Senin 16 Agustus 2021, 10:44 WIB

Presiden Jokowi: Layanan Kesehatan Semakin Kuat Akibat Pandemi

Andhika Prasetyo | Humaniora
Presiden Jokowi: Layanan Kesehatan Semakin Kuat Akibat Pandemi

MI/Susanto
Jurnalis memantau pidato Presiden RI Joko Widodo melalui layar yang telah disediakan dalam sidang Bersama DPR/DPD RI, Senin (16/8)

 

PANDEMI Covid-19 telah memaksa pemerintah dan swasta memperkuat penyediaan layanan kesehatan. Banyak rumah sakit dan fasilitas-fasilitas kesehatan baru di berbagai daerah yang akhirnya didirikan.

"Layanan kesehatan di banyak daerah bertambah cukup signifikan, baik dalam hal penambahan kapasitas tempat tidur, maupun fasilitas pendukungnya," ujar Presiden Joko Widodo dalam pidatonya di Sidang Tahunn MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD di Gedung Parlemen, Jakarta, Senin (16/8).

Tidak hanya dari sisi infrastruktur, kemandirian industri obat, vaksin, dan alat-alat kesehatan juga terus ditingkatkan. Kepala negara mengakui bahwa selama ini, sektor tersebut masih menjadi kelemahan serius yang harus segera diatasi

"Terbukti, pandemi bisa mempercepat pengembangan industri farmasi di dalam negeri, termasuk pengembangan Vaksin Merah Putih, dan juga oksigen untuk kesehatan," ucapnya.

Ketersediaan dan keterjangkauan harga obat juga terus dijamin pemerintah.

Jokowi menegaskan bahwa tidak ada toleransi sedikit pun bagi siapa saja yang mengambil kesempatan, memperkaya diri dan institusi dengan mempermainkan misi kemanusiaan dan kebangsaan.

Selain itu, pemerintah juga bekerja keras mengerahkan semua sumber daya demi mengamankan pasokan kebutuhan vaksin nasional. Namun, pada saat yang sama, Indonesia juga terus memperjuangkan kesetaraan akses terhadap vaksin untuk semua bangsa.

"Sebab, perang melawan covid-19 tidak akan berhasil jika ketidakadilan akses terhadap vaksin masih terjadi. Melalui diplomasi vaksin ini, kita telah menunjukkan kepada dunia, bahwa Indonesia berperan aktif untuk ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial," tandasnya. (OL-13)

Baca Juga: Presiden Pastikan Arah Kebijakan Selama Pandemi Sangat Jelas

Baca Juga

DOK Kemenkominfo.

Kemenkominfo Targetkan 5,5 Juta Masyarakat Peroleh Literasi Digital

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 23:29 WIB
Mengutip survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet (APGI) pada 2022, lebih dari 210 juta penduduk Indonesia atau 77,02% dari total...
Antara

Update 29 Juni: 64 Ribu Orang Terima Vaksin Dosis Kedua

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Rabu 29 Juni 2022, 22:47 WIB
Total sebanyak 14.554.522 lansia telah menerima vaksin dosis lengkap per Rabu...
ANTARA

Pemerintah Evaluasi Rutin Perkembangan Wabah PMK

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 22:35 WIB
Saat ini penyakit PMK selain menjangkiti hewan sapi, juga sudah menjangkiti kerbau, kambing, domba, dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya