Jumat 19 November 2021, 06:45 WIB

Pertamina Foundation Dampingi Budidaya dan Konservasi Tukik di Kebumen

Mediaindonesia.com | Humaniora
Pertamina Foundation Dampingi Budidaya dan Konservasi Tukik di Kebumen

Dok BenihBaik.com
Konservasi penyu di Kebumen.

 

Pertamina Foundation kembali berkolaborasi dengan BenihBaik.com untuk menjalankan misi pemberdayaan masyarakat desa, yang akan bermuara kepada laju roda perekonomian berkelanjutan dan terpadu. Kali ini dengan menggelar program yang menyasar para perempuan yang berada di wilayah Desa Jogosimo, Kecamatan Klirong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Secara spesifik program kolaborasi strategis dengan mengedepankan misi pelestarian ekosistem dan penguatan kesejahteraan masyarakat sekitar desa ini meliputi pendampingan dan pelatihan khusus terkait budidaya dan konservasi tukik, pemberdayaan wanita desa pendukung ekonomi di sekitar wilayah konservasi, serta pembangunan infrastruktur desa.

Di masa mendatang diharapkan tercipta suatu ekosistem desa terpadu dan berkelanjutan, sekaligus membentuk cagar ekowisata budidaya dan konservasi tukik. Seremoni peluncuran konservasi tukik ini diselenggarakan pada Selasa (16/11) di Kantor Dinas Bupati, Jalan Mayjend Soetoyo, Kebumen.

H. Arif Sugiyanto, S.H., Bupati Kebumen menyambut baik upaya konservasi. "Saya launching kegiatas konservasi tukik di Kebumen atas prakarsa Pertamina Foundation dan BenihBaik.com," katanya.

Program bantuan CSR dari Pertamina ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas atau taraf hidup masyarakat desa, dengan mengembangkan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki.

"Kita tidak akan pernah bisa dilepaskan dari kolaborasi ini terkait dengan program konservasi tukik. Program ini terkait dengan biodiversitas dan efeknya multiplier. Pertama kita membangun infrastruktur, berikutnya kita memberdayakan kelompok masyakarat yang peduli tukik yang kita harapkan dengan pengembangan kapasitas yang kita berikan sebagai bekal kepada mereka, maka mereka akan punya kemandirian secara finansial. Kita berharap program konservasi tukik ini menjadi sustainable," kata Agus Mashud S. Asngari, Presiden Direktur Pertamina Foundation.

Untuk menggapainya, para perempuan di desa itu mendapatkan binaan serta bimbingan usaha sebagai bentuk upaya pemerataan dan penyeimbang tingkat perekonomian warga desa, yang sebagian besar memiliki fokus pada pengembangan dan konservasi tukik (penyu).

"Energi anak-anak muda untuk membangun daerahnya lebih tinggi secara umum. Ada dua pendekatan perkembangan daerah, bisa dimulai oleh pimpinan daerah yang kreatif dan energik hingga luar wilayah atau anak mudanya. Kemampuan membuat terobosan menjangkau luar negeri jangan pelit membaginya untuk daerah lain, jangan pelit atas ilmu dan kisah inspirasi. Kita harus bagikan. Semoga kerja sama ini mampu memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat sehingga terjadi peningkatan kesejahteraan antara BenihBaik.com, Pertamina Foundation, dan difasilitasi oleh Pemerintah Daerah Kebumen," Andy F Noya, Founder & CEO BenihBaik.com.

Selain itu juga terdapat berbagai kegiatan seperti kegiatan pemberdayaan yang dilakukan antara lain pelatihan dan pembuatan baju untuk unit Kelompok Rafika, pembentukan rumah produksi, sarana dan prasarana batik tulis untuk Kelompok Batik Kalibuntu, pelatihan pengolahan hasil laut, dan pengadaan sarana prasarana yang dibutuhkan untuk Kelompok Revalina, dan pembuatan pembalut ramah lingkungan dan ternak unggas untuk Kelompok Bumi Birawa.

Baca Juga

CDC

Epidemiolog: Omicron Lebih Menular, Indonesia Harus Antisipasi Sedini Mungkin

👤Atalya Puspa 🕔Minggu 28 November 2021, 14:00 WIB
Epidemiolog UI Iwan Ariawan menyerukan agar pemerintah Indonesia mengambil langkah antisipatif sedini mungkin untuk mencegah masuknya...
Antara

Waspadai Gelombang Tinggi Hingga 4 Meter

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Minggu 28 November 2021, 13:50 WIB
BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpeluang terjadi di beberapa...
BNPB

Banjir di Bima Sisakan Material Lumpur dan Sampah

👤Atalya Puspa 🕔Minggu 28 November 2021, 13:40 WIB
Debit air Sungai Kendo di Kota Bima, NTB, meluap sehingga menyebabkan 248 rumah warga terendam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya