Senin 20 Desember 2021, 09:05 WIB

Wavin Dorong Pembangunan Lingkungan yang Sehat dan Berkelanjutan di Indonesia

Basuki Eka Purnama | Humaniora
Wavin Dorong Pembangunan Lingkungan yang Sehat dan Berkelanjutan di Indonesia

MI/Dok Wavin
Ilustrasi

 

LAJU urbanisasi bergerak makin cepat selama satu dasawarsa terakhir. Pada 2050, populasi dunia diprediksikan akan menyentuh sekitar 9,7 miliar. Dari jumlah itu, hampir 68% atau sekitar 6 miliar manusia, diproyeksikan tinggal di lingkungan perkotaan. Namun, menurut PBB, pembangunan infrastruktur belum sepenuhnya mampu mengakomodasi dampak dari dinamika urbanisasi yang berlangsung dengan cepat tersebut, belum lagi, isu-isu lingkungan yang menyertai seperti banjir, kekeringan, hingga perubahan iklim akibat pemanasan global.

Kondisi itu acap membuat infrastruktur di perkotaan tidak lagi mampu menampung kebutuhan-kebutuhan tersebut. Infrastruktur perkotaan terutama sistem yang berhubungan dengan tata kelola keairan membutuhkan solusi baru yang fundamental guna mampu menjawab tantangan terkini dan masa depan terkait upaya merencanakan, membangun dan melakukan pemeliharaan kota. Untuk memecahkan masalah ini tidak lagi bisa menggunakan cara-cara usang.

President Wavin APAC Freek Crum menyampaikan, “Wavin dikenal sebagai perusahaan global yang menghadirkan solusi-solusi inovatif di bidang pembangunan dan infrastruktur. Wavin memiliki komitmen dalam mengembangkan produk-produk yang mendukung pembangunan sebuah kota menjadi kota yang layak huni dan menyenangkan bagi penghuninya, dengan misi utamanya adalah membangun lingkungan yang sehat dan berkesinambungan."

Baca juga: Ketika PHE Jambi Merang Sukses Berdayakan Masyarakat Desa Mendis

"Tugas besar Wavin tercetus dalam empat hal yang menjadi pilar utama, yakni membangun kembali sistem pembawa air dan membangun desain bangunan yang dapat memasok air minum bersih, mengamankan kebersihan dan sanitasi yang lebih baik, membantu kota menjadi tahan terhadap perubahan iklim, dan mengembangkan infrastruktur yang memiliki performa yang lebih baik."

MI/Dok Wavin--Ilustrasi

“Sebagai negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara, Wavin menempatkan Indonesia sebagai salah satu fokus sejak 35 tahun kehadiran perusahaan ini. Komitmen Wavin ini diwujudkan dengan memperkenalkan serangkaian solusi yang dihadirkan secara khusus bagi pasar Indonesia dengan mengembangkan komponen-komponen berkualitas, memiliki tingkat keamanan tingi, serta dengan harga yang lebih terjangkau, sebagai kunci keberhasilan pembangunan Indonesia yang berkesinambungan sekaligus dalam memacu percepatan upaya pemulihan akibat pandemi,” lanjutnya.

Wavin menghadirkan solusi yang terbaik untuk proyek-proyek di atas maupun di bawah tanah, seperti solusi untuk pengelolaan air hujan, sistem pemanas dan pendingin, jaringan air minum, hingga drainase air pelimbahan. 

Dari semenjak proses desain hingga suplai, Wavin berkolaborasi dengan para insinyur, pengembang proyek, hingga tim perencanaan tata kota, serta melibatkan pihak-pihak kontraktor hingga installer, melalui jaringan distribusi toko yang luas.

Sejak peluncuran kembali di Indonesia pada 2020 lalu, Wavin telah berhasil menggandeng lebih dari 40 distributor dan 6.000 toko yang tersebar di hampir seluruh wilayah di Indonesia, dari Sumatra, Jawa, Sulawesi, Kalimantan, hingga Papua. 

Kehadiran Wavin di hampir semua provinsi terakselerasi dalam kurun waktu satu tahun akibat pandemi covid-19. Di tahun ini, tercatat banyak proyek yang menggunakan produk Wavin, antara lain pembangunan Pabrik Coca Cola, Kantor Kedutaan Jerman, Primaya Hospital Depok, serta Hotel Ibis Tidar. 

Preferensi pasar tersebut menjadi bukti bahwa Wavin masih menjadi pilihan utama bagi pelanggan-pelanggan di Indonesia.

Marketing Manager Wavin Indonesia Frank Simorangkir menuturkan, “Wavin juga mendukung distributor dan toko-toko bangunan untuk melakukan penetrasi pasar dengan melakukan sejumlah program brand activation seperti Sobat Wavin yang merupakan loyalty program untuk installer atau kontraktor yang membeli melalui toko-toko ritel bangunan, program roadshow di toko-toko, instore branding, installer meeting, training, digital campaign, dan lain-lain."

"Tahun ini, Wavin juga meluncurkan web shop untuk distributor yang memberikan kesempatan bagi distributor untuk melakukan pembelian secara daring. Respon pelanggan sangat positif di mana adopsi mencapai 100% oleh distributor. Bahkan, tercatat bahwa lebih dari 70% pendapatan penjualan selama 2021 diperoleh melalui web shop/daring.”

“Wavin juga menggelar program Wavin Great Deals 2021. Program ini ditujukan bagi toko-toko bangunan dan kontraktor yang rutin membeli produk Wavin dari distributor. Wavin memberikan kode undian berdasarkan pembelian bulanan yang dilakukan oleh peritel dan kontraktor. Program ini diikuti oleh lebih dari 4.000 toko dengan perkiraan jumlah kode undian sebanyak 40 ribu,” imbuhnya.

Wavin sangat mengapresiasi upaya distributor, toko-toko retail dan kontraktor untuk mendistribusikan dan memasarkan produk Wavin di Indonesia. 

"Kami berterima kasih atas kemitraan 2021 dan berharap kemitraan dengan perusahaan serta seluruh pemangku kepentingan akan makin meningkat sebagai upaya turut membangun Indonesia yang lebih baik di tahun mendatang. Wavin juga membuka kemitraan yang saling menguntungkan bagi semua pihak," pungkas Frank. (RO/OL-1)

Baca Juga

Antara

16 Ribu Orang Disuntik Vaksin Covid-19 Dosis Kedua Per 30 Juni

👤Theofilus Ifan Suciptp 🕔Kamis 30 Juni 2022, 23:02 WIB
Total 168.980.896 orang telah menerima vaksin lengkap per Kamis...
DOK.MI

Mimbar Agama Rentan Disalahgunakan Kelompok Radikalisme

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 23:00 WIB
Radikalisme yang mengatasnamakan agama untuk melakukan penyebaran atau propaganda paham...
Antara

82,26% Remaja Terima Vaksin Dosis Lengkap per 30 Juni

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Kamis 30 Juni 2022, 22:38 WIB
Sebanyak 21.969.166 remaja usia 12 hingga 17 tahun telah menerima vaksin dosis lengkap per Kamis...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya