Sabtu 19 Juni 2021, 13:45 WIB

Universitas Indonesia Kukuhkan 4 Guru Besar Fakultas Ilmu Budaya

Faustinus Nua | Humaniora
Universitas Indonesia Kukuhkan 4 Guru Besar Fakultas Ilmu Budaya

Humas UI
Tangkapan layar

 

REKTOR Universitas Indonesia (UI) Prof Ari Kuncoro mengukuhkan empat guru besar Fakultas Ilmu Budaya (FIB) dalam Sidang Terbuka Upacara Pengukuhan Guru Besar yang dilakukan secara virtual pada Sabtu (19/6).

Guru besar yang dikukuhkan tersebut adalah Prof Dr Irmawati Marwoto, Prof R Cecep Eka Permana, Prof Manneke Budiman, dan Prof Lilawati Kurnia.

"Guru besar tetap UI saat ini berjumlah 235 orang, guru besar emeritus berjumlah 7 sentara guru besar NIDL berjumlah 81, sehingga total semuanya berjumlah 323," kata Ari.

Dalam pengukuhan itu, Prof Irmawati menyampaikan pidato berjudul 'Arkeologi Kontemporer: Sebuah Alternatif untuk Pengembangan Arkeologi Indonesia'.

Sedangkan, Prof Cecep menyampaikan pidato dengan judul 'Gambar Tangan Pada Gambar Cadas Indonesia: Rekonstruksi Pada Sejarah Kebudayaan dan Tantangan Pengembangan dan Pelestariannya'.

“Gambar tangan prasejarah ini sangat penting dikaji karena merupakan jejak budaya yang dibuat langsung dari dan oleh manusia pemilik atau pendukung kebudayaan tersebut,” ujarnya dalam pidato pengukuhan.

Lalu, Prof Manneke menyampaikan pidato berjudul 'Dari Kajian Sastra ke Kajian Budaya: Humaniora dalam Perubahan Zaman'. Sedangkan, Prof Lilawati membawakan pidoto dengan judul "Transkulturalitas Mendobrak Batas-batas Kaku Budaya'. (H-2)

Baca Juga

MI/ VICKY GUSTIAWAN

Menimbang Efektivitas PTM di Masa Pandemi

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 15:20 WIB
Dengan PTM ini bisa memberi waktu kepada anak-anak, juga karena tidak ada batasan waktu untuk tugas guru akan aktif mengingatkan siswanya...
ANTARA / Nyoman Hendra Wibowo

BMKG Catat Ada 32 Kali Aktivitas Gempa di Banyubiru, Ambarawa, Salatiga

👤 Atalya Puspa 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 14:45 WIB
Terjadinya fenomena gempa swarm ini setidaknya menjadikan pembelajaran tersendiri untuk masyarakat, karena aktivitas swarm memang jarang...
DOK. ITS

ITS Raih Penghargaan Terbanyak Pada Kontes Kapal Cepat Tak Berawak 2021

👤 Faustinus Nua 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 14:20 WIB
Melalui kontes ini, pemerintah ingin terus menanamkan kesadaran pada generasi muda bahwa kita (Indonesia) adalah negara maritim terbesar di...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Krisis Energi Eropa akan Memburuk

Jika situasinya tidak membaik dalam beberapa bulan ke depan, ada potensi krisis ekonomi yang menghancurkan

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya