Sabtu 19 Juni 2021, 13:45 WIB

Universitas Indonesia Kukuhkan 4 Guru Besar Fakultas Ilmu Budaya

Faustinus Nua | Humaniora
Universitas Indonesia Kukuhkan 4 Guru Besar Fakultas Ilmu Budaya

Humas UI
Tangkapan layar

 

REKTOR Universitas Indonesia (UI) Prof Ari Kuncoro mengukuhkan empat guru besar Fakultas Ilmu Budaya (FIB) dalam Sidang Terbuka Upacara Pengukuhan Guru Besar yang dilakukan secara virtual pada Sabtu (19/6).

Guru besar yang dikukuhkan tersebut adalah Prof Dr Irmawati Marwoto, Prof R Cecep Eka Permana, Prof Manneke Budiman, dan Prof Lilawati Kurnia.

"Guru besar tetap UI saat ini berjumlah 235 orang, guru besar emeritus berjumlah 7 sentara guru besar NIDL berjumlah 81, sehingga total semuanya berjumlah 323," kata Ari.

Dalam pengukuhan itu, Prof Irmawati menyampaikan pidato berjudul 'Arkeologi Kontemporer: Sebuah Alternatif untuk Pengembangan Arkeologi Indonesia'.

Sedangkan, Prof Cecep menyampaikan pidato dengan judul 'Gambar Tangan Pada Gambar Cadas Indonesia: Rekonstruksi Pada Sejarah Kebudayaan dan Tantangan Pengembangan dan Pelestariannya'.

“Gambar tangan prasejarah ini sangat penting dikaji karena merupakan jejak budaya yang dibuat langsung dari dan oleh manusia pemilik atau pendukung kebudayaan tersebut,” ujarnya dalam pidato pengukuhan.

Lalu, Prof Manneke menyampaikan pidato berjudul 'Dari Kajian Sastra ke Kajian Budaya: Humaniora dalam Perubahan Zaman'. Sedangkan, Prof Lilawati membawakan pidoto dengan judul "Transkulturalitas Mendobrak Batas-batas Kaku Budaya'. (H-2)

Baca Juga

MI/Dok Save the Children

Save The Children Indonesia Serahkan Petisi Kawal Dana BOS ke Kemendikbud-Ristek

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 07:00 WIB
Pada sektor pendidikan, pandemi covid-19 menyebabkan 91% keluarga dengan status minoritas tidak yakin anaknya dapat kembali...
MI/Agus Mulyawan

Mahfud MD : Peran Tokoh Agama Penting dalam Percepatan Vaksinasi

👤Mediaindoensia.com 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 02:30 WIB
"Kita perlu dukungan dan perantara alim ulama, pengasuh pondok pesantren, pimpinan agama untuk mendukung peningkatan implementasi...
Dok. Pribadi

Tinjau Sentra Vaksinasi PL, Menkes Apresiasi Peran Serta Masyarakat di Program Vaksin

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 02:15 WIB
Sentra Vaksinasi PL merupakan inisiatif Ikatan Alumni SMA Pangudi Luhur Jakarta bekerjasama dengan RS Gandaria & Komunitas Dokter PL...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pemerintah Afghanistan Hadapi Krisis Eksistensial

 Laporan SIGAR menggarisbawahi kekhawatiran pasukan Afghanistan tidak siap untuk melakukan pertahanan yang berarti

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya