Senin 06 September 2021, 19:25 WIB

Pemerintah Pastikan Keamanan dan Efikasi Seluruh Vaksin yang Digunakan

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
Pemerintah Pastikan Keamanan dan Efikasi Seluruh Vaksin yang Digunakan

Antara
Petugas bandara melakukan bongkar muat envirotainer berisi vaksin covid-19 buatan Sinovac.

 

PEMERINTAH memastikan keamanan, mutu dan efikasi untuk seluruh jenis vaksin covid-19 yang didatangkan untuk kebutuhan program vaksinasi nasional.

“Vaksin yang disediakan di Indonesia melalui proses evaluasi oleh BPOM, rekomendasi dari ITAGI dan WHO, serta para ahli,” ujar Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam keterangan pers secara virtual, Senin (6/9/).

Baca juga: RI Sudah Laporkan 5.788 Data WGS, Varian Delta Mendominasi

Airlangga pun meminta masyarakat untuk tidak ragu atau khawatir untuk menerima jenis vaksin apapun. “Semua merek vaksin berkhasiat untuk melindungi masyarakat. Tidak perlu memilih dan vaksin yang terbaik adalah vaksin yang tersedia saat ini,” pungkasnya.

Dari target vaksinasi 208,2 juta penduduk berusia 12 tahun ke atas, per 5 September 2021, cakupan vaksinasi sudah mencapai 105,7 juta dosis. Sebanyak 66,78 juta penduduk telah menerima dosis pertama dan 38,2 juta orang sudah menerima dosis kedua.

Lalu, sebanyak 713.068 orang tenaga kesehatan telah menerima vaksin covid-19 dosis ketiga. Pemerintah dikatakannya terus berupaya mempercepat vaksinasi bagi masyarakat, terutama kelompok rentan.

Baca juga: Gotong Royong dan Kolaborasi Jadi Modal Sosial Indonesia Hadapi Pandemi

“Bapak Presiden memerintahkan kepada para menteri dan kepala daerah untuk mempercepat vaksinasi. Tentu perlu didistribusikan secara cepat sampai ke masyarakat, agar tujuan dapat tercapai secara merata,” imbuh Airlangga.

Dia juga memaparkan tingkat kesembuhan nasional yang mencapai 92,8%, sejak diberlakukannya kebijakan PPKM berbagai level di sejumlah wilayah. Adpaun tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit dalam seminggu ini juga mengalami penurunan signifikan.(OL-11)
 

Baca Juga

MI/Sumaryanto Bronto.

Peran Generasi Muda dalam Transformasi Digital untuk Akselerasi Pembangunan 

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 15:43 WIB
Peran aktif generasi muda dalam meningkatkan literasi digital masyarakat sangat penting untuk mengakselerasi proses...
Ist

Coreta Louise Luncurkan Koleksi Terbaru di New York Fashion Week

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 14:31 WIB
Kali ini tema yang diangkat adalah "Sea Reflection" yang terinspirasi dari keindahan bawah laut khususnya Bunaken Sulawesi Utara...
dok.ist

Jokowi: Kita Butuh SDM Berkualitas dan Berintegritas

👤Selamat Saragih 🕔Minggu 25 September 2022, 13:21 WIB
PRESIDEN RI Joko Widodo (Jokowi) menyebut bahwa Indonesia membutuhkan SDM yang berkualitas dan berintegritas demi memenuhi tantangan pasar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya