Jumat 15 Oktober 2021, 11:00 WIB

Menkes Pastikan Akses Vaksin Covid-19 bagi Masyarakat Adat

 M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Menkes Pastikan Akses Vaksin Covid-19 bagi Masyarakat Adat

ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada warga Suku Baduy Dalam di Ciboleger, Lebak, Banten, Kamis (14/10).

 

MENTERI Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa pemerintah memastikan setiap orang mendapatkan haknya terhadap vaksinasi covid-19 termasuk masyarakat adat. Hal ini disampaikan saat meninjau vaksinasi bagi masyarakat Badui di Ciboleger, Kabupaten Lebak, Banten.

Hal ini sesuai mandat Presiden Joko Widodo untuk mempercepat distribusi dan proses vaksinasi, khususnya ke wilayah yang aksesnya sulit.

Vaksinasi di Ciboleger sendiri menargetkan 1.000 peserta, yang diprioritaskan bagi 200 peserta dari masyarakat suku Badui dalam dan luar, dan masyarakat wilayah Lebak.

"Mereka (masyarakat adat) memiliki hak yang sama untuk divaksinasi, tanpa merusak kain sosial mereka," kata Budi dalam keterangannya, Jumat (15/10).

Strategi sosial menjadi misi Kementerian Kesehatan dalam mempercepat tercapainya target vaksinasi. Pihaknya pun berterima kasih atas dukungan berbagai pihak dalam mempercepat laju vaksinasi covid-19 hingga saat ini sudah lebih dari 100 Juta masyarakat Indonesia menerima suntikan dosis pertama.

"Klub pecinta alam seperti Mandalawangi, Mapala UI, Wanadri sangat membantu untuk kita bisa melakukan vaksinasi ke daerah sulit," ujar Budi.

Vaksinasi covid-19, menurut Budi, mengemban misi sosial dalam upaya kita bersama untuk mengurangi laju penularan sekaligus melindungi seluruh masyarakat Indonesia.

"Vaksinasi bukan untuk melindungi diri sendiri. Dengan vaksin, kita bisa lindungi keluarga, tetangga, dan seluruh masyarakat Indonesia," pungkasnya. (Iam/OL-09)

Baca Juga

ANTARA/HO-BNPT.

Maulid Nabi Teladani Rasulullah dengan Perilaku Bangun Persatuan

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 17:36 WIB
Momentum Maulid Nabi Muhammad SAW harus dijadikan momentum untuk meneladani, menghayati, dan memuliakan Rasulullah dengan berperilaku dalam...
Ist

RADIATE, Kampanye Unik untuk Lebih Memahami Penyandang Autis

👤Eni Kartinah 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 17:02 WIB
Kampanye kesehatan “RADIATE” bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan kepedulian masyarakat mengenai...
Ist

Anak di Bawah 12 Tahun Diperbolehkan Lakukan Perjalanan, Catat Syaratnya

👤Atalya Puspa 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 16:43 WIB
aturan tersebut telah dibuat berbasis pertimbangan dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) yang menyatakan bahwa tes PCR dan antigen layak...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menolakkan Ancaman Kemiskinan Ekstrem

Pemerintah perlu memastikan seluruh program penanggulangan kemiskinan ekstrem diterima rumah tangga miskin ekstrem yang ada di wilayah prioritas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya