Selasa 21 Desember 2021, 22:44 WIB

Kukuhkan 30 Guru Besar Dalam 3 Tahun, UNJ Raih Rekor MURI 

Mediaindonesia.com | Humaniora
Kukuhkan 30 Guru Besar Dalam 3 Tahun, UNJ Raih Rekor MURI 

Dok. UNJ
Pemberikan rekor MURI untuk UNJ atas pengukuhan guru besar terbanyak

 

UNIVERSITAS Negeri Jakarta (UNJ) meraih rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) untuk pengukuhan guru besar terbanyak. Sepanjang 2019-2021, UNJ tercatat mengukuhkan hingga 30 guru besar dari berbagai fakultas. 

Tasyakuran dan penerimaan rekor MURI itu dilakukan di Aula Latief Hendraningrat, Gedung Raden Dewi Sartika Kampus A UNJ, Selasa (21/12). Acara itu dilakukan secara luring dan daring melalui Zoom dan disiarkan lewat kanal youtube EduraTV. 

Wakil Rektor II dan penanggungjawab acara, Agus Dudung, menyampaikan dalam laporannya pengukuhan Guru Besar UNJ dilakukan dari tanggal 8 Juni sampai dengan 14 Desember 2021. 

"Pada acara pengukuhan guru besar, setiap guru besar yang dikukuhkan masing-masing menyampaikan orasi ilmiah sesuai dengan bidang ilmunya. Dan tidak lupa melalui reviewer yang telah ditentukan senat UNJ," ujar Agus Dudung. 

Sementara itu, Henry selaku perwakilan Guru Besar yang dikukuhkan mengatakan bahwa prestasi ini tidak lepas dari nakhodanya Profesor Komarudin, karena pada sejarahnya dari 1964 sampai tahun ini, biasanya tiap tahun hanya ada satu atau dua orang yang dikukuhkan sebagai guru besar. 

"Tapi pada Periode 2021 mencapai 30 Guru Besar. Yang pada tahun depan mungkin akan bertambah juga," ungkap Henry. 

Ia berharap UNJ akan menjadi universitas unggul dan mempunyai reputasi yang baik di Kawasan Asia maupun dunia. "Semoga dalam perjalanan UNJ betul-betul dapat menorehkan menjadi universitas yang bereputasi di Kawasan Asia bahkan di dunia," kata Henry. 

Baca juga : Bantu Persiapan Siswa Hadapi UTBK 2022, Pahamify Gelar Webinar Motivasi dan TryOut Akbar 

Ketua Senat UNJ Hafid Abas menyebutkan, rekor MURI itu merupakan hari bersejarah bagi UNJ. Karena di penghujung tahun UNJ memberi kado istimewa dengan adanya rekor muri untuk pengukuhan guru besar terbanyak. 

Di antara yang telah diusulkan terdapat 61 orang, 30 orang masih menunggu proses, dan 31 sudah turun. Bukan tidak mungkin UNJ akan memiliki 100 Guru Besar. 

"Kita juga patut mensyukuri  bahwa UNJ masuk ke dalam peringkat ke-3 untuk HKI berada setelah Universitas Brawijaya dan Universitas Gajah Mada," ujar Hafid. 

Rektor UNJ Komarudin menyampaikan kterima kasih karena dari MURI berkenan dan bersedia mencatatkan rekor ini, karena rekor sebelumnya dipegang UNILA. 

"30 Guru Besar adalah masa diterbitkan dalam tiga tahun, dan sebenarnya ada 31 guru besar. Dikarenakan berhalangan jadi yang sempat dikukuhkan baru 30 Guru Besar, dari 2019-2021. rinciannya tiga orang pada 2019, 17 orang pada 2020, dan 11 orang pada 2021. Dan dikukuhkan dalam satu rangkaian pada tahun 2021," ujarnya. 

"Harapan kita adalah untuk semua bidang dan aspek kita mempunyai prestasi yang bagus, apalagi kita menuju PTN-BH," pungkas Komarudin. (RO/OL-7)

Baca Juga

Antara

Laju Vaksinasi Covid-19 di Luar Jawa dan Bali Tergolong Rendah

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Minggu 03 Juli 2022, 23:13 WIB
Pasalnya, ada 11 provinsi di luar Jawa dan Bali yang capaiannya di bawah 50...
ourworldindata.org

Indonesia Catat Tambahan 1.614 Kasus Baru

👤Faustinus Nua 🕔Minggu 03 Juli 2022, 22:30 WIB
KASUS Covid-19 di Indonesia kembali meningkat dalam beberapa hari...
DOK Perbanas Institute

Perbanas Institute Sediakan Rp2,5 Miliar Beasiswa Untuk Mahasiswa Baru

👤Widhoroso 🕔Minggu 03 Juli 2022, 20:15 WIB
PERBANAS Institute Jakarta menyediakan beasiswa senilai Rp2,5 miliar untuk calon mahasiswa baru tahun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya