Selasa 24 Agustus 2021, 09:04 WIB

Airlangga: Ada 3.596 Tempat Tidur pada Isoter Kapal di 6 Wilayah

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Airlangga: Ada 3.596 Tempat Tidur pada Isoter Kapal di 6 Wilayah

ANTARA FOTO/Abriawan Abhe
Petugas kesehatan bersiap mengantar pasien orang tanpa gejala (OTG) Covid-19 ke atas KM Umsini di Pelabuhan Sukarno Hatta, Makassar, Sulsel.

 

MENTERI Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan, pemerintah bersama PT Pelni menyediakan kapal sebagai tempat isolasi terpusat untuk menampung pasien Covid-19 bergejala ringan di beberapa wilayah Indonesia.

"Total, ada 3.596 tempat tidur di isolasi terpusat tersebut, yang tersebar di 6 wilayah Indonesia," ucapnya dalam konferensi pers virtual, Senin (23/8).

Enam kapal yang telah disiapkan untuk isolasi terpusat, yakni KM Umsini di Makassar, Sulawesi Selatan, KM TataMailau untuk wilayah Bitung dan Minahasa Utara, KM Lawit di Lampung, KM. Sirimau untuk wilayah Sorong, KM Tidar di Jayapura dan KM Bukit Raya di Medan.

Airlangga menyebut misalnya, kapasitas pasien Covid-19 yang bisa ditapung di KM. Sirimau ialah 449 pasien dan 11 tenaga kesehatan (nakes), dengan memiliki 460 tempat tidur. Lalu, KM Umsini yang dapat menampung 785 pasien dengan 848 tempat tidur.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meminta masyarakat yang terkonfirmasi positif covid-19 agar tidak menutupi penyakit tersebut dan segera masuk ke dalam pusat-pusat isolasi yang telah disediakan pemerintah.

"Saya menyampaikan bahwa positif Covid-19 bukanlah Aib yang harus ditutupi, mari cegah sedari dini. Supaya kita tentunya bisa saling menjaga dan terhindar dari pandemi ini," tegas Luhut

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir meninjau kesiapan KM (Kapal Motor) Bukit Raya sebagai sarana isolasi terpusat atau isoter bagi pasien Covid-19 Kota Medan di Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatera Utara, Sabtu (21/8).

Sarana isoter di atas KM Bukit Raya ini disiapkan oleh PT Pelabuhan Indonesia I (Pelindo 1) dengan menyediakan pelayanan dan fasilitas bersandar di dermaga bagi kapal laut milik PT Pelni.

"Penyediaan sarana isolasi terapung yang kedua, setelah di Makassar ini, menunjukkan pemerintah dan perusahaan BUMN siap melakukan dan menyediakan segala hal dalam upaya meringankan beban rakyat, terutama bagi pasien Covid-19 dengan gejala ringan dan OTG di Medan," ucapnya. (Ins/OL-09)

Baca Juga

Freepik.com

Sudah Tahu Belum? Yuk, Kenali 8 Arah Mata Angin!

👤Kevino Dwi Velrahga 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 23:34 WIB
Mata angin digunakan sebagai panduan untuk menentukan arah yang umumnya digunakan dalam navigasi, kompas, dan...
DOK Kemendikbudristek

Kedaireka Genjot Kolaborasi Kampus dan Industri

👤Widhoroso 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 22:34 WIB
Platfom Kedaireka sejalan dengan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang berdampak pada peningkatan kolaborasi...
DOK Puspresnas

Kompetisi LDBI dan NSDC Rangsang Siswa Berpikir Kritis

👤Widhoroso 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 22:00 WIB
PENYELENGGARAAN Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) dan National Debating Championship (NSDC) 2021 secara resmi berakhir, Sabtu...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mengenal Skandal Menghebohkan Pandora Papers

Rahasia kekayaan para elite kaya yang berasal dari 200 negara dan wilayah di dunia terungkap melalui dokumen Pandora Papers

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya