Senin 19 April 2021, 07:05 WIB

Jelang Idul Fitri, Pemerintah Gencarkan Vaksinasi Lansia

Atalya Puspa | Humaniora
Jelang Idul Fitri, Pemerintah Gencarkan Vaksinasi Lansia

Antara/ Irwansyah Putra
Ilustrasi lansia

 

MENTERI Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menegaskan bahwa menjelang Hari Raya Idul Fitri kelompok lanjut usia menjadi target utama sasaran vaksinasi covid-19. Pasalnya, Budi menyatakan lansia menjadi kelompok yang rentan dan memiliki risiko besar mengalami kematian saat terserang covid-19.

"Saat ini rata-rata case fatality rate nasional yakni sebesar 2,82%. Sementara, dari rata-rata nasional orang tua itu 4 kali lebih berisiko mengalami kematian," kata Menkes, Minggu (18/4).

Padahal, katanya, dari 1,5 juta orang yang terjangkit covid-19 di Indonesia, kelompok lansia hanya mencapai 12%. Namun demikian, 50% lansia yang terserang covid-19 mengalami kematian.

"1 dari 3 orang tua di atas 60 tahun yang masuk rumah sakit itu akhirnya meninggal. Karenanya menjadi penting untuk memprioritaskan lansia dalam program vaksinasi," bebernya.

Untuk itu, ia mengimbau kepada pemerintah daerah, khususnya pemda yang banyak menjadi tujuan mudik untuk menggencarkan terus program vaksinasi untuk lansia.

"Penting diingat pada saat Ramadan ini keinginan orang-orang untuk bertemu orang tuanya sangat tinggi. Maka dengan demikian priroritas vaksin akan diberikan pada lansia. Sehingga setidaknya kita bisa melindungi mereka kalau mereka dikunjungi oleh keluarganya," tutur Budi.

Sebagai informasi, berdasarkan data yang diakses pada laman vaksin.kemkes.go.id, pemerintah menarget sebanyak 21.533.118 lansia mendapatkan suntikan vaksin. Adapun, hinga Sabtu (18/4), baru sebanyak 2.192.976 lansia yang mendapatkan vaksin suntikan pertama dan 928.064 lansia yang mendapatkan suntikan kedua. (H-2)

Baca Juga

Freepik

Ini Pentingnya Mempertahankan Komposisi Air di Dalam Tubuh

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 26 September 2023, 10:00 WIB
"Sebanyak 50%-80% tubuh manusia adalah air, sehingga sangat penting untuk mengonsumsi air yang cukup setiap harinya untuk...
AFP

Waspada Virus Nipah, Kemenkes Terbitkan Surat Edaran

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Selasa 26 September 2023, 09:20 WIB
Kementerian Kesehatan mengeluarkan Surat Edaran kewaspadaan terhadap penyakit virus...
MI/RAMDANI

Kemenkes Imbau Pemangku Kepentingan Waspadai Virus Nipah

👤Budi Ernanto 🕔Selasa 26 September 2023, 09:08 WIB
Pemerintah tetap mengimbau pemangku kepentingan selalu waspada terhadap kasus Nipah karena wabah tersebut berada di negara yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

MI TV

  • Presiden PKS Buka-Bukaan Soal Pasangan Amin

    Berikut petikan wawancara khusus wartawan Media Indonesia Ahmad Punto, Henri Salomo, Akhmad Mustain, dan Rifaldi Putra Irianto di kantor DPP PKS, Jakarta, Kamis (21/9/2023).

Selengkapnya

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya