Rabu 21 Juli 2021, 20:34 WIB

Keterisian Tempat Tidur Rawat Covid-19 Alami Penurunan

Atalya Puspa | Humaniora
Keterisian Tempat Tidur Rawat Covid-19 Alami Penurunan

ANTARA
Ilustrasi

 

JURU Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengungkapan, keterisian tempat tidur untuk perawatan covid-19 di tingkat provinsi relatif menurun, walaupun sebagian besar provinsi di Jawa Bali masih di level kapasitas respons yang sama (DIY, Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Timur). 

Menurutnya, tingkat keterisian tempat tidur provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah menurun sampai di bawah 80% sehingga kapasitas respons perawatan yang semula terbatas menjadi sedang sementara provinsi Bali dimana BOR terjadi peningkatan walau masih di bawah 80%.

Provinsi Kalimantan Timur menjadi satu satunya provinsi di luar Jawa Bali dengan tingkat keterisian pada angka 81%. Nadia menyebut, Bed Occupancy Rate (BOR) DKI Jakarta menurun dibandingkan minggu lalu yang mencapai 92%. 

Saat ini pada angka 84% dengan distribusi mulai dari 78,5% di Jakarta Utara, sampai 94,2% di Jakarta Barat. “Jumlah tempat tidur masih terus bertambah,” ujarnya dalam konferensi pers yang diselenggarakan secara daring, Rabu (21/7).

Untuk provinsi Jawa Barat angka keterisian menurun hingga 89% dari minggu lalu 79%, hampir seluruh kabupaten/kota melaporkan penurunan BOR. Namun BOR tertinggi (90%) adalah di Kabupaten Ciamis yang memiliki 118 tempat tidur, dan terendah adalah Kabupaten Garut (46,7%) dari 761 tempat tidur. 

Sementara BOR di provinsi Jawa Tengah terjadi penurunan dari 86% menurun hingga 78%, di kebanyakan kabupaten/kota di Jawa Tengah menurun atau relatif tetap dibandingkan minggu sebelumnya, dengan pengecualian Kabupaten Pekalongan yang mengalami peningkatan BOR dari 77,6% menjadi 82,9%.

Tempat tidur pasien covid-19 di indonesia sejak 17 Mei 2021 bertambah 45.592 tempat tidur menjadi 124.747 tempat tidur. Dari 3.083 RS yang ada di seluruh Indonesia yang telah ditetapkan sebagai RS yang melayani covid-19 di indonesia sebanyak 990.

Menurutnya, ini sangat memungkinkan untuk ditambah mengingat eskalasi kebutuhan di lapangan. Selain itu kemenkes menata ulang pelayanan kepada pasien covid-19 di mana tempat isolasi terpusat dilakukan di fasilitas diklat ataupun asrama haji. Sementara untuk kasus covid-19 gejala sedang dan berat dilakukan penanganan di RS lapangan ataupun RS tipe D.

Untuk penanganan kasus intensif dilakukan di RS rujukan covid-19 tipe C, B, dan A. Nadia juga mengatakan, ada peningkatan jumlah tempat tidur isolasi/intensif. Penambahan 1,284 tempat tidur untuk pasien covid-19 di wilayah DKI Jakarta. Penambahan 1,170 tempat tidur untuk pasien covid-19 di wilayah Bandung. Sementara untuk wilayah Semarang dan Solo ada penambahan 530 tempat tidur pasien covid-19. “Penambahan 668 tempat tidur untuk pasien covid-19 di wilayah Yogyakarta dan 423 tempat tidur untuk pasien covid-19 di wilayah Bali,” ujarnya. (OL-15)

Baca Juga

MI/PALCE AMALO

Ahli Gizi Sebut Pasien yang Sedang Isoman Wajib Konsumsi Makanan Berkalori Tinggi

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 04 Agustus 2021, 12:28 WIB
"Sebab, saat seseorang terkena infeksi, kebutuhan akan energi dan proteinnya lebih tinggi dari...
Sumber foto cover: https://unsplash.com/photos/CYlPykF-qAM

Lima Kemampuan Dasar yang Anak Harus Pelajari Sejak Dini

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 04 Agustus 2021, 12:10 WIB
Menguasai suatu bahasa bisa membuat seseorang menjadi lebih pandai dalam menyampaikan pendapat...
MI

Tanggulangi Covid-19, Ini Rekomendasi 56 Guru Besar Fakultas Kedokteran Unair

👤Zubaedah Hanum 🕔Rabu 04 Agustus 2021, 11:15 WIB
FAKULTAS Kedokteran Universitas Airlangga (Unair) menyosialisasikan rekomendasi 56 guru besar terkait percepatan penanganan covid-19....

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kenyang Janji dan Pasrah Menunggu Keajaiban

Sejak peristiwa gempa bumi disertai tsunami dan likuefaksi di Palu, Sigi, dan Donggala, Sulawesi Tengah hingga kini masih banyak warga terdampak bencana tinggal di hunian sementara.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya