Kamis 28 Oktober 2021, 12:02 WIB

Untukmu Papua-Saudaraku: Kolaborasi Plataran Indonesia, Freeport Indonesia, dan Yayasan Maramowe

mediaindonesia.com | Humaniora
Untukmu Papua-Saudaraku: Kolaborasi Plataran Indonesia, Freeport Indonesia, dan Yayasan Maramowe

DOK PLATARAN

 

Suatu Kolaborasi Antara Plataran Indonesia, PT Freeport Indonesia, dan Yayasan Maramowe Weaiku Kamorowe untuk Pelestarian Tradisi dan Kebudayaan Suku Kamoro dalam Rangkaian Kegiatan Kamoro Art Exhibition & Sale 2021.

SEBAGAI The True Icon of Indonesian Ecotourism yang secara konsisten mengutamakan perpaduan alam, budaya, dan masyarakat Indonesia, maka pekan Untukmu Papua-Saudaraku merupakan salah satu bentuk keperdulian Plataran Indonesia dan Freeport Indonesia. Untuk terus menggemakan kebudayaan Papua sebagai bagian dari Indonesia Khatulistiwa yang tidak terpisahkan.

Kamoro Art Exhibition & Sale mengusung seni budaya serta tradisi turun-temurun suku Kamoro, Papua, dan  berlangsung pada 27–29 Oktober 2021 di Hutan Kota by Plataran, Senayan, dan dibuka oleh Menteri BUMN dan pemberian sambutan kebudayaan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia pada 27 Oktober 2021 pukul 19.00 WIB. 

Dalam eksibisi ini, masyarakat dapat menikmati ragam instalasi seni ukiran kayu di Hutan Kota by Plataran yang didatangkan langsung dari Papua serta membelinya. Sebagai bagian dari rangkaian acara ini, masyarakat juga dapat menjumpai secara langsung tradisi dan warisan budaya suku Kamoro, menonton film dokumenter maupun mengikuti kegiatan talkshow secara virtual dialog bertajuk 'Pemuda Dalam Gerakan Pelestarian Budaya' pada 28 Oktober 2021. 

Sedangkan pada 29 Oktober 2021, berlangsung dialog bertajuk 'Kearifan Lokal Dalam Karya Seni' dengan beberapa pembicara: Luluk Intarti, perwakilan dari Yayasan Maramowe Weaiku Kamorowe; serta Ghea Panggabean dan Oscar Lawalata, fashion designer kenamaan Indonesia yang kerap mengasimilasikan unsur etnik Indonesia dalam karya-karya mereka.

Suku Kamoro merupakan salah satu suku yang mendiami kawasan pesisir Timika dengan tradisi ukiran kayu turun-temurun. Tradisi ini mendapatkan dukungan dari PT Freeport Indonesia, hingga terlahir Yayasan Maramowe Weaiku Kamorowe, yang berarti pengukir muda Kamoro. 

Dalam naungan yayasan ini maka lebih dari 500 pengukir dan penganyam mendapat pembinaan, pengarahan, serta kesempatan untuk menunjukkan kebudayaan daerah hingga ke kancah internasional. Program kerja yang diusung oleh yayasan ini juga menitikberatkan pada sosialisasi dan pelestarian budaya Kamoro.
 
Plataran Indonesia selaku salah satu kolaborator dalam Kamoro Art Exhibition & Sale turut menunjukkan antusiasme terkait penyelenggaraan rangkaian acara ini. Hal ini tak terlepas dari 3 pilar utama yang menjadi fondasi sejak Plataran Indonesia didirikan, yakni Nature (alam), Culture (budaya), Community (masyarakat atau komunitas). 

Pendirian Plataran Indonesia senantiasa menekankan perihal ekowisata sebagai DNA dari Plataran Indonesia, yang diyakini akan membawa dampak luar biasa terhadap ekonomi, konservasi alam, serta pelestarian budaya dalam masyarakat. Ekowisata pun merupakan bentuk tanggung jawab bersama antara pemerintah dengan swasta untuk memberikan dampak sosial secara berkelanjutan. (RO/OL-10)

Baca Juga

ANTARA/ Indrianto Eko Suwarso

Momentum Bonus Demografi, Lulusan PT Diharapkan Ciptakan Lapangan Kerja

👤 M. Iqbal Al Machmudi 🕔Kamis 02 Desember 2021, 09:25 WIB
Masyarakat usia produktif dapat menjalankan tiga fungsi yaitu dapat menghidupi dirinya sendiri, menghidupi mereka yang tidak atau belum...
ANTARA

Tampil di Waiwai World Fair 2021, Tim Seni Budaya Indonesia Pukau Warga Shizuoka

👤 Faustinus Nua 🕔Kamis 02 Desember 2021, 09:05 WIB
Diplomasi budaya ini sangat penting dalam penguatan hubungan Indonesia-Jepang yang akan mencapai 65 tahun pada tahun...
DOK DPR RI

Komisi IX Pantau Penanganan ‘Stunting’ di Kota Tangerang

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Desember 2021, 08:17 WIB
Permasalahan stunting ini, menurut Melki, merupakan perkara yang serius. Pasalnya, anak yang mengalami gagal tumbuh akan berpengaruh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya