Rabu 25 Agustus 2021, 18:49 WIB

Anugerah Jurnalistik MH Thamrin Jadi Momentum Positif bagi Media Indonesia

Rahmatul Fajri | Humaniora
Anugerah Jurnalistik MH Thamrin Jadi Momentum Positif bagi Media Indonesia

Dok. PWI Jaya
Anugerah Jurnalistik MH Thamrin bagi Media Indonesia

 

MEDIA Indonesia keluar sebagai pemenang dalam kategori infografis pada Anugerah Jurnalistik Mohammad Husni Thamrin ke-47 yang diselenggarakan di Ruang Pola Pemprov DKI Jakarta, Rabu (25/8). Dengan infografis berjudul "Jalan Panjang Reklamasi Teluk Jakarta", Media Indonesia menyisihkan dua nomine dari CNNIndonesia.com dan Wartaekonomi.co.id.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan didampingi oleh Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Atal Sembiring Depari, dan Ketua PWI Jaya Sayid Iskandarsyah yang langsung diterima oleh Redaktur Artistik Media Indonesia, Budi Setyo Widodo. 

Budi mengaku bahagia atas pencapaian ini. Ia mengatakan dengan adanya penghargaan dalam kategori infografis di Anugerah Jurnalistik MH Thamrin ini menjadi momentum bagi infografis ke depannya. Ia mengatakan selama ini publik menganggap infografis sebagai sebuah karya jurnalistik. 

"Setelah adanya Anugerah Jurnalistik Mohammad Husni Thamrin ini anggapan itu sudah hilang dan (infografis) bisa diakui sebuah karya jurnalistik. Tentunya penghargaan ini sebagai sebuah kebangggaan," kata Budi.

Baca juga : Media Indonesia Raih Penghargaan Anugerah Jurnalistik MH Thamrin

Dalam karyanya, Media Indonesia menampilkan secara komprehensif mengenai perjalanan reklamasi Teluk Jakarta, permasalahan reklamasi Teluk Jakarta, hingga strategi pengembangan pada pulau reklamasi. Karya tersebut terbit di rubrik Fokus Media Indonesia yang terbit pada 25 Mei 2021.

Penghargaan ini menambah daftar tinta emas Media Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Media Indonesia merupakan Gold Winner atau sebagai surat kabar nasional terbaik dari Indonesia Print Media Awards 2020 dan 2021. Kemudian sebagai Gold Winner dalam kategori sampul muka surat kabar nasional terbaik dari Indonesia Print Media Awards 2021. Lalu, sebagai nominasi untuk kategori best in design untuk kelompok surat kabar dari Asian Media Awards 202.

Selanjutnya, penghargaan dari PT KAI atas keaktifan dalam memublikasikan aktivitas Kereta Api Indonesia. Berikutnya, penghargaan dari Badan Bahasa Kemendikbud sebagai surat kabar berdedikasi dalam Bahasa Indonesia.

Kemudian penghargaan dari BNPB sebagai media yang fokus menyajikan konten faktual dan mendidik terkait kebencanaan. Lalu, penghargaan dari Badan Bahasa sebagai salah satu sumber data bagi Badan Bahasa untuk mengembangkan Korpus Indonesia.(OL-7)

Baca Juga

ANTARA/AMER HILABI

Kesthuri Sebut Kerajaan Arab Saudi Siap Terima Jemaah Umrah Indonesia

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 20:52 WIB
Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia menyampaikan informasi bahwa Kerajaan Arab Saudi sudah sangat siap menerima umrah dari...
Foto/Dok.MI

Peduli Lingkungan, Industri Kosmetik Turut Dukung Kampanye Sustainability

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 19:32 WIB
Keuntungan penjualan dari produk kosmetik akan digunakan untuk mengadopsi bibit kayu keras di wilayah Kalimantan tepatnya di sekitar...
Antara/HO-BNPT

Ketua MUI: Maknai Maulid Nabi untuk Menjaga 'Ukhuwah Wathaniyah'

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 18:33 WIB
Yusnar Yusuf Rangkuti menuturkan Maulid Nabi dapat dimaknai menjaga ukhuwah wathaniyah (persaudaraan kebangsaan) untuk menjadikan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Rakyat Kalimantan Selatan Menggugat Gubernur

Sebanyak 53 warga terdampak bencana banjir dari sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan menggugat Gubernur Sahbirin Noor.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya