Sabtu 18 Desember 2021, 20:02 WIB

Kemenkop UKM dan SJMI Gelar Pelatihan Jurnalistik

Nurul Hidayah | Humaniora
Kemenkop UKM dan SJMI Gelar Pelatihan Jurnalistik

MI/RAMDANI
Redaktur Artistik Briyanbodo Hendro menyampaikan materi desain grafis

 

KEGIATAN pelatihan jurnalistik yang digelar Kementerian Koperasi dan UKM bekerja sama dengan Sekolah Jurnalisme Media Indonesia (SJMI) diharapkan dapat meningkatkan berita-berita menarik dan inspiratif terkait koperasi dan UMKM. Sehingga dapat mendorong semangat wirausaha generasi muda di Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Arif Rahman Hakim usai membuka Jambore Kehumasan Nasional, Humas Koperasi dan Perguruan Tinggi di Desa Sakerta Timur, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan, Sabtu (18/12).

''Kegiatan ini untuk menggalang kebersamaan pelaku kehumasan untuk koperasi dan UMKM,'' tutur Arif.

Pelatihan jurnalistik ini diikuti 100 orang peserta terdiri dari humas koperasi, mahasiswa dan dosen se-IIndonesia itu digelar selama dua hari, yaitu Jumat-Sabtu (17-18/12).

Menurut  Arif banyak kegiatan produktif yang jika disampaikan ke masyarakat justru akan menggugah semangat generasi muda untuk menjadi wirausaha. Bukan sekadar sebagai tenaga kerja. ''Karena wirausaha kita masih sedikit.'

Secara nasional, lanjut Arif, wirausaha di Indonesia yaitu hanya 3,5 persen. Untuk itu akan terus ditingkatkan melalui pengemasan kegiatan yang bagus untuk disebarluaskan. Salah satunya dengan menyampaikan kepada masyarakat kisah sukses anak-anak muda yang merintis kewirausahaan. Sehingga dapat menggugah anak-anak muda di Indonesia untuk memiliki orientasi wirausaha.

''Jangan sampaikan berita yang negatif saja terkait koperasi. Sehingga seolah-olah koperasi agak sulit untuk menjadi alat meningkatkan
kesejahteraan masyarakat,'' tutur Arif.

Pelatihan jurnalistik selama dua hari itu menghadirkan Eko Suprihatno, redaktur Media Indonesia. Selain itu ada pula narasumber fotografer Media Indonesia, Ramdani, yang memberikan materi mengenai fotografi sekaligus memperaktekkan langsung hunting foto menggunakan ponsel yang dimiliki oleh peserta.

Ada juga Briyanbodo Hendro, redaktur artistik Media Indonesia, yang memberikan materi mengenai teknik desain grafis. (X-10)

Baca Juga

Ist

Perempuan Punya Kesempatan Duduki Posisi Tertinggi Di Dunia Pendidikan

👤Widhoroso 🕔Jumat 27 Mei 2022, 22:50 WIB
PEREMPUAN memiliki potensi yang tidak kalah berkualitas dalam hal kepemimpinan, termasuk dalam dunia...
DOK Instagram @yennywahid.

Hubungan Syafii Maarif dengan Gus Dur dan Pak Harto

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Mei 2022, 22:45 WIB
Yang menarik, Yenny Wahid mengungkapkan hubungan Syafii dengan Gus Dur dan Peter Gontha mengisahkan Syafii dengan Presiden kedua RI...
Antara

31,1 Juta Masyarakat Umum dan Rentan Terproteksi Booster

👤Kautsar Widya Prabowo 🕔Jumat 27 Mei 2022, 22:36 WIB
Sebanyak 4.559.957 lanjut usia telah terproteksi vaksin...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya