Kamis 20 Januari 2022, 12:16 WIB

Olahraga Bantu Anak Tahan Lama Belajar

Basuki Eka Purnama | Humaniora
Olahraga Bantu Anak Tahan Lama Belajar

ANTARA/Muhammad Adimaja
Siswa Sekolah Dasar 15 Pagi Mangga Besar mengikuti kegiatan belajar mengajar tatap muka di Jakarta.

 

SELAIN bermanfaat untuk kesehatan, berolahraga juga bisa membantu anak betah berlama-lama belajar. Hal itu diungkapkan psikolog anak dan remaja dari Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia Vera Itabiliana Hadiwidjojo.

"Olahraga bisa meningkatkan atau berdampak positif pada performa belajar. Penelitian menunjukkan, dengan olahraga, fokus belajar menjadi lebih baik, stamina jadi lebih bagus sehingga anak betah berlama-lama belajar," ujar dia dalam konferensi pers virtual, Rabu (19/1).

Dengan semakin fokus anak belajar, maka, menurut Vera, otomatis prestasi belajar anak di sekolah juga akan meningkat. Oleh karena itu, dia mengingatkan hubungan penting antara akademis dan olahraga yang tidak bisa dipisahkan.

Baca juga: Bertambah, 43 Sekolah Tutup Karena Covid-19

"Jadi tidak bisa dipisahkan akademis dan olahraga. Justru ini bisa saling membantu. Jadi luar biasa manfaatnya olahraga itu. Olahraga juga membantu anak belajar berstrategi, bagaimana supaya gerakannya bisa efektif. Perlu pemikiran kritis, instruksi dari guru olahraganya," kata Vera.

Di sisi lain, olahraga juga berperan meningkatkan kesejahteraan psikologis anak seiring keluarnya hormon antistres yang membuat pikiran lebih jernih dan emosi lebih positif.

Vera berpendapat, olahraga yang sering kali dinomorduakan justru menjadi suatu hal yang penting untuk membantu mengembangkan aspek fisik, kognitif, sosial, karakter.

Ada olah fisik di dalamnya yang membuat tubuh seseorang yang melakukannya bugar, sehat dan koordinasi motoriknya juga bertambah baik.

Olahraga juga dapat membentuk karakter anak untuk disiplin, pantang menyerah, percaya diri dan sportif. 

Vera menambahkan, orangtua berperan penting terus memberikan semangat pada anak-anak mereka untuk tetap semangat berolahraga.

"Ketika anak lagi capek, bagaimana ibu memberikan semangat supaya anak menjadi semangat lagi berolahraga," pungkas dia. (Ant/OL-1)

Baca Juga

ANTARA/ Galih Pradipta

Menteri PPPA Kecam Aksi Pengusiran oleh Warga Terhadap Seorang Perempuan di Cianjur

👤 Dinda Shabrina 🕔Rabu 18 Mei 2022, 11:25 WIB
Dalam kejadian yang menimpa N ini perlu dilakukan pendalaman lebih lanjut. Apapun alasannya, permasalahan sebab akibat menjadi syarat...
Dok IndonesiaKaya

Serial Musikal Siti Nurbaya Raih Penghargaan di Singapura

👤Retno Hemawati 🕔Rabu 18 Mei 2022, 11:13 WIB
Serial Musikal Nurbaya ini juga berhasil mendapatkan penghargaan bronze pada kategori Best PR Campaign: Entertainment dalam acara...
Ist

BMKG Terapkan Paradigma Preventive Maintenance Sistem Peringatan Dini

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 18 Mei 2022, 11:05 WIB
Langkah ini dilakukan karena BMKG tidak ingin “kecolongan” dengan kejadian bencana...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya