Rabu 09 Juni 2021, 23:55 WIB

Ahli Gizi Kemukakan Kunci Hidup Sehat Lansia

Mediaindonesia.com | Humaniora
Ahli Gizi Kemukakan Kunci Hidup Sehat Lansia

tefmedu.com
Ilustrasi

 

Dokter dan Ahli Gizi Masyarakat dari Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara, Tan Shot Yen, mengemukakan kunci hidup sehat bagi kelompok lanjut usia (lansia) adalah asupan nutrisi dan gaya hidup sehat.

"Ini sangat penting, mengingat penuaan dini di Indonesia telah menjadi fenomena yang lumrah, dengan tanda-tanda seperti kelebihan lingkar pinggang, rambut rontok, kulit kering dan gatal serta banyak lainnya," katanya dalam webinar bertajuk “Menjadi Lansia Bahagia dan Sejahtera Di manapun, Kapanpun” yang digelar Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Rabu (9/6).

Tan mengatakan proses penuaan dini maupun penuaan alami dapat menghambat produktivitas dan aktivitas seseorang. Misalnya, banyak lansia yang sudah tidak mampu memasak dan memilih memesan makanan melalui layanan pesan antar.

"Dalam hal ini, tidak ada yang salah. Persoalan akan muncul ketika kandungan, higienitas makanan, dan kebutuhan tubuh jadi tidak terkontrol," ujarnya.

Tan menyarankan untuk kelompok lansia, mengonsumsi makanan yang dibuat menggunakan bahan-bahan alami. "Lebih baik lagi mengonsumsi makanan yang mendekati bentuk aslinya, bukan hasil olahan secara seimbang," katanya.

Sementara menurut dia, makanan yang diproses dan ditambahkan food addivities, seperti gula, garam, lemak, perisa, penguat rasa, dan lain sebagainya agar dihindari.

Cara paling sederhana menilai makanan sehat menurut Tan, selain mendekati bentuk aslinya adalah yang tidak dipromosikan.

Untuk itu dibutuhkan peran anggota keluarga dan remaja untuk bisa mengedukasi lansia dalam memilih makanan. (Ant/OL-12)

Baca Juga

mediaindonesia.com

Kebijakan Royalti Harus Berpihak pada Musisi

👤Gana Buana 🕔Selasa 22 Juni 2021, 21:09 WIB
Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 56 Tahun 2021 terkait Pengelolaan Royalti Hak Cipta Lagu dan/atau Musik berpihak kepada musisi...
DOK ENESIS

Yuk Vaksin! Enesis Group Gelar Sentra Vaksinasi untuk Warga DKI Jakarta

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 22 Juni 2021, 20:42 WIB
Vaksinasi dilengkapi dengan Amunizer dan penerapan protokol kesehatan menjadi solusi paling optimal untuk melindungi masyarakat dari...
Antara

Kematian Covid-19 pada Anak Tinggi, FSGI: PTM Wajib Ditunda

👤Faustinus Nua 🕔Selasa 22 Juni 2021, 20:07 WIB
Penghentian uji coba PTM harus segera dilakukan, agar jumlah anak yang berisiko terinfeksi covid-19 dapat ditekan. Tenaga pendidik pun juga...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Jakarta sedang tidak Baik-Baik Saja

SEPEKAN ini warga Ibu Kota mengalami kecemasan akibat meningkatnya kembali kasus positif covid-19 secara signifikan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya