Senin 19 April 2021, 12:50 WIB

Sandiaga Dorong Industri Otomotif Gairahkan Minat Pariwisata

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Sandiaga Dorong Industri Otomotif Gairahkan Minat Pariwisata

ANTARA/Asep Fathulrahman
enteri Pariwisata dan EKonomi Kreatif Sandiaga Uno (tengah)

 

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menuturkan wisata otomotif dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan potensi wisata serta ekonomi kreatif yang ada di berbagai daerah, termasuk di lima destinasi super prioritas di Tanah Air.

Wisata otomotif diartikan sebagai kegiatan wisata yang berkaitan erat dengan penggunaan kendaraan bermotor. Seperti touring, penjelajahan menggunakan mobil off road, dan lain sebagainya. Hal itu disampaikan Sandiaga saat berada di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2021, Minggu (18/4).

"Dengan adanya wisata otomotif, saat kita melakukan touring, paling tidak kita akan berhenti dan menginap di beberapa spot. Jadi ini yang kita rasa juga mampu untuk mendorong perekonomian di daerah," ungkap Sandiaga dalam keterangan resmi.

Baca juga: Pulau Baru Muncul di NTT Pasca-Badai Seroja, LIPI: Perlu Diteliti

Sandiaga mengatakan wisata otomotif kini menjadi pilihan wisatawan pascapandemi covid-19. Terlebih, katanya, ada sekitar 77% masyarakat Indonesia yang memilih bepergian menggunakan kendaraan pribadi.

"Ini merupakan angka yang sangat besar, berarti industri otomotif akan terus meningkat dan beradaptasi. Jadi sudah selayaknya pariwisata, ekonomi kreatif, dan otomotif ini bersinergi. Lakukan adaptasi terutama dalam penerapan protokol kesehatan," tutur Politisi Gerindra tersebut.

Sandiaga menilai, dengan adanya penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin, lalu angka penyebaran covid-19 akan lebih terkendali, diharapkan menjadi kunci dalam upaya membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Sebelumnya juga, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita berpendapat industri otomotif mampu mendorong percepatan perekonomian.

Dia membeberkan kinerja produksi kendaraan bermotor roda empat pada periode Januari-Februari 2021 tercatat sebesar 152 ribu unit, dengan penjualan (wholesales) sebesar 102 ribu unit.

"Kami optimistis industri otomotif ini dapat memacu untuk upaya pemulihan ekonomi nasion. Lebih dari 1,5 juta orang juga bekerja di sepanjang rantai nilai industri tersebut,” imbuh Menperin dalam keterangannya, Kamis (15/4). (OL-1)

Baca Juga

DOK.MI

Sudirman Said Pimpin Forum Solidaritas Kemanusiaan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 Juli 2021, 23:55 WIB
Forum itu dibentuk untuk memberikan rekomendasi kepada pemerintah terkait penanganan pandemi...
Antara

Kelompok Milenial Ajak Patuh dan Tenang Selama PPKM Level 4

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 Juli 2021, 23:24 WIB
Masyarakat diajak tenang dan patuh selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 yang resmi diperpanjang hingga 2...
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/pras.

Masa Pandemi, Ketahui Syarat jadi Penumpang KAI Mulai 26 Juli 2021

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 Juli 2021, 23:20 WIB
Khusus perjalanan KA Jarak Jauh di Pulau Jawa, pelanggan juga diharuskan menunjukkan kartu vaksin minimal vaksinasi Covid-19 dosis...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Dunia Usaha Jangan Menyerah

BADAI covid-19 kembali menerpa Indonesia. Sapuan gelombang kedua itu otomatis membuat berbagai rencana yang telah disusun harus dihitung ulang.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya