Jumat 09 April 2021, 16:00 WIB

Menristek Ajak Alumni AS Jadi Agen Perubahan Indonesia

Faustinus Nua | Humaniora
Menristek Ajak Alumni AS Jadi Agen Perubahan Indonesia

ANTARA/Aprillio Akbar
Menristek/Kepala BRIN Bambang Brodjonegoro dalam rapat kerja dengan Komisi VII DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (30/3)

 

Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro mengajak Alumni Amerika Serikat (Alumnas) untuk menjadi agen perubahan di Tanah Air lewat inovasi dan kewirausahaan. Bekal yang didapat para alumni itu bisa dimaksimalkan untuk mendukung visi Indonesia Emas 2045.

"Alumnas harus bisa memahami visi Indonesia Emas 2045. Saya mengajak Alumnas untuk menjadi agen perubahan yang akan membawa Indonesia menjadi advanced economy. Kata kuncinya adalah inovasi dan entrepreneurship yang harus kita pelajari dari Amerika dan kita adopsi di Indonesia sebagai upaya untuk menjadi negara maju," ujarnya dalam acara pelantikan pengurus Alumnas, Jumat (9/4).

Baca juga: Peneliti LIPI Sebut Mutasi Virus Berpotensi Kurangi Efikasi Vaksin

Menristek yang didaulat sebagau Wakil Ketua Dewan Penasehat Internasional Alumnas, menyampaikan bahwa Indonesia harus mempunyai mimpi besar sebagaimana Amerika yang memiliki American Dream. "American Dream merupakan suatu sikap yang membawa Amerika menjadi negara adidaya seperti sekarang ini. Kita harus mulai membangun Indonesian Dream," tambahnya.

Bambang melanjutkan, dengan berbagai ilmu yang dimiliki oleh para anggota Alumnas diharapkan mampu menjadikan kekayaan sumber daya alam Indonesia memiliki nilai tambah yang jauh lebih besar. Semangat inovasi harus terus ditanamkan sebagai upaya dalam memajukan perekonomian di Indonesia.

Menurutnya, kesempatan terbesar sebagai Alumnas adalah dengan berbagai bidang ilmu yang dimiliki. Dengan kemampuan itu, Alumnas berkewajiban mengangkat sumber daya alam Indonesia menjadi sesuatu yang much more valuable dan value-added semaksimal mungkin. Sehingga menjadi produk yang memiliki daya saing bagi Indonesia.

"Harus ada kebaruan dan inovasi yang dilahirkan agar memiliki ekonomi yang kuat. Kita harus dorong agar semangat inovasi dan entrepreneur bisa menjadi backbone dari ekonomi maju Indonesia, advance economy of Indonesia," tuturnya.

Adapun, Alumnas disahkan sebagai perkumpulan alumni oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia pada bulan Januari 2021 lalu. Awalnya Alumnas didirikan pertama kali pada tahun 1981 sebagai wadah bagi para lulusan perguruan tinggi Amerika Serikat.(H-3)

Baca Juga

MI/Palce Amalo

Balai POM NTT Uji Sampel Takjil

👤PO/H-2 🕔Jumat 23 April 2021, 05:30 WIB
BALAI Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), melakukan uji terhadap puluhan sampel takjil untuk berbuka puasa,...
Dok. Ist

Bayar Zakat secara Digital Tetap Sah

👤Ant/H-2 🕔Jumat 23 April 2021, 05:25 WIB
ZAKAT adalah kewajiban untuk semua umat muslim yang punya kemampuan, berasal dari harta yang halal dan memiliki ukuran tertentu serta waktu...
MI/Seno

Mengenal Alam Mitsal

👤Nasaruddin Umar Imam Besar Masjid Istiqlal 🕔Jumat 23 April 2021, 05:20 WIB
Kekuatan apa yang dimiliki Nabi sehingga bisa mendengarkan dan memahami sesuatu yang menurut orang lain itu wilayah alam gaib? Apakah hanya...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Perburuan Gelar belum Usai

 Ancaman diskualifikasi dihindari karena tim yang tersisa urung ikut Liga Super Eropa

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya