Kamis 03 Juni 2021, 10:04 WIB

Baznas Terima Donasi Indonesia untuk Beasiswa Pelajar Palestina

mediaindonesia.com | Humaniora
Baznas Terima Donasi Indonesia untuk Beasiswa Pelajar Palestina

DOK BAZNAS

 

USTAZ Adi Hidayat (UAH) menyalurkan donasi dari rakyat Indonesia sebesar Rp6.307.205.389,54 yang dikhususkan untuk beasiswa pelajar Palestina melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). Dana tersebut diperoleh dari masyarakat Indonesia yang disalurkan melalui Yayasan Ma’had Islam Rafi’ah Akhyar (MIRA) dan nantinya diserahkan kepada Lembaga Amil Zakat, Infak, Sedekah Muhammadiyah (LazisMu) sebagai mitra pengelola program.

Donasi diserahkan secara simbolis oleh Ustaz Adi Hidayat kepada Ketua BAZNAS RI, Prof Dr KH Noor Achmad, MA dengan disaksikan oleh para Pimpinan BAZNAS dan LazisMu pada Rabu (2/6), di Kantor BAZNAS, Jakarta. Acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara penyaluran.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Ustaz Adi Hidayat karena telah memercayakan penyaluran donasi untuk beasiswa pelajar Palestina kepada BAZNAS. Hal ini tentu membantu penguatan BAZNAS sebagai amil zakat pemerintah dalam hal membantu program pendidikan untuk masyarakat Palestina," ujar Prof Noor saat menyampaikan sambutannya. 

Baca Juga: Ridwan Kamil Lelang Lukisan untuk Bantu Palestina

Acara yang dipandu langsung oleh Direktur Utama BAZNAS M. Arifin Purwakananta juga dihadiri dan disaksikan Wakil Ketua BAZNAS RI, Mo Mahdum, Pimpinan BAZNAS RI, Dr. Zainulbahar Noor, SE, MEc, Ir M Nadratuzzaman Hosen, MS, M.Sc, Rizaludin Kurniawan, M.Si, Saidah Sakwan, MA, dan Kolonel (Purn) Drs. Nur Chamdani.

Sementara dari LazisMu, hadir Direktur LazisMu, Edi Surya, Wakil Ketua Badan Pengurus LazisMu, Muarawati Nurmalinda. Direktur LazisMu turut menandatangani berita acara sebagai saksi.

Prof Noor Achmad mengatakan, dana ini ditujukan untuk beasiswa pelajar Palestina yang dididik di Indonesia yang bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah. "Manfaatnya tentu akan sangat dahsyat bagi para pelajar. Ke depan diharapkan tidak hanya di swasta tetapi juga di universitas-universitas negeri." 

Baca Juga: BAZNAS Galang Donasi Kemanusiaan untuk Palestina

Dengan adanya beasiswa tersebut, menurut Prof Noor, hubungan dan pengaruh Indonesia terhadap Palestina akan semakin kuat. "BAZNAS juga baru-baru ini mengadakan acara untuk menggalang donasi guna meringankan beban saudara-saudara kita di Palestina." 

"Insya Allah ke depan, BAZNAS dan Ustaz Adi Hidayat dapat bersama-sama membantu untuk pengembangan umat ke depan agar semakin kuat. Semoga kerja sama dapat terus berlanjut," ujar Prof Noor. 

Pihaknya juga memastikan bahwa BAZNAS akan mengedepankan aman syar'i, aman regulasi, dan aman NKRI sehingga dapat terus mendapat kepercayaan dari umat. 

Sementara itu, Ustaz Adi Hidayat mengucap syukur karena Allah SWT telah menganugerahkan di Negara Republik Indonesia ini sebuah lembaga (BAZNAS) yang ditujukan untuk mengakomodasi aspirasi khususnya umat Islam dalam rangka beribadah kepada Allah SWT melalui hartanya. 

"Penyerahan donasi ini bukan atas nama pribadi, tapi atas nama rakyat Indonesia. Dana Rp6,3 M ini dialokasikan untuk membangun sumber daya masyarakat Palestina yang lebih kuat. Kami ingin donasi ini dijadikan support untuk para pelajar Palestina," jelasnya. 

Ustaz Adi Hidayat menjelaskan dana yang diperoleh dari masyarakat Indonesia, disampaikan ke BAZNAS dan selanjutnya diteruskan ke LazisMU, sebagai mitra pengelola program. Dana tersebut diperuntukkan bagi mahasiswa Palestina yang akan belajar ke beberapa Perguruan Tinggi Muhammadiyah. 

Ia menjelaskan, para pelajar dari Palestina bisa belajar di Indonesia. Ditampung di kampus-kampus Indonesia, dan kembali lagi nanti ke Palestina dengan membawa nilai-nilai kebaikan serta ilmu pelajaran mereka yang didapatkan. 

"Kami juga sudah melakukan kordinasi dengan kementerian terkait, dan juga dengan Pimpinan Muhamadiyah," tambahnya. 

Ustaz Adi Hidayat mengaku perlu datang dan menyerahkan kepada BAZNAS sebagai lembaga pemerintah dan membangun sinergisitas dalam kegiatan amal kemanusiaan bersama sejumlah ormas Islam. 

"Untuk mewujudkan perdamaian abadi serta mengamalkan pembukaan UUD 45 yang menyatakan kemerdekaan adalah hak semua bangsa, sehingga dukungan kepada bangsa Palestina merupakan pengamalan dari pembukaan UUD 45," tuturnya. 

Lebih lanjut Ustaz Adi Hidayat berharap silaturahim dengan BAZNAS tidak hanya sampai di sini. "Ke depan, kami siap bersinergi apapun yang dibutuhkan BAZNAS, saya ingin nuansanya lebih luas dan negaranya terbawa." 

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada BAZNAS. Mudah-mudahan Allah merahmati dan memudahkan langkah BAZNAS untuk menjalankan visi-misinya serta mengharumkan Negara Republik Indonesia," ujar Ustaz Adi Hidayat. (RO/OL-10)

Baca Juga

MI/Palce Amalo

Sedang Isoman? Jangan Lupa Rutin Evaluasi Kondisi

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 02 Agustus 2021, 06:59 WIB
Evaluasi yang perlu Anda lakukan adalah mengecek suhu dengan termometer, saturasi oksigen dengan oximeter, perubahan gejala yang terjadi,...
BPMI/ Lukas

Gelar Zikir Virtual, Jokowi Ajak Seluruh Elemen Bangsa Ikhtiar Lawan Pandemi

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 23:43 WIB
Menurut Jokowi, doa merupakan kekuatan yang dahsyat untuk membangkitkan harapan dan...
Dok NasDem

NasDem Minta Warga Datang Sesuai Jadwal untuk Vaksinasi Kedua

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 23:20 WIB
Pemberian vaksin dosis pertama dimulai 5 Juli- 1 Agustus 2021. Sementara untuk dosis keduanya dimulai 2 hingga 29 Agustus...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pembangunan Berkelanjutan demi Keselamatan Bersama

 Sektor keuangan memiliki peran besar dalam mengarahkan perubahan menuju penerapan green economy

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya