Kamis 25 November 2021, 13:50 WIB

NasDem: Hadapi Perubahan, Guru Harus Jadi Teladan

Mediaindonesia.com | Humaniora
NasDem: Hadapi Perubahan, Guru Harus Jadi Teladan

Instagram @lestarimoerdijat
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat.

 

GURU sebagai garda terdepan pendidikan nasional, sudah seharusnya menjadi teladan untuk mewujudkan bangsa pembelajar yang mampu beradaptasi dan berdaya saing dalam menghadapi berbagai perubahan.

"Salah satu tantangan terbesar kita di sektor pendidikan adalah bagaimana kita tetap mampu mewujudkan generasi penerus yang berdaya saing dan berakhlak mulia di era yang diwarnai berbagai perubahan ini. Peran guru sebagai pendidik sangat penting untuk mewujudkannya," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya dalam menyambut Hari Guru yang diperingati setiap 25 November, Kamis (25/11).

Baca juga: Dirut BPJAMSOSTEK: Teknologi Miliki Peran Penting Tingkatkan Perlindungan Sosial

Menurut Lestari, peran guru di era yang penuh dengan perubahan ini sangat strategis sebagai pemberi berbagai pemahaman kepada generasi penerus bangsa lewat ilmu pengetahuan yang diajarkan.

Membentuk generasi penerus yang mampu beradaptasi dalam berbagai kondisi, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, merupakan upaya yang tidak mudah dan membutuhkan peningkatan kemampuan di kalangan para pendidik.

Semangat mau berubah untuk menjadi lebih baik di kalangan guru, tegas Rerie, harus terus digaungkan untuk meningkatkan daya adaptasi para pendidik dalam upaya menjawab tantangan zaman.

Di satu sisi, ujar Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, guru diharuskan beradaptasi dalam pelaksanaan belajar mengajar.

Di sisi lain, tambah Rerie, yang juga anggota Komisi X DPR RI itu, guru dituntut mampu menjaga nilai-nilai luhur bangsa agar tetap dipahami dan dilaksanakan oleh peserta didik yang merupakan generasi penerus bangsa.

Karena itu, tegas Rerie, perlu upaya yang konsisten dan sungguh-sungguh dari para pemangku kepentingan, untuk meningkatkan kapasitas dan keterampilan para guru agar mampu mempersiapkan generasi penerus yang berdaya saing dan berkarakter kuat, sebagaimana diamanatkan undang-undang.

Hanya dengan generasi yang unggul dan berkarakter kuat, tegasnya, bangsa ini mampu memenangi persaingan di era globalisasi yang tanpa batas ini.*

Baca Juga

Medcom

Ayo Mengenal Apa yang Dimaksud dengan Teks Persuasif

👤Farrel Ardan 🕔Rabu 01 Desember 2021, 11:30 WIB
Kata persuasi diartikan sebagai ajakan kepada seseorang dengan cara memberikan alasan dan prospek baik yang meyakinkannya (membujuk secara...
Dok Masata

Wisata Masa Depan, Lebih Lokal, Intim dan Higienis

👤Iis Zatnika 🕔Rabu 01 Desember 2021, 11:23 WIB
Kunjungan wisatawan mancanegara pada 2020 mengalami penurunan 75% pada 2020 akibat pandemi covid-19, kemudian pada 2021 kembali turun...
ANTARA /Dhemas Reviyanto

Kementerian PPPA Bangun Peta Lintas Perlindungan Anak di Dunia Maya

👤Siti Yona Hukmana 🕔Rabu 01 Desember 2021, 11:20 WIB
Peta lintas perlindungan itu akan menjadi acuan untuk dipatuhi dan dipedomani seluruh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya