Senin 02 Agustus 2021, 23:32 WIB

Kolaborasi Zipmex-FOI Bantu Ketahanan Pangan Warga Terdampak Covid-19

Ghani Nurcahyadi | Humaniora
Kolaborasi Zipmex-FOI Bantu Ketahanan Pangan Warga Terdampak Covid-19

Dok. Zipmex
Program donasi pangan Ziomex dan Foodbank Of Indonesia

 

DI masa pandemi COVID-19, ketahanan pangan menjadi salah satu kunci penting. Sayangnya, tidak semua kalangan memiliki akses yang sama untuk mendapatkan makanan sehat. Melihat kondisi ini, Zipmex Indonesia melalui program #ZipmexPeduli berkolaborasi dengan Foodbank of Indonesia melakukan revitalisasi dapur umum bagi masyarakat terdampak Covid-19 di Jakarta. 

Revitalisasi itu dilakukan di 10 Dapur Pangan FOI (DPF) yang tersebar di lima wilayah DKI Jakarta. Zipmex mendonasikan peralatan masak seperti kompor, wajan, panci, penanak nasi, dan perlengkapan lainnya dengan harapan dapat membantu dapur-dapur berbasis masyarakat itu kembali ‘hidup’. 

Foodbank of Indonesia (FOI) merupakan organisasi nirlaba sosial yang hadir untuk membantu mengatasi kesenjangan pangan di masyarakat. Dalam praktiknya, FOI menjadi jembatan antara masyarakat yang berlebihan makanan dengan masyarakat yang membutuhkan. 

Penyaluran donasi mulai dilakukan pada 28 Juli 2021 dimulai di salah satu dapur penerima bantuan, yaitu dapur swadaya milik PAUD Flamboyan di Kebayoran Lama. 

Dalam aksi bertajuk “Berbagi Kebaikan Bagi Isoman”, Zipmex juga mendonasikan 2.600 makanan siap santap bagi 1.800 penduduk yang menjalani isolasi mandiri karena terpapar Covid-19, serta 800 lansia pra-sejahtera di Jakarta. Bantuan diberikan selama 10 hari berturut-turut mulai 28 Juli 2021 dan akan berlangsung hingga 6 Agustus 2021 mendatang.

Baca juga : Gerakan Berbagi Warga Gandeng BEM Nusantara Salurkan Sembako di Warakas

“Makanan sehat menjadi hal penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh di tengah pandemi COVID-19. Semoga, melalui aksi ini, setiap orang bisa mendapatkan makanan sehat dan tingkat kesulitan mendapat akses pangan menurun. Kami juga berharap, masyarakat yang sedang melalui isolasi mandiri dapat segera pulih. Saya percaya kita pasti bisa melalui kondisi ini bersama,” kata Raymond Sutanto, Co-Founder Zipmex Indonesia. 

Sementara itu, Founder Foodbank of Indonesia M Hendro Utomo mengapresiasi semua usaha gotong-royong dari berbagai pihak dan relawan akar rumput dalam pergerakan Foodbank of Indonesia (FOI). Khususnya di masa pandemi ini mengingat para penerima manfaat selalu menunggu dengan antusias setiap bantuan makanan yang diberikan. 

“Pandemi ini memukul masyarakat terbawah di perkotaan yang terdiri dari pekerja informal yang merupakan kontributor 60% PDB (Product Domestic Bruto) Indonesia. Jadi bantuan ini menolong mereka yang sakit untuk bangkit melalui dapur-dapur pangan maupun katering rumahan mitra FOI. Bantuan 2.600 paket makanan siap saji dan perlengkapan dapur untuk Dapur Pangan Masyarakat dari Zipmex ini setidaknya memberikan harapan bagi yang isoman sekaligus menghidupkan ekonomi perempuan pelaku usaha kecil. Terima kasih atas kolaborasinya” ungkap Hendro

Gerakan #ZipmexPeduli adalah rangkaian program yang berfokus pada kesejahteraan masyarakat terdampak Covid-19. Melalui program ini, Zipmex ingin turut mengambil bagian membantu masyarakat yang terdampak COVID-19, khususnya di Jakarta yang menjadi lokasi penyebaran tertinggi di Indonesia.

Sebelumnya, dalam rangkaian #ZipmexPeduli, perusahaan investasi aset digital ini telah mendonasikan 3.000 makanan siap santap bagi tenaga kesehatan di Wisma Atlet, Rusun Pasar Rumput, dan Rusun Nagrak. (RO/OL-7) 

Baca Juga

MI/ANDRI WIDIYANTO.

Lima Langkah Preventif Sebelum Izinkan Anak Jalani PTM

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 September 2021, 00:05 WIB
Dokter Spesialis Anak dr. Natasya Ayu Andamari, SpA memberikan sejumlah kiat tindakan pencegahan yang bisa dilakukan orang tua sebelum...
Antara/Galih Pradipta

Dampak Pandemi, Nadiem: Satu Generasi Kehilangan Hampir Setahun Pembelajaran 

👤Faustinus Nua 🕔Selasa 28 September 2021, 23:55 WIB
"Anak-anak kemungkinan besar kehilangan antara 0,8-1,2 tahun pembelajaran. Jadi seolah-olah satu generasi kehilangan hampir setahun...
Dok. Pribadi

Tampil di Zakat Innovation Week, Rumah Kutub Paparkan soal Sedekah Minyak Jelantah 

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 September 2021, 23:37 WIB
ERSENYUM adalah singkatan dari Terima Sedekah Minyak Jelantah untuk...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kawin Kontrak Rendahkan Perempuan

 Kawin kontrak masih ditemukan di Kabupaten Cianjur. Usia pernikahan hanya dua bulan dengan uang mahar Rp15 juta

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya