayu manis, Anda bisa menaburkan ampas atau bubuk kopi ke area halaman rumah yang kerap menjadi sarang semut. Misalnya, di dekat pot tanaman.Cara ini juga diyakini dapat mengusir semut yang bersarang di rumah Anda. Mudah dan efektif, bukan? 

3. Tepung jagung 

Jika menemukan banyak semut di dapur, Anda bisa menggunakan tepung maizena. Bagaimanakah caranya?Taburkan tepung maizena di area dapur rumah Anda yang mungkin terdapat sarang semut. Anda juga bisa menambahkan air di atas taburan tepung.Meski akan tampak berantakan, campuran tepung dan air tersebut bisa mematikan banyak semut. 

4. Cuka 

Cuka dapat membunuh semut maupun mengusirnya. Jika melihat barisan semut yang membandel di pinggir lantai atau atas meja, Anda bisa membasminya dengan membubuhkan larutan cuka bercampur air, atau hanya cairan cuka. 

Aroma cuka mungkin tidak tahan lama pada indera penciuman manusia tapi untuk semut akan sangat terganggu. 

5. Cairan pembersih/detergen 

Cara membasmi semut membandel selanjutnya adalah menggunakan campuran cairan pembersih kaca dan detergen cair. Anda cukup mencampurkan kedua cairan tersebut ke dalam botol semprot. Lalu semprot area rumah Anda yang kerap dilalui oleh semut.Namun ingatlah untuk membersihkan area ini setelah penyemprotan. Pasalnya, residu atau bekas semprotan cairan biasanya akan tersisa. 

6. Bedak 

Anda bisa memanfaatkan bedak tabur (talek) sebagai salah satu cara mengusir semut di rumah. Caranya pun simpel.Anda cukup menyebarkan bedak tabur di sarang semut. Contohnya, di pinggir lantai, tembok, pintu, atau jendela. Umumnya, semut tidak suka berjalan melewati bubuk, apalagi jika bubuk tersebut menempel di tubuhnya. (OL-8)

Baca Juga

Dok MI

8 Rekomendasi Tempat Wisata di Kaohsiung yang Wajib Dikunjungi

👤Meilani Teniwut 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 23:49 WIB
Kaohsiung juga memiliki objek wisata yang menarik untuk dikunjungi mulai dari Pier 2 Art Center, Cijin Island atau Pulau Cijin hingga...
Antara

40 Juta Masyarakat Sudah Terima Booster

👤Ant 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 23:14 WIB
Sebanyak 1.699.504 tenaga kesehatan (nakes) rampung menerima vaksin...
MI/Haryanto Mega

MPR Ingatkan Upaya Memperjuangkan Hak-Hak Masyarakat Adat Harus Konsisten

👤Putra Ananda 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 23:05 WIB
PERJUANGAN untuk meningkatkan kesadaran dan melindungi hak-hak masyarakat adat perlu didukung dengan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya