Sabtu 19 Juni 2021, 11:06 WIB

UI Kukuhkan Empat Guru Besar FIB

Dwi Tupani | Humaniora
UI Kukuhkan Empat Guru Besar FIB

DOK
Rektor UI Prof Ari Kuncoro memimpin acara pengukuhan guru besar FIB UI yang dilaksanakan secara daring pada Sabtu (19/6).

 

UNIVERSITAS Indonesia (UI) menyelenggarakan Sidang Terbuka Upacara Pengukuhan empat Guru Besar tetap pada Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB), Sabtu (19/6). 

Rektor UI Prof Ari Kuncoro memimpin langsung acara pengukuhan guru besar yang dilaksanakan secara daring pada Sabtu (19/6) pada pukul 09.00 - 10.30 WIB.

Empat guru besar FIB UI yang dikukuhkan adalah Prof. Dr. Irmawati Marwoto, S.S., M.S, Prof. Dr. R. Cecep Eka Permana, S.S., M.Si, Prof. Manneke Budiman, S.S., M.A., Ph.D, dan Prof. Dr. Lilawati Kurnia, S.S., M.A.

Prof. Dr. Irmawati Marwoto, S.S., M.S. dengan pidatonya yang berjudul: Arkeologi Kontemporer: Sebuah Alternatif untuk Pengembangan Arkeologi Indonesia.

Prof. Dr. R. Cecep Eka Permana, S.S., M.Si, dengan pidatonya yang berjudul Gambar Tangan pada Gambar Cadas Indonesia: Rekonstruksi Sejarah Kebudayaan, serta Tantangan Pengembangan dan Pelestariannya.

Baca juga: Prof Komarudin Dikukuhkan Sebagai Guru Besar Tetap UNJ

Prof. Manneke Budiman, S.S., M.A., Ph.D. dengan pidatonya yang berjudul: Dari Kajian Sastra ke Kajian Budaya: Humaniora dalam Perubahan Zaman.

Dalam pidato pengukuhannya, Prof Manneke membahas dekonstruksi teori kritikal Sastra Barat melalui perspektif Sastra Timur Edward Said.

"Studi sastra tidak lagi penafsiran atas teks berubah menjadi penafsiran atas tafsir selain teks," ujar Manneke. 

Prof. Dr. Lilawati Kurnia, S.S., M.A. dengan pidatonya yang berjudul: Transkulturalitas Mendobrak Batas-batas Kaku Budaya.

Dalam pidato pengukuhannya, Prof Lillawati membahas mengenai konsep transkulturalitas yaitu pertemuan budaya di tengah kehidupan modern.

"Dalam konsep transkulturalitas, tukar menukar budaya dapat berlangsung dengan setara, dapat berkembang secara kondusif," ujar Lila. 

Di akhir sidang pengukuhan, Rektor UI Prof Ari Kuncoro memaparkan statistik jumlah Guru Besar Universitas Indonesia berjumlah 323 orang. Jumlah tersebut terdiri atas 235 Guru Besar Tetap, 7 Guru Besar Emiritus, dan 81 Guru Besar NDK. 

Sebelumnya, Dekan FIB UI Adrianus Waworuntu mengucapkan selamat atas dikukuhkannya empat guru besar baru dari FIB UI.

"Alhamdulillah. Setelah paceklik panjang, akhirnya FIB UI dengan bangga menuai 4 Guru Besar baru bidang Ilmu Arkeologi dan Ilmu Susastra. Selamat kepada Prof Dr Lilawati Kurnia , Prof Dr Manneke Budiman, Prof Dr Cecep Eka Permana, dan Prof Dr Irmawati Marwoto. Viva FIB UI," ungkapnya. (A-2)

Baca Juga

MUI

MUI Hadiri Konferensi Internasional Lembaga Fatwa di Mesir

👤Zubaedah Hanum 🕔Rabu 04 Agustus 2021, 10:05 WIB
KETUA Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Miftachul Akhyar menghadiri Konferensi Internasional Lembaga Fatwa yang digelar Dar Al Ifta...
Ant/M Risyal H

BOR Wisma Atlet Terus Alami Penurunan, Keterisian 27,5%

👤Hilda Julaika 🕔Rabu 04 Agustus 2021, 09:55 WIB
KONDISI Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran, sudah mengalami penurunan jumlah pasien covid-19. Saat ini RS menampung pasien sebanyak...
ANTARA/Fachrurrozi

Selama 3 Minggu Terakhir, Kasus Covid-19 di Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi Meningkat

👤Kautsar Bobi 🕔Rabu 04 Agustus 2021, 09:14 WIB
"Dengan masih naiknya kasus selama kurang lebih tiga minggu terakhir maka perlu antisipasi dan kesiapan dari seluruh fasilitas...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kenyang Janji dan Pasrah Menunggu Keajaiban

Sejak peristiwa gempa bumi disertai tsunami dan likuefaksi di Palu, Sigi, dan Donggala, Sulawesi Tengah hingga kini masih banyak warga terdampak bencana tinggal di hunian sementara.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya