Kamis 19 Agustus 2021, 22:00 WIB

AE06-APAEC 2016-2025 Tahap II Dukung Pengembangan Energi Berkelanjutan

Widhoroso | Humaniora
AE06-APAEC 2016-2025 Tahap II Dukung Pengembangan Energi Berkelanjutan

ANTARA
Ilustrasi

 

OUTLOOK Energi ASEAN ke-6 (the 6th ASEAN Energy Outlook/AEO6) dan Rencana Aksi ASEAN untuk Kerja Sama Energi (The ASEAN Plan of Action for Energy Cooperation/APAEC) 2016-2025 Tahap II mendukung penuh pengembangan energi yang berkelanjutan di kawasan Asia Tenggara.

Direktur Eksekutif ASEAN Center for Energy (ACE) Dr Nuki Agya Utama mengatakan Outlook Energi ASEAN ke-6 memberi gambaran umum tentang situasi energi saat ini dengan beberapa kemungkinan skenario yang dibuat oleh beberapa pembuat kebijakan dan pemangku kepentingan lainnya. Outlook ini juga berisi tentang kemungkinan kondisi energi pada 2040 dan berbagai kemungkinan upaya untuk menjadikan kawasan ASEAN menjadi lebih tangguh di bidang energi, dan untuk memungkinkan keterjangkauan dan keberlanjutan energi.

"Outlook ini menyajikan skenario perbandingan dasar, perencanaan energi saat ini, lebih banyak implementasi pada target energi baru terbarukan (EBT) dan efisiensi energi (EE), serta implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan nomor 7 (SDG7)," kata Nuki dalam Konferensi
Pers secara virtual, Kamis (18/8).

Penasihat Kerja Sama Pengembangan, Kedutaan Jerman-ASEAN, Oliver Hoppe, menilai bahwa AEO6 merupakan wujud kerja sama yang nyata dari berbagai pakar energi di kawasan tersebut. "Publikasi yang sangat relevan ini merupakan hasil penelitian dan pengembangan bersama yang luar biasa oleh berbagai pakar energi yang disegani di kawasan ini. Oleh karena itu, kami ingin mengucapkan terima kasih kepada ASEAN Centre for Energy (ACE), Negara-negara Anggota ASEAN, serta Stockholm Environment Institute (SEI), atas kerja sama mereka yang bermanfaat dan luar biasa ini," kata Oliver.

AEO6 dikembangkan ACE bekerja sama dengan Deutsche Gesellschaft Internationale Zusammenarbeit (GIZ) atas nama Kementerian Federal Jerman untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (BMZ), melalui Program Energi ASEAN-Jerman (ASEAN-German Energy Programme/AGEP) Tahap II, selain juga mendapat dukungan dari negara-negara anggota ASEAN.

AEO6 merupakan publikasi unggulan untuk menunjukkan minat negara negara anggota ASEAN dalam memahami tren dan situasi energi saat ini. AEO6 juga mendukung pengembangan energi berkelanjutan di negara-negara anggota ASEAN.

AEO6 mencerminkan keinginan negara-negara anggota ASEAN untuk mempelajari situasi energi saat ini dan mengeksplorasi berbagai peluang dan kemungkinan di masa mendatang. Outlook tersebut juga mengkaji cara bagaimana kawasan tersebut dapat memenuhi pertumbuhan ekonomi dan kebutuhan energi penduduknya hingga Tahun 2040, termasuk berbagai cara di masa mendatang dan implikasinya terhadap ketahanan energi, pembangunan sosial-ekonomi, dan lingkungan. (Ant/OL-15)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Umarul Faruq

Kunyit dapat Menangkal Penyakit Jantung

👤Torie Natalova 🕔Jumat 20 Mei 2022, 17:35 WIB
MANFAAT kunyit sudah dikenal selama ribuan tahun, terutama di negara asalnya India dan beberapa wilayah di...
ANTARA FOTO / Irwansyah Putra

DPR dan Pemerintah Diharapkan Tambah Alokasi Perlindungan Sosial

👤Mediaindonesia 🕔Jumat 20 Mei 2022, 17:34 WIB
Tahun depan, tekanan ekonomi akan jauh lebih kompleks, misalnya adanya kenaikan tingkat suku bunga, sektor-sektor yang belum pulih akibat...
DOK Klabis Institute

Kalbis Institute Gelar Webinar Business Psychology

👤Widhoroso 🕔Jumat 20 Mei 2022, 17:31 WIB
KALBIS Institute terus melakukan berbagai upaya meningkatkan mutu menuju ke global...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya