Rabu 15 Desember 2021, 14:14 WIB

Jokowi : Universitas Terbuka Miliki Pondasi Kuat dalam Digital Learning

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Jokowi : Universitas Terbuka Miliki Pondasi Kuat dalam Digital Learning

Antaranews.com
Presiden Joko Widodo.

 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong perguruan tinggi, seperti Universitas Terbuka (UT) dalam mengoptimalkan teknologi digital dalam peningkatan kualitas pendidikan di Tanah Air. Hal ini disampaikan dalam Studium Generale Universitas Terbuka secara virtual, Rabu (15/12).

"'Universitas Terbuka sudah memiliki pondasi yang kuat dalam digital learning (pembelajaran digital). Pondasi ini harus dikembangkan untuk memfasilitasi penguasaan mahasiswa dan para dosen di industri teknologi masa depan," ujar Kepala Negara.

Dengan fasilitas tersebut diyakini Presiden dapat memberikan kemudahan bagi mahasiswa untuk belajar dalam jarak jauh, serta membantu praktiksi di bidang pendidikan dalam menjalankan proses pembelajaran.

Jokowi menegaskan, adanya kondisi pandemi selama hampir dua tahun ini, tidak boleh mengendurkan dan menghalangi program utama pemerintah, yakni kemajuan di bidang pendidikan.

"'Pandemi harus kita petik dan dijadikan momentum untuk inovasi, mengimplementasi program pendidikan kita di tengah disrupsi digital," sebutnya.

Perguruan tinggi di Indonesia juga diminta untuk terus manfaatkan teknologi digital, baik untuk konektivitas jarak jauh maupun data analytic. "Hal ini bisa dijadikan peluang dan membuat lembaga pergurusn tinggi harus bergeser ke edutech institution," jelasnya.

Rektor Universitas Terbuka Ojat Darojat juga menuturkan hal serupa. Di era revolusi teknologi 4.0 yang merubah banyak tatanan kehidupan bermasyarakat, mahasiswa dituntut menciptakan inovasi serta ide-ide kreatif, khususnya dalam hal teknologi.

"Mahasiswa memiliki peran penting dalam memanfaatkan dan mengembangkan teknologi dan informasi digital. Sejak 1996, Universitas Terbuka kini existing menerapkan kemajuan dalam bidang teknologi. Mahasiswa merupakan generasi penerus dalam kemajuan bangsa Indonesia ke depan," ucapnya.

Selama hampir empat dekade perjalanan yang dilalui, UT saat ini memiliki daya jangkau dengan terdapat 39 kantor cabang atau Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) dan satu pusat pengelolaan mahasiswa luar negeri telah mampu mewujudkan pendidikan untuk semua. UT juga memiliki 869 kelompok belajar dan 50 sentra layanan.

Selain itu UT juga menjadi perguruan tinggi dengan jangkauan layanan terluas yang mampu menjangkau seluruh peserta didik di 34 provinsi, 514 kabupaten/kota bahkan tersebar di 50 negara serta perguruan tinggi. (OL-12)

Baca Juga

ANTARA/Adiwinata Solihin

IPB Beri Apresiasi Pemerintah Atas Penghargaan Swasembada Beras dari IRRI

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 07:35 WIB
Rektor IPB Arief Satria menyampaikan apresiasi kepada pemerintah saat menghadiri acara penyerahan penghargaan di Istana Negara, Jakarta,...
Dok. Kemendikbudristek

Sukses Selenggarakan IOI 2022, Indonesia Pimpin Pemulihan Pendidikan Global

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 06:32 WIB
IOI jadi salah satu bukti semangat global 90 negara peserta kompetisi bergengsi di bidang informatika guna mewujudkan masyarakat...
Antara

40,5 Juta Masyarakat Sudah Divaksinasi Booster

👤MGN 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 23:37 WIB
Sebanyak 6.178.179 lanjut usia telah terproteksi vaksin booster. Kemudian 8.423.560 petugas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya