Selasa 07 Desember 2021, 20:45 WIB

MUI Berkomitmen Untuk Jadi Organisasi yang Modern

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
MUI Berkomitmen Untuk Jadi Organisasi yang Modern

MI/SUSANTO
Suasana Gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat di kawasan Proklamasi, Jakarta, Sabtu (20/11/2021

 

MAJELIS Ulama Indonesia (MUI) berkomitmen akan menjadi sebuah organisasi yang modern sesuai dengan perkembangan zaman sehingga bisa tetap merangkul ummat.

Wakil Ketua Umum MUI Anwar Abbas mengatakan MUI ingin menjadi organisasi modern, efisien, dan efektif tetapi meskipun berbuat sebaik mungkin kritik tetap ada. Namun bagaimana kritik tersebut bisa dijadikan alat untuk mengevaluasi diri kita untuk kinerja lebih baik.

"Sehingga sesuai dengan filosofi MUI saat ini, bagaimana MUI mampu menjadi pemersatu ummat dan bangsa. Oleh karena itu MUI dalam bertindak menyampaikan pesannya harus merangkul," kata Anwar dalam Penyerahan ISO MUI di Semanggi, Jakarta, Selasa (7/12).

Filosofi MUI yakni tidak boleh mengejek tapi mengajak, tidak boleh memukul tapi merangkul, tidak boleh menyaingi tapi menyayangi, tidak boleh menghina tapi membina, dan tidak boleh mencela tapi membela.

Baca juga: Kemenkes Perkuat Layanan Kesehatan di Lokasi Bencana Erupsi Gunung Semeru

Filosofi ini akan diterapkan di tingkat pusat hingga daerah dalam penyampaian pesan atau dakwahnya kepada ummat.

Dirinya menjelaskan modernisasi organisasi merupakan sebuah kebutuhan dan keniscayaan satu organisasi agar mampu bertahan di tengah gelombang perubahan zaman atau atau dengan kata lain organisasi dituntut untuk menyesuaikan diri dengan perubahan yang ada.

"Lalu berikhtiar membentuk satu situasi yang baik dan kondusif sesuai dengan nilai yang menjadi paham dari organisasi tersebut. Seperti yang diketahui MUI menghimpun banyak organisasi dari elemen ummat," ujarnya.

Di sisi lain melalui organisasi tetap mampu berperan dan berfungsi sesuai dengan amanat Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) yang dimiliki sehingga bisa membawa manfaat dan kemajuan yang nyata bagi masyarakat.

Modernisasi organisasi ini juga telah menjadi komitmen dari DP MUI bahwa organisasi modernisasi menjadi sebuah keniscayaan dan MUI memandang sertifikat ISO 9001:2015 menjadi sebuah instrumen yang dapat menjadi organisasi yang maju dan berstandar internasional.

Di kesempatan yang sama, Ketua Umum MUI Miftachul Akhyar mengungkapkan dengan bangga MUI bisa mempertahankan kesekian kali mendapatkan sertifikat ISO 9001:2015 yang sudah diraihnya sejak 2018 lalu.

"Sehingga ini membuktikan bahwa MUI bisa bersaing dan tidak ketinggalan dengan dunia internasional yang dituntut kesungguhannya jadi tidak setengah-setengah menangani sesuatu," ujar Miftachul.

Baca juga: Indonesia Kedatangan 1,5 juta Vaksin Moderna dari AS

Jadi jika diberikan sebuah kepercayaan tentu akan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya itulah prinsip yang saat ini dimiliki oleh MUI.

Miftachul mengatakan MUI sudah menerapkan manajemen tentang semua bidang dengan pembukuan dan catatan yang betul-betul menjadikan sebuah amanah kepercayaan dari ummat.

"Kita akan terus melakukan perbaikan dan meningkatkan kualitas apa yang bisa dikerjakan maka akan dikerjakan terkait perbaikan termasuk transparansi dan bisa diaudit apapun," pungkasnya. (H-3)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

9,9 Juta Lansia Terproteksi Vaksin Covid-19 Dua Dosis

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 09:18 WIB
Sebanyak 15.293.753 lansia telah menerima vaksin dosis pertama. Jumlah itu sama dengan 70,96 persen dari target vaksinasi...
Ist

Youtuber dengan 10 Ribu Subcriber Miliki Jalur Khusus Masuk UPN Veteran

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 06:00 WIB
Calon mahasiswa dengan prestasi di bidang olimpiade sains, olahraga, dan seni dalam tiga tahun terakhir dapat kemudahan masuk program studi...
Antara

Kasus Positif di Kaltim Bertambah 14 Orang

👤Ant 🕔Jumat 21 Januari 2022, 23:31 WIB
Sedangkan tambahan satu kasus kesembuhan terjadi di wilayah Kutai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya