Kamis 22 Juli 2021, 12:12 WIB

Pemerintah Evakuasi Jenazah ABK WNI yang Wafat di Kapal Tiongkok

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Pemerintah Evakuasi Jenazah ABK WNI yang Wafat di Kapal Tiongkok

MI/Dok Kemenhub
Proses evakuasi jenazah ABK WNI dari kapal Tiongkok Taihong 6.

 

PEMERINTAH, melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, mengevakuasi satu jenazah Anak Buah Kapal (ABK) Warga Negara Indonesia (WNI) yang bekerja di kapal berbendera Tiongkok yakni Kapal Taihong 6.

Proses evakuasi dilakukan tim Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas II Tanjung Uban, Kepulauan Riau, Rabu (21/7).

Kepala Pangkalan PLP Kelas II Tanjung Uban Handry Sulfian mengungkapkan, usai Hari Raya Idul Adha, pihaknya mendapat tembusan Surat dari Kementerian Luar Negeri perihal Permohonan bantuan repatriasi Jenazah ABK WNI tersebut melalui Jalur laut ke Batam. ABK tersebut sebelumnya bekerja pada Kapal Taihong 6.

Baca juga: Pelayanan Kesehatan Untuk Reproduksi Perempuan dan Anak Terganggu

“Kemudian kami berkoordinasi dengan Basarnas Pusat dan Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) terkait evakuasi jenazah ABK kapal berkebangsaan WNI tersebut," kata Handry dalam keterangannya, Kamis (22/7).

Dalam proses evakuasi, dia menceritakan pihaknya mengerahkan kapal patroli KN Kalimasadha P.115 beserta kru untuk menuju lokasi penjemputan jenazah di Perairan Batu Ampar.

Pada Rabu (21/7) pukul 18.30 WIB, kapal patroli KN Kalimasadha P.115 WD tiba di lambung kiri Kapal Taixiang 6 pada posisi 01 10. 381 N/103 58.838 E dan melakukan proses evakuasi jenazah ke KN Kalimasadha - P.115 dengan menerapkan protokol kesehatan.

Tepat pukul 19.30 WIB, lanjut Handry, kapal patroli KN. Kalimasadha P. 115 Sandar di Pelabuhan Batu Ampar dan jenazah dibawa menggunakan ambulans dari Polresta Barelang untuk ditangani lebih lanjut. (OL-1)

Baca Juga

ISTIMEWA

BMKG: Gempa Pacitan M5,0 Berdekatan dengan Sumber Gempa Besar 1937

👤 Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 28 Juli 2021, 13:05 WIB
Hingga pagi ini belum ada laporan terkait dampak kerusakan yang ditimbulkan oleh kejadian gempa tersebut dan hasil pemodelan menunjukkan...
ANTARA/ ISTIMEWA

Pascagempa Pacitan, Risma Minta Pemda Perhatikan Prediksi Bencana BMKG

👤HUMANIORA 🕔Rabu 28 Juli 2021, 11:55 WIB
Menurut hasil penelitian, Kabupaten Pacitan salah satu kawasan di garis pantai selatan Pulau Jawa yang berpotensi gempa dan...
ANTARA/ Istimewa

Kemenkes Cegah Penularan Dini 18 Juta Kasus Hepatitis

👤HUMANIORA 🕔Rabu 28 Juli 2021, 11:20 WIB
Hingga 2021, layanan pengobatan DAA telah tersedia di 40 rumah sakit yang tersebar di 18 provinsi dan secara bertahap akan diperluas...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Membangun Konektivitas Segitiga Emas Jawa Bagian Tengah

 Untuk membangkitkan pertumbuhan perekonomian di Jawa bagian tengah, Tol Joglosemar menjadi salah satu solusi

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya