Rabu 13 Oktober 2021, 11:52 WIB

Ini Upaya IDI Mengantisipasi Gelombang Ketiga Covid-19

Anggi Putri Lestari | Humaniora
Ini Upaya IDI Mengantisipasi Gelombang Ketiga Covid-19

AFP/Hafidz Mubarak A
Ruang rawat pasien covid-19 di Wisma Atlet Kewmayoran.

 

KETUA Pelaksana Harian Tim Mitigasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Mahesa Paranadipa Maikel mengatakan beberapa pakar epidemiologi memprediksi gelombang ketiga covid-19 di Indonesia akan terjadi pada akhir tahun karena terdapat libur Natal dan perayaan Tahun Baru, saat banyak orang kemungkinan akan berkumpul bersama keluarga.

"Ini bukan prediksi Tim Mitigasi IDI tapi dari banyak pakar epidemiologi. Faktornya apa kita belum bisa memprediksi, varian baru atau varian Delta penularannya seperti apa," tutur Mahesa dalam diskusi virtual “Strategi Menghadapi Gelombang 3 Covid-19”, Selasa (12/10).

"Maka gelombang ketiga di akhir tahun ya kita berharap jangan sampai terjadi, karena ini benar-benar traumatis ya, kita enggak mau terjadi lagi," tambahnya

Baca juga: Anak-anak Rentan Terkena Gangguan Psikologis saat Pandemi

Para pakar memperkirakan gelombang ketiga covid-19 tidak lebih parah dari gelombang 1 dan 2. Pasalnya, vaksinasi covid-19 di Indonesia sekarang mengalami peningkatan.

Mahesa mengatakan, untuk mengantisipasi gelombang ketiga covid-19, perlu terus mengedukasi pentingnya penerapan protokol kesehatan yang harus terus ditegaskan dan konsisten meskipun sudah divaksin.

"Kita berharap vaksinasi bisa mencapai 78%, tapi tentunya angka ini kalau di-breakdown tentu ada beberapa daerah yang cakupan vaksinasinya suntikan kedua mungkin sudah mendekati angka 70%," ujar dia.

Sementara itu, Ketua IDI Bekasi Ellya Niken Prastiwi mengatakan pihaknya selalu bersinergi dengan pemerintah Kota Bekasi dalam hal penanganan dan penanggulangan covid-19. Hal tersebut sudah dilakukan sejak gelombang pertama maupun kedua.

"Kami selalu menjadi bagian dari program-program yang telah ditetapkan Pemerintah Kota Bekasi. Alhamdullilah dukungan seperti fasilitas hazmat, pemeriksaan PCR dan beberapa rumah sakit cukup membantu bahkan Pemerintah Kota Bekasi meminta rumah sakit di daerahnya untk lebih all out, jadi saya rasa bisa copy paste untuk menghadapi gelombang ketiga," kata Niken.

Dalam hal antisipasi gelombang ketiga, IDI Bekasi bersama Pemerintah Kota Bekasi juga terus menggenjot capaian vaksinasi di Kota Bekasi dan terus berkoordinasi dengan semua pihak termasuk jajaran Polres Metro Bekasi dan Kodim 0507 Bekasi. (OL-1)

Baca Juga

Medcom

Pemerintah Daerah Perlu Gencarkan Edukasi Mitigasi Bencana Hidrometeorologi

👤Widhoroso 🕔Senin 18 Oktober 2021, 23:44 WIB
Pemerintah daerah perlu menggencarkan edukasi mengenai mitigasi bencana hidrometeorologi kepada...
Dok. Pribadi

Tiga Dosen UNJ ini Berikan Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Kepada Guru TK 

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 18 Oktober 2021, 23:21 WIB
Pelatihan kepada para guru itu diharapkan memberikan informasi dan keahlian penting yang berkaitan tentang bagaimana melaksanakan...
Dok. Star Cosmos

HUT ke-45, Cosmos Gelar Kontes Desain Kreasi Rice Cooker 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Senin 18 Oktober 2021, 23:19 WIB
“Kami ingin melakukan sesuatu untuk negeri ini dalam bentuk dukungan kepada program pemerintah yang saat ini sedang gencar...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencegah Proyek Kereta (jadi) Mubazir

Pembengkakan biaya menjadi biang keladi perlu turun tangannya negara membiayai proyek dengan dana APBN.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya