Minggu 01 Agustus 2021, 14:23 WIB

3,5 Juta Dosis Vaksin Datang, Pemerintah Pastikan Stok Aman

Faustinus Nua | Humaniora
3,5 Juta Dosis Vaksin Datang, Pemerintah Pastikan Stok Aman

Antara
Vaksin Moderna tiba di Indonesia

 

INDONESIA kembali kedatangan 3,5 juta dosis vaksin Covid-19 pada Minggu (1/8) siang. Vaksin yang diterima tahap 32 tersebut merupakan vaksin Moderna asal Amerika Serikat yang didatangakan lewat fasilitas COVAX. Selain itu, Indonesia juga menerima 620 ribu dosis vaksin AstraZeneca sumbangan dari pemerintah Inggris di hari yang sama.

"Alhamdulillah pada hari ini kita menerima kedatangan vaksin produksi Moderna dari Amerika Serikat melalui fasilitas COVAX dan AstraZeneca dari Inggris yang merupakan sumbangan pemerintah kerajaan Inggris hasil kerjasama bilateral Indonesia-Inggris," ungkap Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy dalam konferensi pers virtual yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (1/8)

Kedatangan vaksin tahap 32 itu akan menambah persediaan vaksin dalam negeri. Sehingga dapat mendukung program vaksinasi yang tengah berjalan dengan target 2 juta dosis per hari.

Menko Muhadjir pun memastikan bahwa stok vaksin saat ini aman. Dengan tambahan tersebut Indonesia memiliki 178 juta dosis persediaan vaksin.

"Kedatangan 3,500,000 dosis vaksin jadi produksi Moderna dan 620.000 vaksin jadi produksi AstraZeneca memastikan bahwa stok sudah aman," imbuhnya.

Baca juga :BIN Siapkan 7.000 Vaksinasi dan 7.000 Bansos di Banten, Jabar, dan Jatim

Sementara itu, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Amerika Serikat atas tambahan vaksin Moderna. Vaksin yang diterima melalui skema COVAX secara total sudah mencapai sekitar 19,7 juta dosis.

"Dari COVAX facility saat ini Indonesia telah menerima pengiriman sebesar 19.704.960 dosis vaksin secara gratis dan semuanya merupakan vaksin yang sudah jadi," ucapnya.

Secara total Indonesia telah menerima 178.357.880 dosis vaksin Covid-19. Sebanyak 144.700.280 dosis merupakan vaksin dalam bentuk bulk dan 33.657.600 dosis merupakan vaksin jadi.

Lebih lanjut, dia mengatakan Indonesia akan kembali menerima 620.000 vaksin Covid-19 AstraZeneca besok, Senin (2/8). Kedatangan vaksin tahap ke-33 besok merupakan dukungan berbagai dosis secara bilateral dari pemerintah Inggris.

Menurutnya, pemerintah terus berupaya memenuhi persediaan vaksin lewat kerja sama dengan berbagai pihak. Ke depan masih ada tahapan kedatangan vaksin yang diperoleh lewat berbagai kerja sama.

"Pemerintah akan terus bekerja keras untuk mengamankan pengadaan vaksin bagi kepentingan rakyat Indonesia. Insya Allah, di bulan Agustus ini akan ada serangkaian ketibaan vaksin di Indonesia," pungkasnya. (OL-2)

 

Baca Juga

ANTARA/Muhammad Adimaja

Olahraga Bantu Anak Tahan Lama Belajar

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 20 Januari 2022, 12:16 WIB
"Penelitian menunjukkan, dengan olahraga, fokus belajar menjadi lebih baik, stamina jadi lebih bagus sehingga anak betah berlama-lama...
Dok UPH

Profesor Baru di Lingkungan LLDikti Wilayah III: Inspirasi dan Pencerah untuk Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 20 Januari 2022, 11:49 WIB
Guru Besar merupakan jabatan akademik tertinggi dalam dunia pendidikan tinggi yang diberikan oleh pemerintah kepada dosen yang sudah...
Dok Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Sumatera Utara (USU).

Mahasiswa Bangun Sinergi Wujudkan Visi Indonesia Emas Jokowi

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 20 Januari 2022, 11:39 WIB
Perlu adanya peran aktif dari generasi muda terutama mahasiswa untuk merealisasikan visi besar Presiden Jokowi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya