Minggu 12 September 2021, 13:25 WIB

Ketua Satgas : Vaksin dan Masker Layaknya Payung Saat Hujan

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
Ketua Satgas : Vaksin dan Masker Layaknya Payung Saat Hujan

Antara
Ilustrasi

 

KETUA Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Ganip Warsito melakukan peninjauan vaksinasi di Pendopo Aspirasi DR Ahmad Basarah, Karang Ploso, Kabupaten Malang, Minggu (12/9).

Ganip menyampaikan bahwa dalam hal penanganan covid-19 di tanah air perlu adanya perubahan perilaku secara disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan. Diberikan contoh sebagai analogi, fungsi payung saat musim hujan bahwa payung tidak bisa menghentikan hujan, akan tetapi bisa melindungi dari air hujan.

Begitu pula penggunaan masker dan vaksinasi. Keduanya tidak menghilangkan covid-19 akan tetapi, mampu melindungi dari terpapar dan mencegah terjadinya pemburukan jika terpapar.

"Penggunaan masker dapat melindungi kita dari paparan Covid-19, vaksinasi juga mampu mecegah terjadinya pemburukan apabila terpapar," kata Ganip dalam keterangannya Minggu (12/9).

Baca juga : Pandemi Covid-19 Munculkan Tantangan Perencanaan Ruang di Masa Depan

"Jadi walaupun kita sudah di vaksin, harus tetap pakai masker," sebut Ganip.

Berdasarkan data vaksinasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) per Sabtu (11/9) menyebutkan bahwa capaian vaksinasi di Kabupaten Malang dosis pertama sebesar 23,26% dan dosis kedua 11,11%. Sedangkan untuk Provinsi Jawa Timur capaian dosis pertama sebesar 36,31% dan dosis kedua 19,85%. Dengan ini menempatkan Jawa Timur di posisi ke 7 dalam pencapaian vaksinasi skala nasional.

Dalam peninjauan ini, Ganip juga menyerahkan bantuan berupa 10.000 masker. Sebelumnya dalam rangkaian Gerakan Mobil Masker sebanyak 500 ribu masker dibagikan untuk seluruh lapisan masyarakat di wilayah Malang Raya.

Giat vaksin ini, merupakan bentuk nyata dalam memerangi pandemi Covid-19. Diharapkan momentum positif ini tetap dijaga dan dijadikan sebagai transisi dari pandemi menuju epidemi.

Turut hadir dalam peninjauan Bupati Malang M. Sanusi, Wakil Ketua DPR RI Ahmad Basarah, serta para Tenaga Ahli di Lingkungan BNPB. (OL-2)

 

Baca Juga

Dok. Pribadi

Sekolah Diminta Optimalkan TIK dalam Pembelajaran

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Minggu 19 September 2021, 01:43 WIB
Selain untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, TIK dapat dioptimalkan untuk menciptakan manajemen sekolah yang efektif dan...
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Alumni Akpol 1990 Gelar Bakti Sosial dan Vaksinasi

👤Meidiaindonesia.com 🕔Sabtu 18 September 2021, 22:17 WIB
Dari lulusan Akabri Angkatan 1990, tercatat 147 alumnus menjadi perwira tinggi. Untuk TNI-AL, tercatat 33 alumnus Akabri 1990 menyemat...
Ist

Dengan Smartphone, Siapapun Bisa Jadi Video Content Creator Handal

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 18 September 2021, 19:49 WIB
Untuk menjadi content creator, salah syaratnya bagaimana memegang smartphone agar video tidak goyang, kemampuan mengatur...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

AS, Inggris, dan Australia Umumkan Pakta Pertahanan Baru

 Aliansi baru dari tiga kekuatan tersebut tampaknya berusaha untuk melawan Tiongkok dan melawan kekuatan militernya di Indo-Pasifik.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya