Selasa 30 November 2021, 11:40 WIB

Nadiem Sebut Kolaborasi Orangtua Kunci Sukses Mengasuh Anak

Basuki Eka Purnama | Humaniora
Nadiem Sebut Kolaborasi Orangtua Kunci Sukses Mengasuh Anak

Instagram @nadiemmakarim
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Indonesia Nadiem Makarim (Kiri) dan istri Franka Franklin

 

MENTERI Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Indonesia Nadiem Makarim mengatakan orangtua harus berkolaborasi dalam mengasuh anak demi mengoptimalkan tubuh kembang.

Nadiem menyebut 1.000 hari pertama kehidupan anak adalah masa yang paling krusial dalam perkembangan karakter dan kecerdasan anak. 

Oleh karenanya, peran orangtua sangat dibutuhkan untuk membantu mengembangkan kemampuan literasi, interaksi dan berbagi dengan orang lain.

Baca juga: Keterlibatan Generasi Muda Dalam Pengendalian Iklim Perlu Ditingkatkan

"Saya, sebagai seorang ayah, menyadari betul pentingnya menyediakan waktu spesial bagi ketiga putri saya. Saya tidak ingin melewatkan momentum-momentum yang berharga dalam kehidupan awal anak-anak saya," ujar Nadiem dalam webinar di Jakarta, akhir pekan lalu.

"Dalam keluarga kami, waktu spesial untuk si kecil adalah waktuuntuk bermain, membacakan buku cerita dan beraktivitas bersama-sama dan saya sangat beruntung karena dalam keluarga kami kolaborasi jadi nyawa dalam pengasuhan," lanjutnya.

Nadiem juga mengatakan mengasuh anak bukan hanya tugas seorang ibu. Seorang ayah juga memiliki peran yang sama besar dalam proses perkembangan anak.

"Partisipasi seorang ayah sangat berpengaruh pada proses tumbuh kembang anak," kata Nadiem.

Senada dengan Nadiem, sang istri Franka Franklin juga mengatakan kolaborasi ayah dan ibu berguna untuk memenuhi kebutuhan anak dan saling melengkapi dalam proses pengasuhan.

Franka mengatakan jika orangtua saling mendukung dalam pola pengasuhan, maka anak dapat mempelajari nilai-nilai seperti gotong-royong dan berbagi.

"Itu adalah nilai-nilai yang perlu dipelajari anak-anak sejak usia dini agar mereka tumbuh menjadi orang yang mampu berinteraksi dan bekerja sama bersama orang lain dengan saling menghargai dan menghormati," kata Franka.

Franka menjelaskan dirinya dan Nadiem saling berbagi peran dalam pengasuhan anak. Franka sendiri berperan dalam memenuhi kebutuhan gizi danhal esensial lainnya.

"Kami saling melengkapi dan menguatkan satu sama lain untuk satu tujuan yakni memastikan anak-anak kami melewati masa emas ini dengan bahagia, sehat dan mendapatkan pendidikan terbaik demi masa depan mereka," ujar Franka. (Ant/OL-1)

Baca Juga

Antara/Asprilla Dwi Adha

Ini Alasan Kemendikbudristek Kukuh Pertahankan PTM Meski Kasus Omikron Meningkat 

👤Faustinus Nua 🕔Senin 24 Januari 2022, 21:40 WIB
"PTM sangat urgen, kita sudah menutup sekolah hampir dua tahun dan selama waktu tersebut banyak kejadian luar biasa diantaranya...
Dok. Pribadi

Alat Masak Berkualitas Ikut Tentukan Kelezatan Makanan 

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 24 Januari 2022, 21:37 WIB
Dilansir dari healthline, alat masak seperti panci dan wajan yang tidak berkualitas bisa jadi sampah menumpuk karena orang-orang tidak akan...
Ist

Hari Pendidikan Internasional, LSM di Indonesia Dorong Menu Berbasis Nabati

👤Eni Kartinah 🕔Senin 24 Januari 2022, 21:12 WIB
Sinergia Animal ingin mendorong institusi untuk menyediakan makanan yang lebih ramah iklim dan lebih sehat kepada siswa  sejalan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya