Selasa 04 Januari 2022, 14:20 WIB

Hari Ini, LTMPT Buka Registrasi Akun untuk SNMPTN 2022

Faustinus Nua | Humaniora
Hari Ini, LTMPT Buka Registrasi Akun untuk SNMPTN 2022

ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA
Seorang lulusan SMA menunjukkan informasi hasil SBMPTN 2020 di Depok, Jawa Barat, Jumat (14/8/2020).

 

LeEMBAGA Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah membuka penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri (PTN) tahun 2022. Penerimaan mahasiswa baru untuk jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SNMPTN) diawali dengan registrasi akun bagi sekolah yang dimulai hari ini, Selasa (4/1) hingga 15 Februari mendatang.

"Hari ini dimulai pengisian PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa) oleh sekolah. Pada 4 Januari hingga 15 Februari sekolah kami persilakan untuk membuka akun dan pengisian PDSS. Silahkan sekolah-sekolah untuk registrasi membuat akun LTMPT kemudian mengisi PDSS. Untuk siswa itu baru bisa membuat akun 10 Januari hingga 15 Februari," ujar Ketua Umum LTMPT Mochamad Ashari dalam konferensi pers, Selasa (4/1).

Rektor ITS itu menjelaskan bahwa registrasi akun bagi sekolah dan siswa memang berbeda. Keduanya tidak bisa dimulai atau dibuka bersamaan lantaran khawatir sistem server terganggu dan mengalami penurunan kinerja.

Baca jugaDikti-Ristek: Perguruan Tinggi Siap Gelar PTM 100% Mulai Februari

Baca juga: KSP : Belajar Tatap Muka 100% Sudah Pertimbangkan Kesiapan Pihak Sekolah

"Itu bisa sampai 2,4 juta pada saat itu baru dibuka, ini rawan terjadi kemacetan di IT sehingga kita geser, untuk sekolah dulu baru siswa buat akun," jelasnya.

Lebih lanjut, Ashari menyampaikan bahwa SNMPTN merupakan jalur undangan bagi siswa berprestasi. Siswa SMA atau sederajat diundang untuk mengikuti seleksi berdasarkan prestasi dari nilai rapor dengan kuota minimal 20% dari kapasitas yang tersedia di PTN.

"Tidak ada tes di situ, SNMPTN ini dipatok untuk seluruh PTN minimal 20% dari keseluruhan peserta. Ini berdasarkan akademik dan prestasi lain sesuai ketentuan, biaya ditanggung pemerintah, anak-anak tidak dipungut biaya," tutur Ashari.

Dia meminta para siswa benar-benar serius menyiapkan diri untuk memilih program studi yang diminati. Siswa yang diterima SNMPTN tidak diperbolehkan untuk kembali mengikuti UTBK SBMPTN. (H-3)

Baca Juga

Ist

ITM Ambil Bagian Mewujudkan Ibu Kota Nusantara sebagai Smart Forest City

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 08:50 WIB
PT Indo Tambangraya Megah (ITM) Tbk resmi menjadi mitra pemerintah dalam pembangunan Persemaian Mentawir guna mewujudkan Ibu Kota...
MI/Miskah Syifa

KCCI Hadirkan Kuliah Umum tentang Diaspora Korea Berdasarkan Novel dan Drama Pachinko

👤Miskah Syifa Putri 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 08:44 WIB
Pachinko merupakan novel karya Min Jin Lee yang kemudian diadaptasikan menjadi sebuah drama. Mengisahkan tentang 3 generasi dari sebuah...
MI/Adi Kristiadi

Pesantren Idrisiyyah Tasikmalaya Dirikan STAI untuk Umum

👤Adi Kristiadi 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 07:30 WIB
PONDOK Pesantren Idrisiyyah di Kampung Pagendingan, Desa Jatihurip, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat mendirikan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya