Kamis 22 Juli 2021, 12:12 WIB

Pemerintah Evakuasi Jenazah ABK WNI yang Wafat di Kapal Tiongkok

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Pemerintah Evakuasi Jenazah ABK WNI yang Wafat di Kapal Tiongkok

MI/Dok Kemenhub
Proses evakuasi jenazah ABK WNI dari kapal Tiongkok Taihong 6.

 

PEMERINTAH, melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, mengevakuasi satu jenazah Anak Buah Kapal (ABK) Warga Negara Indonesia (WNI) yang bekerja di kapal berbendera Tiongkok yakni Kapal Taihong 6.

Proses evakuasi dilakukan tim Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas II Tanjung Uban, Kepulauan Riau, Rabu (21/7).

Kepala Pangkalan PLP Kelas II Tanjung Uban Handry Sulfian mengungkapkan, usai Hari Raya Idul Adha, pihaknya mendapat tembusan Surat dari Kementerian Luar Negeri perihal Permohonan bantuan repatriasi Jenazah ABK WNI tersebut melalui Jalur laut ke Batam. ABK tersebut sebelumnya bekerja pada Kapal Taihong 6.

Baca juga: Pelayanan Kesehatan Untuk Reproduksi Perempuan dan Anak Terganggu

“Kemudian kami berkoordinasi dengan Basarnas Pusat dan Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) terkait evakuasi jenazah ABK kapal berkebangsaan WNI tersebut," kata Handry dalam keterangannya, Kamis (22/7).

Dalam proses evakuasi, dia menceritakan pihaknya mengerahkan kapal patroli KN Kalimasadha P.115 beserta kru untuk menuju lokasi penjemputan jenazah di Perairan Batu Ampar.

Pada Rabu (21/7) pukul 18.30 WIB, kapal patroli KN Kalimasadha P.115 WD tiba di lambung kiri Kapal Taixiang 6 pada posisi 01 10. 381 N/103 58.838 E dan melakukan proses evakuasi jenazah ke KN Kalimasadha - P.115 dengan menerapkan protokol kesehatan.

Tepat pukul 19.30 WIB, lanjut Handry, kapal patroli KN. Kalimasadha P. 115 Sandar di Pelabuhan Batu Ampar dan jenazah dibawa menggunakan ambulans dari Polresta Barelang untuk ditangani lebih lanjut. (OL-1)

Baca Juga

Medcom

Dunia Usaha Komit Jalani Bisnis Berkelanjutan

👤Atalya Puspa 🕔Jumat 21 Januari 2022, 17:09 WIB
“Harapannya Forum CSR Indonesia dapat menjadi wadah solusi, data, dan ide bagi para perusahaan yang ingin membuat program CSR yang...
Ist

Dua Universitas Digandeng Waskita Karya untuk Program Magang

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 21 Januari 2022, 14:34 WIB
PT Waskita Karya (Persero) Tbk menjalin kerja sama dengan dua universitas di Malang, Jawa Timur, dalam rangka pembukaan Program...
DOK KEMEN PPPA

UPTD PPA Diperlukan untuk Beri Perlindungan bagi Perempuan dan Anak

👤Mohamad Farhan Zhuhria 🕔Jumat 21 Januari 2022, 14:31 WIB
Menteri Bintang menuturkan untuk mendukung pelaksanaan dua fungsi baru KemenPPPA, keberadaan UPTD PPA dibutuhkan mulai dari tingkat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya