Minggu 05 Desember 2021, 15:05 WIB

Presiden: Lakukan Tindakan Cepat Tangani Erupsi Gunung Semeru

Andhika Prasetyo | Humaniora
Presiden: Lakukan Tindakan Cepat Tangani Erupsi Gunung Semeru

ANTARA
Warga melihat material awan panas erupsi Gunung Semeru yang mengalir di Sumber Wuluh, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021).

 

PRESIDEN Joko Widodo telah menginstruksikan Kepala BNPB, Kepala Basarnas, Menteri Sosial, Menteri Kesehatan, Menteri PU-Pera, dan Panglima TNI, Kapolri untuk segera melakukan tindakan secepat mungkin, melakukan langkah-langkah tanggap darurat atas peristiwa erupsi Gunung Semeru.

Percarian korban dan penyelamatan warga harus menjadi prioritas utama. "Lakukan tindakan secepat mungkin. Cari dan temukan korban, berikan perawatan kepada korban luka-luka dan lakukan penanganan dampak bencana," ujar Menteri Sekretaris Negara Pratikno mewakili Presiden dalam konferensi pers, Minggu (5/12).

Baca juga: LYF Official Perluas Pasar dengan Membuka Butik di Muntilan

Kepala negara juga menitahkan agar bantuan pelayanan kesehatan, penyediaan logistik kebutuhan dasar, serta perbaikan infrastruktur dapat diselesaikan dalam waktu yang sangat singkat.

Pemerintah juga mengimbau kepada masyarakat untuk mengikuti arahan petugas di lapangan dan selalu meningkatkan kewaspadaan.

"Kita memang berada di wilayah ring of fire yang rawan terhadap aktivitas alam seperti erupsi gunung berapi semacam ini. Oleh karena itu, kepala daerah dan pejabat pemerintah harus selalu waspada dan mengajak masyarakat untuk siaga dan, saling bekerja sama untuk mengantisipasi datangnya bencana semacam ini," sambung Pratikno.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga menyampaikan pesan duka cita yang mendalam bagi para korban meninggal dan luka-luka.

"Atas nama presiden, wakil presiden, pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia, saya menyampaikan duka yang sangat mendalam atas korban yang meninggal dan luka-luka. Semoga Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT, selalu memberikan pertolongan dan perlindungan kepada para korban dan juga kepada kita semuanya serta memudahkan kita dalam menghadapi setiap tantangan," tandasnya. (OL-6)

Baca Juga

Jack GUEZ / AFP

Produk Berbasis Nabati lebih Sehat dan Berkelanjutan

👤Siswantini Suryandari 🕔Jumat 30 September 2022, 19:41 WIB
Makanan berbasis nabati yang diformulasi untuk menggantikan rasa produk hewani ternyata lebih efisien mengurangi permintaan daging dan...
Ist

Survei: Rata-rata Masyarakat Indonesia Memasak 6,5 Kali Per Pekan

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 September 2022, 19:40 WIB
Selain perubahan frekuensi, preferensi jenis masakan juga berubah seiring dengan perkembangan yang terjadi di lingkungan...
DOK Asabri

Asabri Serahkan Manfaat Program Jaminan Kematian Bagi Ahli Waris Anggota TNI AU

👤Widhoroso 🕔Jumat 30 September 2022, 19:30 WIB
PT ASABRI (Persero) menyerahkan santunan dari manfaat Program Jaminan Kematian kepada ahli waris Serda Khodir yang meninggal dunia saat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya