Senin 30 Agustus 2021, 09:35 WIB

Vaksinasi di Bandara AP II Tembus 102 Ribu Penumpang

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Vaksinasi di Bandara AP II Tembus 102 Ribu Penumpang

Ant/Fauzan
Petugas memeriksa surat vaksinasi dan hasil tes PCR calon penumpang pesawat sebelum melakukan penerbangan di Terminal 3 Bandara Internasiona

 

PT Angkasa Pura II atau AP II mencatat data dari 1 Juli - 28 Agustus 2021, sebanyak 102.357 orang calon penumpang pesawat, telah mendapatkan vaksinasi covid-19 di sentra vaksinasi yang ada di 18 bandara.

President Director of AP II Muhammad Awaluddin menyampaikan, capaian tersebut berkat kolaborasi banyak pihak, seperti dukungan dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah serta berbagai instansi seperti Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, dan lainnya.

"Dengan dukungan itu, sentra vaksinasi di bandara AP II dapat dengan lancar memberikan pelayanan vaksinasi bagi calon penumpang pesawat," ucap Awaluddin dalam keterangan resminya, Senin (30/8).

Seperti diketahui, selama PPKM, protokol kesehatan bagi calon penumpang pesawat untuk bisa melakukan penerbangan adalah harus menunjukkan kartu vaksinasi (minimal dosis pertama) dan hasil tes covid-19 sesuai yang dipersyaratkan.

Adapun Bandara Soekarno-Hatta tercatat menjadi paling banyak memberikan vaksinasi yakni kepada 62.309 orang calon penumpang pesawat. Di bandara terbesar di Indonesia ini, terdapat terdapat dua sentra vaksinasi yakni di Terminal 2 dan Terminal 3, yang dibuka selama 24 jam setiap harinya.

“Bandara Soekarno-Hatta sebagai pintu utama Indonesia dan bandara jangkar penerbangan domestik memiliki peran sentral di tengah pandemi ini," kata Awaluddin.

Pihaknya menambahkan, melalui teknologi informasi, AP II membuat dashboard monitoring real time layanan vaksinasi di Bandara Soekarno-Hatta untuk memantau secara real time jumlah calon penumpang pesawat yang melakukan registrasi, jumlah yang telah melakukan observasi, dan data-data lainnya.

Sementara itu, Bandara Halim Perdanakusuma (Jakarta) berada di tempat kedua sebagai bandara yang paling banyak memberikan vaksinasi yakni bagi 6.292 orang calon penumpang pesawat.

Di tempat ketiga ada Bandara Husein Sastranegara (Bandung) yang memberikan vaksinasi bagi 5.092 orang calon penumpang pesawat, diikuti Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang) di tempat keempat dengan vaksinasi bagi 5.062 orang calon penumpang pesawat, kemudian di tempat kelima ada Bandara Kualanamu (Deli Serdang) dengan vaksinasi bagi 5.023 orang calon penumpang pesawat. (OL-13)

Baca Juga: Ini Jadwal Gerai Samsat di DKI saat PPKM

Baca Juga

Antara

Jadi Tuan Rumah Pertemuan PBB untuk Risiko Bencana di Bali, Indonesia Persiapkan Diri

👤Atalya Puspa 🕔Senin 17 Januari 2022, 22:00 WIB
Penyelenggaraan Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) ke-7 di Bali pada Mei 2022  tinggal menghitung...
MI/Siswantini

Persiapan Haji 1443 H, Kemenkes Sudah Rekrut 1.827 Petugas Kesehatan

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Senin 17 Januari 2022, 21:40 WIB
Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sudah merekrut dan melatih 1.827 orang untuk menjadi petugas lapangan kesehatan ibadah haji di Indonesia...
Medcom.id

Pemenang Beasiswa OSC Medcom.id Diumumkan 22 Januari

👤Ilham Pratama Putra 🕔Senin 17 Januari 2022, 21:38 WIB
Nama-nama penerima beasiswa OSC Medcom.id bakal diumumkan pada Sabtu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya