Selasa 18 Mei 2021, 18:57 WIB

Polres OKI Gunakan Pemeriksaan Covid-19 Dengan GeNose-19

Dwi Apriani | Humaniora
Polres OKI Gunakan Pemeriksaan Covid-19 Dengan GeNose-19

ANTARA
GeNose-19

 

PENGOPERASIAN posko penyekatan di Sumatera Selatan diperpanjang hingga 31 Mei 2021. Hal ini sebagai upaya penghalau pemudik demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Sumsel.

Karena penyekatan masih berjalan, Kepolisian Resor Ogan Komering Ilir pun mendapatkan bantuan alat GeNose-19 dari RS Bhayangkara Palembang, sebagai langkah untuk memaksimalkan pendeteksian Covid-19 dan implementasi program prioritas Kapolri dalam penanganan Covid-19. Alat GeNose tersebut disiagakan di Pos Penyekatan exit tol Kayuagung-Palembang yang digunakan sebagai pemeriksaan bagi pengendara yang melintas.

Kapolres OKI, AKB Alamsyah Pelupessy, menjelaskan sebanyak 200 lebih pengendara telah dilakukan tes GeNose di lokasi. Sebagaian besar tes yang dilakukan hasilnya negatif. "Untuk yang positif dilakukan tes berikutnya dengan menggunakan rapid tes antigen namun dari hasil pemeriksaan hari ini semuanya negatif," ujar dia, Selasa (18/5).

Ia menyebutkan, pengendara yang telah melalui tes akan mendapatkan surat keterangan, surat tersebut menjadi syarat dan bisa ditunjukkan ke petugas di pos penyekatan berikutnya. "Contohnya untuk tujuan Kota Palembang bisa ditunjukkan di pos yang ada di Keramasan ataupun Kertapati," katanya.

Ia menjelaskan, hasil tes GeNose berlaku selama 1 x 24 jam. Tidak hanya memberlakukan tes deteksi dini Covid-19, Alamsyah juga memberikan penekanan bagi para pengendara yang hendak mudik untuk tetap memenuhi persyaratan-persyaratan yang telah ditentukan.

"Demi memutus penyebaran Covid-19 sebaiknya kita jangan melakukan mudik dan andaikan harus terpaksa melakukan mudik dengan berbagai alasan. Maka harus melengkapi persyaratan sesuai yang ditentukan. Kita di pos ini siap untuk melakukan pemeriksaan secara intensif dan ketat baik dari masalah kesehatan maupun kendaraan bermotor," pungkasnya. (OL-15)

 

Baca Juga

Dok. McDonald’s Indonesia

Tingkatkan Literasi, McDonald’s Indonesia Berikan Beasiswa Pelatihan untuk 1.200 Guru SD

👤Indrastuti 🕔Minggu 26 Juni 2022, 09:15 WIB
Pelatihan akan diselenggarakan pada 27 Juni-1 Juli 2022 secara online, dengan dua tema yaitu kelas Pedagogik Sains dan kelas Asesmen...
ANTARA/AMPELSA

Pendidikan dalam Keluarga Faktor Utama Pencegahan Anak pada Narkotika

👤 M. Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 26 Juni 2022, 08:50 WIB
Fungsi pendidikan dalam keluarga tidak bisa berjalan dengan baik jika komunikasi antara anak dan orang tua macet atau...
ANTARA/NOVRIAN ARBI

KKHI Laporkan Enam Calhaj Meninggal di Daker Mekkah

👤Humaniora 🕔Minggu 26 Juni 2022, 08:10 WIB
Sebagian besar calon haji yang meninggal diakibatkan penyakit...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya