Sabtu 06 November 2021, 10:45 WIB

Sambut Hari Pahlawan, KAI Gratiskan Kereta Api untuk Guru, Nakes, dan Veteran

Agus Utantoro | Humaniora
Sambut Hari Pahlawan, KAI Gratiskan Kereta Api untuk Guru, Nakes, dan Veteran

ANTARA/Ari Bowo Sucipto
Calon penumpang mencetak tiket kereta api di Stasiun Kotabaru, Malang, Jawa Timur.

 

DALAM rangka menyambut Hari Pahlawan, KAI membagikan voucher tiket KA Jarak Jauh secara cuma-cuma kepada Tenaga Kesehatan, Guru, dan Veteran. 

KAI menyediakan 11.000 voucher tiket KA Jarak Jauh yang dapat digunakan untuk periode keberangkatan 8 sampai dengan 30 November 2021.

Manajer Humas Daop 6 Supriyanto mengatakan program ini merupakan bentuk penghargaan KAI kepada para pahlawan yang telah berjuang dan berbakti kepada masyarakat baik di masa pandemi maupun di masa kemerdekaan.

Baca juga: BNPB Dorong Pemerintah Kota Batu Tetapkan Status Darurat Bencana 

Program ini merupakan kelanjutan dari program serupa pada 2020 saat KAI membagikan 10.000 voucher tiket KA kepada guru dan tenaga kesehatan. 

Karena antusiasme masyarakat yang tinggi, tahun ini, KAI menambah jumlah voucher yang disediakan serta menambah veteran sebagai salah satu pihak yang berhak mendapatkan voucher tiket kereta.

"KAI mengucapkan terima kasih kepada para guru yang merupakan pahlawan tanpa tanda jasa, para tenaga kesehatan yang telah melayani masyarakat tanpa rasa lelah di masa pandemi, serta para veteran yang telah berjasa demi kemerdekaan Republik Indonesia," ujar Supriyanto.

Ia memerinci, yang berhak mendapatkan voucher tersebut adalah guru formal untuk anak usia dini (PAUD) hingga SMA/SMK baik PNS maupun nonPNS, Tenaga Kesehatan (bidan, perawat, apoteker, tenaga farmasi, tenaga administrasi, dan driver ambulance) baik dari klinik, puskesmas, atau rumah sakit, kecuali dokter, dan anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI).

Dikatakannya, voucher dapat diambil mulai 7 November hingga 29 November di loket-loket costumer service di 12 stasiun. 

"Ke-12 stasiun  itu adalah Gambir, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Madiun, Surabaya Gubeng, Jember, Medan, Kertapati, dan Tanjung Karang," ujarnya.

Saat pengambilan voucher, katanya, calon pelanggan harus menunjukkan identitas asli dan fotocopy identitas/surat keterangan yang menunjukkan mereka adalah guru, tenaga kesehatan, dan veteran. 

"Selama  program berlangsung, satu identitas hanya berhak untuk satu voucher atau satu kali perjalanan," katanya.

Supriyanto memerinci tersedia total 11.000 voucher untuk kereta kelas Eksekutif dan Ekonomi yang dapat digunakan secara gratis ke berbagai tujuan pada perjalanan 8 sampai dengan 30 November 2021.

Melalui program ini, ujarnya, KAI hanya menggratiskan tiket KA-nya saja melalui voucher yang diberikan. Sedangkan  biaya Rapid Test Antigen sebesar Rp45.000 jika dilakukan di stasiun, menjadi tanggung jawab pengguna voucher. (OL-1)

Baca Juga

Dok. Burung Indonesia

Indonesia Kokohkan Gelar 'Negara dengan Spesies Burung Endemis Terbanyak di Dunia'

👤Abdillah M. Marzuqi 🕔Sabtu 10 Juni 2023, 00:06 WIB
KEANEKARAGAMAN burung di Indonesia pada 2023 bertambah sebanyak 11 spesies dan terdapat pengurangan sebanyak tiga...
Ist

Ketua DPRD Bogor: Memuliakan Lansia Merupakan Amanat Konstitusi 

👤Media Indonesia 🕔Jumat 09 Juni 2023, 23:07 WIB
Ketua DPRD Kota Bogor, Atang Trisnanto menyampaikan bahwa memuliakan lansia merupakan kewajiban dasar umat beragama sekaligus amanat...
Media Center Haji 2023

Tidak Ada Jemaah Haji yang Telantar di Madinah

👤Windy Dyah Indriantari 🕔Jumat 09 Juni 2023, 23:05 WIB
PANITIA Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) menegaskan dan memastikan bahwa jemaah haji kelompok terbang (kloter) 14 embarkasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya