Jumat 03 September 2021, 07:54 WIB

Ini Hal-Hal yang Harus Disiapkan agar Pernikahan Berjalan Sukses

Anggi Putri Lestari | Humaniora
Ini Hal-Hal yang Harus Disiapkan agar Pernikahan Berjalan Sukses

MI/Djoko Sardjono
Simulasi pernikahan dengan protokol kesehatan di tengah pandemi covid-19 di Klaten.

 

MENIKAH merupakan momen sakral yang dicoba sekali dalam seumur hidup. Tidak heran bila tiap pasangan yang hendak menikah mengharapkan momen pernikahan yang sempurna. Maka dari itu, diperlukan persiapan pernikahan yang matang agar prosesi berjalan sukses. Untuk menjauhi hal-hal yang ketinggalan dalam proses persiapan pernikahan, berikut ini beberapa persiapan pernikahan buat kalian

1. Menentukan Budget

Menentukan budget atau anggaran ditempatkan di posisi pertama mengingat terkadang anggaran pernikahan lumayan besar untuk sebagian orang. Pentingnya perhitungan serta memikirkan berapa uang yang disediakan buat pernikahan akan mempengaruhi tahapan selanjutnya, mulai dari administrasi sampai pascaresepsi. 

Baca juga: Akan Menikah? Ini 30 Ide Suvenir yang Murah Namun Bermanfaat

Ada pula dana yang diperlukan dalam pernikahan tidak cuma untuk make up pengantin, tetapi juga untuk sewa tempat, catering, serta lain sebagainya. 

Tidak hanya itu, adat istiadat yang digunakan dalam acara pernikahan juga mempengaruhi anggaran yang hendak dikeluarkan nantinya. 

Kunci agar pernikahan bosa berjalan lancar adalah tidak memaksa jika anggaran tidak mencukupi.

2. Pertemuan Keluarga

Setelah sudah menentukan anggaran dalam keluarga masing-masing, berikutnya adalah pertemuan antara keluarga kedua calon pengantin untuk membicarakan proses berikutnya. 

Bagi kalian yang baru mengenal calon pasangan, momen ini bisa dijadikan sebagai ajang untuk mengenal calon keluarga. Kemudian, perihal lainnya dapat pula membicarakan mengenai tanggal diadakannya lamaran, akad, dan resepsi pernikahan.

3. Administrasi

Berikutnya adalah mengurus perihal administrasi ke pihak pemerintahan, misalnya KUA (Kantor Urusan Agama) bagi muslim atau kantor catatan sipil bagi nonmuslim. Pihak yang wajib kalian datangi, yakni RT/RW, kelurahan, dan KUA/kantor catatan sipil.

4. Lamaran

Salah satu persiapan pernikahan yang dilakukan calon mempelai pria kepada calon mempelai wanita yaitu lamaran. Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk lamaran. Hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah cincin sebagai syarat lamaran. Cincin merupakan simbol ikatan sebuah hubungan. 

Selain cincin, hal lain yang perlu diperhatikan adalah hantaran untuk pihak wanita. Hantaran dapat juga disebut sebagai pengetuk pintu saat pihak lelaki mengunjungi keluarga pihak wanita

5. Memanfaatkan Jasa Wedding Organizer

Sekarang waktunya untuk mulai menyusun rencana acara pernikahan yang diidamkan. Jangan lupa, capai dahulu kesepakatan dengan calon pendamping berapa anggaran yang hendak digunakan. Menyewa jasa wedding organizer pasti lebih gampang, mengingat mereka memiliki catatan nama katering, tempat nikah yang okay, dekorator yang bagus, serta seterusnya.

Tapi jika anggaran terbatas,  tidak ada salahnya untuk mencoba menyusun rencana pernikahan sendiri. Dalam hal ini, kalian bisa mulai dari menentukan tema resepsi pernikahan, jumlah tamu undangan, kualitas katering, dan seterusnya.

6. Tentukan Lokasi Pernikahan

Jika menghendaki pesta pernikahan di gedung, tentu harus memesannya dari jauh-jauh hari. Jika menggunakan rumah pribadi, kalian tinggal memesan jasa dekorasi.

7. Pesan undangan dan suvenir

Kalau bisa menghemat waktu dan biaya, pesan undangan dan suvenir di tempat yang sama.

8. Baju pengantin

Kamu tim sewa baju atau membuat sendiri sesuai keinginan? Keduanya sah-sah saja, hanya untuk mewujudkan baju pengantin sesuai keinginanmu tentu butuh waktu yang lebih panjang dan biaya tidak sedikit.

Lebih praktis kalian menyewa baju pengantin sekaligus seragam keluarga di tempat yang sama.

Itulah beberapa tips persiapan pernikahan, semoga bermanfaat! (OL-1)

Baca Juga

AFP/Juni Kriswanto

Ini Penyakit yang Bisa Dipicu oleh Letusan Gunung Berapi dan Cara Mencegahnya

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 07 Desember 2021, 06:30 WIB
"Perlu diwaspadai perburukan dari penyakit kronik baik karena daya tahan tubuh yang turun maupun karena stres atau lalai makan...
Dok. ITB

Keutamaan Penerapan LSWI sebagai Metode EOR

👤MI 🕔Selasa 07 Desember 2021, 06:10 WIB
BERDASARKAN laporan dari British Petroleum 2015, implementasi LSWI memerlukan biaya yang relatif...
Dok.  ITB

Smart-Water EOR Cara Cerdas Dongkrak Industri Migas

👤Asep Kurnia Permadi Kelompok Keilmuan Teknik Reservoir ITB 🕔Selasa 07 Desember 2021, 06:00 WIB
INJEKSI smart-water merupakan salah satu teknik perolehan minyak tahap lanjut (enhanced oil recovery/EOR) yang semakin...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya