Rabu 19 Januari 2022, 05:43 WIB

Erick Thohir Intruksikan BUMN Konsolidasikan Zakat Melalui BAZNAS

mediaindonesia.com | Humaniora
Erick Thohir Intruksikan BUMN Konsolidasikan Zakat Melalui BAZNAS

dok.Baznas
Pimpinan Baznas Rizaludin Kurniawan

 

MENTERI BUMN Erick Thohir perintahkan seluruh direksi BUMN mendukung program tatakelola zakat sesuai dengan perundang-undangan zakat melalui Baznas. Bahkan, Erick menyampaikan akan mengambil Tindakan tegas terhadap direksi BUMN yang menolak mengonsolidasikan zakat BUMN nya melalui BAZNAS. Mendukung Langkah tersebut, Menteri BUMN mengeluarkan surat edaran tentang optimalisasi penyaluran zakat insan BUMN.

Hal itu disampaikan Pimpinan Baznas Rizaludin Kurniawan seusai pertemuan silaturahmi Menteri, Direksi BUMN dengan Pimpinan BAZNAS Pusat, kemarin. "Alhadulillah, Pak Mentri BUMN mendukung Langkah Baznas dalam mengonsolidasikan zakat BUMN melalui BAZNAS sesuai dengan perundang-undangan yang ada,” kata Rizal dalam keterangannya, Rabu (19/1).

Rizaludin menyampaikan, Menteri BUMN berharap seluruh direksi BUMN dapat mendukung konsolidasi zakat BUMN melalui BAZNAS. "Saya tidak mau zakat ini dikelola sendiri-sendiri. Yang tidak terlihat hasilnya. Secara undang-undang ada, Baznas sebagai tupoksi menjalankan program zakat," kata Rizaludin mengutip pernyataan Menteri BUMN.

Dia menilai, BAZNAS telah siap mengemban Amanah tersebut. Karena landasan hukumnya berupa Inpres No 3 Tahun 2014 tentang optimalisasi zakat di BUMN, BUMD, ASN dan TNI/Polri. "Kita telah mengajak BUMN untuk Bersatu dalam mengkonsolidasikan potensi zakatnya untuk sebesar-besarnya demi kepentingan umat. Dikelola secara bersama akan lebih maksimal hasilnya dibandingkan pengelolaan secara sectoral,” jelas Rizal.

Dia juga mendukung langkah tegas Menter BUMN yang akan mengambil Tindakan tegas terhadap Direksi BUMN yang tidak hadir dan enggan mengkonsolidasikan zakatnya melalui BAZNAS. Rizal berharap, perintah Menteri BUMN dapat diikuti oleh segenap direksi BUMN.  

"Langkah Menteri BUMN yang akan membentuk tim pemantau yang bertugas mengawasi proses pelaksanaan konsolidasi zakat BUMN melalui BAZNAS ini adalah tepat. Agar proses nya berjalan secara optimal,” katanya.

Rizal juga berjanji akan membantu proses konsolidasi zakat di BUMN melalui BAZNAS dengan memfasilitasi  prosesnya sesuai dengan aturan yang berlaku. "BAZNAS akan terbuka membantu proses konsoliadasikan zakat ini dengan tetap berpegang pada aturan yang ada,” ungkapnya. (OL-13)

Baca Juga: BAZNAS Targetkan Pengumpulan Zakat Nasional 2022 Mencapai ...

Baca Juga

Antara/Mohamad Hamzah

Pengawasan Ketat Ternak Impor dan Karantina Hewan Cegah Meluasnya Penyakit Mulut dan Kuku

👤Fetry Wuryasti 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:44 WIB
“Titik-titik pemeriksaan, pengawasan dan karantina untuk sapi impor perlu menjadi fokus pemerintah supaya PMK tidak semakin...
DOK Kemenko PMK

Pemerintah Maksimalkan Perlindungan Bagi Anak dan Penyandang Disabilitas yang Terdampak Pandemi

👤Widhoroso 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:01 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan, masa depan anak-anak Indonesia, termasuk mereka yang kehilangan orang tua pada masa Pandemi...
Antara

14,3 Juta Lansia Rampung Divaksinasi

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Kamis 26 Mei 2022, 21:38 WIB
Jumlah itu setara 66,44 persen dari target 21.553.118...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya