Sabtu 07 Agustus 2021, 10:32 WIB

Luhut Pastikan Kebutuhan Vaksin Hingga Faskes di Jateng dan DIY Aman

Fetry Wuryasti | Humaniora
Luhut Pastikan Kebutuhan Vaksin Hingga Faskes di Jateng dan DIY Aman

ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha
lokasi isolasi terpusat di Jawa Tengah

 

MENTERI Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta pemerintah setempat mengajak dan membujuk masyarakat yang saat ini melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah, agar mau datang dan menjalani isolasi di lokasi isolasi terpusat (Isoter) yang telah disiapkan.

Dalam kunjungannya ke Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, Luhut memastikan penanganan pandemi covid-19 yang dilakukan pemerintah setempat berjalan baik dan lancar.

Di Jawa Tengah, Menko Luhut mengawali kunjungannya ke tempat isolasi terpusat (Isoter) Kota Magelang yang saat ini sudah menampung pasien covid-19.

Luhut juga menyampaikan saat ini Varian Delta yang banyak ditemukan, memiliki tingkat reproduksi lebih tinggi dibandingkan dengan varian virus lainnya.

"Tadi sudah bicara dengan walikota, pak bupati, sebanyak mungkin kita ajak warga ke sini, saya sudah meninjau isoter di Solo, Klaten, Sragen, dan sekarang kemari, Magelang. Varian delta ini sangat ganas, jadi kalau tidak cepat ditangani, nanti kalau saturasi oksigennya di bawah 90 sudah susah," kata Luhut, Sabtu (7/ 8).

Baca juga:  Menkomarves Luhut Desak Pemindahan Isoman ke Isoter Saat Tinjau Asrama Haji dan Solo

Fasilitas yang disediakan di isoter sangat mumpuni dan baik. Sehingga masyarakat tidak perlu ragu ketika mau menjalani isoman di isoter. Luhut juga memastikan kesiapan proses vaksinasi yang sudah dan akan dilakukan pada masa mendatang.

Saat ini, pemerintah mengupayakan pasien covid-19 yang menjalani isoman di rumah untuk dibawa ke tempat-tempat isoter yang telah tersedia. Tujuannya, agar pasien yang isoman bisa terpantau dari waktu ke waktu.

Luhut memastikan persediaan vaksin, obat-obatan, oksigen, serta fasilitas kesehatan berupa tempat tidur masih tetap aman. Karena itu dia meminta agar masyarakat melakukan upaya pencegahan dini.

Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X menyampaikan vaksinasi yang dilakukan di wilayahnya hingga Agustus ini sudah mencapai 50%. Pihaknya akan terus mendorong vaksinasi agar realisasi atau cakupannya semakin luas dan besar. Sejauh ini stok atau persediaan vaksin di wilayahnya masih tersedia dan dalam waktu dekat akan mendapat suplai dosis vaksin cukup besar dari pemerintah pusat.(OL-5)

Baca Juga

MI/Dok IHH

Mengenal Gubal, Kuliner Khas Suku Laut

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 06:15 WIB
Gubal adalah makanan khas Lingga yang berbahan baku sagu. Dibuat dari campuran kelapa muda yang telah...
Dok. Pribadi

Mengembangkan Wastra Papua dengan Teknik Guta Tamarin

👤Dr Nuning Yanti Damayanti Staf Pengajar, Prodi Seni Rupa, Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 06:00 WIB
PADA April lalu, tim dari Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung (FSRD-ITB), melakukan kegiatan pengabdian kepada...
Youtube/MediaIndonesia

Dampak Pandemi bagi Penyair Joko Pinurbo dan Inggit Putria Marga

👤Kevino Dwi Velrahga 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 00:14 WIB
Ketika pandemi Covid-19  hadir dan merubah segala aktivitas manusia, puisi turut mengalami perkembangan serta dapat pula menjadi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Bongkar Transaksi Narkoba Rp120 Triliun

Para anggota sindikat narkoba juga kerap memanfaatkan warga yang polos untuk membantu transaksi dari dalam ke luar negeri dan sebaliknya.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya