Kamis 07 Oktober 2021, 16:26 WIB

Langkah Strategis Harus Dilakukan untuk Lindungi Lansia dari Covid-19

Mediaindonesia.com | Humaniora
Langkah Strategis Harus Dilakukan untuk Lindungi Lansia dari Covid-19

DOK Denpasar 12.
Lestari Moerdijat.

 

BERBAGAI upaya strategis harus segera dilakukan untuk mengatasi ancaman kematian terhadap kelompok lansia yang terpapar covid-19. Peningkatan persentase vaksinasi covid-19 terhadap lansia mendesak dilakukan.

"Perlindungan terhadap kelompok-kelompok yang rentan terhadap serangan covid-19, seperti lansia mendesak untuk dilakukan. Langkah strategis harus segera diterapkan untuk mengatasinya," kata Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Kamis (7/10).

Catatan Kementerian Kesehatan per Kamis (30/9) baru 30% lansia mendapatkan suntikan vaksin dosis pertama dan sekitar 20% mendapatkan suntikan vaksin lengkap dari target total 21,55 juta lansia penerima vaksin. Jumlah tersebut menurut Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin relatif rendah, mengingat ancaman covid-19 terhadap kelompok lansia cukup mengkhawatirkan. Berdasarkan catatannya, lansia yang meninggal karena covid-19 di rumah sakit sebesar 12%.

Menurut Lestari, berbagai upaya perlindungan terhadap lansia dari ancaman covid-19 harus segera dilakukan. Ini diawali dengan menerapkan langkah-langkah mengatasi kendala yang dihadapi.

Hingga saat ini, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, rendahnya persentase lansia yang divaksinasi antara lain terkendala pemahaman para lansia terkait keamanan vaksinasi covid-19. Selain itu, jelas Rerie, sulitnya akses para lansia untuk mendapatkan vaksinasi covid-19 masih menjadi penyebab banyaknya kelompok lansia belum divaksinasi. Para pemangku kepentingan, tegas anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, harus segera mengambil langkah untuk mengatasi kendala tersebut.

 
Kendala akses, ujar Rerie, bisa diatasi dengan upaya jemput bola yaitu mendatangi para lansia di tempat tinggal mereka. Terpenting, menurut dia, pemahaman bahwa vaksinasi covid-19 aman bagi lansia harus terus ditingkatkan. Rerie sangat berharap para pemangku kepentingan di pusat dan daerah memiliki komitmen yang kuat untuk mewujudkan perlindungan terhadap kelompok-kelompok rentan dari paparan covid-19. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA.

BMKG: Waspada Banjir Rob di Pesisir Jakarta di 18-22 Desember

👤Hilda Julaika 🕔Rabu 08 Desember 2021, 16:46 WIB
Hal ini diakibatkan oleh adanya cuaca ekstrem, pengaruh la nina, monsun Asia yang mengakibatkan curah hujan semakin...
DOK KEMENSOS

Usai Dampingi Presiden, Mensos Saksikan Pencairan Bansos PKH dan BPNT 

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Desember 2021, 16:16 WIB
Mensos juga berpesan agar bantuan bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya. "Tidak boleh untuk membeli rokok atau minuman keras," kata...
FOTO/Istana Kepresidenan

Presiden: Aktivitas Pertambangan Merusak Lingkungan

👤Andhika Prasetyo 🕔Rabu 08 Desember 2021, 15:08 WIB
Jokowi mengungkapkan aktivitas pertambangan menjadi salah satu pemicu utama kerusakan lingkungan di Kabupaten Sintang, Kalimantan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya