Selasa 06 April 2021, 13:20 WIB

Bantu Masyarakat Indonesia Bijak Memilih Makanan Siap Saji

Mediaindonesia.com | Humaniora
 Bantu Masyarakat Indonesia Bijak Memilih Makanan Siap Saji

Dok.FFI
Webinar bertajuk ‘Konsumsi Berkesadaran untuk Pilihan Asupan yang Lebih Sehat dan Lebih Baik, Investasi Kesehatan untuk Masa Depan’.

 

KESEHATAN memang menjadi sesuatu yang sangat penting bagi saat ini. Apalagi ketika pandemi covid-19 belum juga beranjak dari Tanah Air. Kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan pun saat ini meningkat. Mereka mulai rajin berolahraga ataupun mengonsumsi berbagai suplemen kesehatan. Mereka meyakini hanya dengan tubuh yang sehat, kemungkinan tertular virus korona relatif kecil.

Berangkat dari situ Frisian Flag Indonesia (FFI) menyatakan komitmennya dalam membantu membangun masyarakat yang sehat, sejahtera, dan selaras. Komitmen itu diwujudkan melalui sejumlah inisiatif, di antaranya rangkaian produk susu cair siap minum yang lebih sehat. Selain menghadirkan rangkaian produk yang lebih sehat, FFI juga konsisten mengedukasi masyarakat untuk lebih bijak dalam memilih dan mengonsumsi beragam asupan, khususnya asupan siap saji.

Baca juga: Program Orang Tua Angkat UMK Pangan Olahan Diluncurkan

Dalam rangakt menyambut Hari Kesehatan Sedunia yang diperingati setiap 7 April, Frisian Flag Indonesia menggelar webinar bertajuk ‘Konsumsi Berkesadaran untuk Pilihan Asupan yang Lebih Sehat dan Lebih Baik, Investasi Kesehatan untuk Masa Depan’ dengan menghadirkan narasumber Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM, Dra. Rita Endang., Apt., M.Kes;  Nutrisionis, Seala Septiani, S. Gz, M. Gizi, dan Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia, Andrew F Saputro.

Mindful Consumption atau konsumsi berkesadaran adalah sebuah konsep dalam pikiran yang mendasari perilaku seseorang dalam mengonsumsi atau membeli suatu produk. Penerapan konsumsi berkesadaran membuat seseorang mempertimbangkan dengan matang keputusan, dengan memikirkan hal-hal penting - seperti manfaat mengonsumsi suatu jenis asupan bagi kesehatan tubuh, bagaimana produk tersebut diproduksi, serta dampak dari pengonsumsian produk asupan, baik untuk diri pribadi maupun lingkungan.

Mendorong masyarakat untuk menjalani konsumsi berkesadaran, serta memilih produk yang aman dan sesuai kebutuhan, BPOM menghadirkan kebijakan pencantuman logo ‘Pilihan Lebih Sehat’ pada produk siap konsumsi.  “Sesuai UU No. 18 tahun 2012 tentang pangan, negara berkewajiban untuk mewujudkan ketersediaan, keterjangkauan, pemenuhan konsumsi pangan yang cukup, aman, bermutu dan bergizi seimbang yang sejalan dengan badan kesehatan dunia. WHO menetapkan itu dengan tujuan untuk mengurangi risiko penyakit tidak menular,"  papar Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM, Dra. Rita Endang., Apt., M.Kes.

"BPOM mengakomodir penggunaan logo 'Pilihan Lebih Sehat' pada bagian utama label yang bertujuan untuk memudahkan konsumen dalam memilih pangan yang lebih sehat. Selain itu, BPOM juga mengeluarkan anjuran kepada masyarakat untuk membaca label, dengan cek KLIK: Kemasan, Label, Izin Edar dan Kedaluwarsa dari produk siap konsumsi. Dengan melihat informasi nilai gizi pada label, masyarakat dapat melihat dan menentukan produk tersebut terhadap pemenuhan gizi mereka.”

"Pada produk siap minum, salah satu syarat untuk mendapatkan logo ini adalah kandungan gula maksimum adalah 6 gram per 100ml. Dengan penggunaan logo ini diharapkan masyarakat dapat memilih pangan yang lebih sehat. Label ini juga sekaligus mengedukasi dan memberi informasi yang jelas kepada konsumen,” tambah Dra. Rita.

Selaras dengan semangat dan inisiatif BPOM tersebut, Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia, Andrew F. Saputro mengatakan sebagai perusahaan, pihaknya siap berkontribusi dalam peningkatan status gizi masyarakat Indonesia melalui hadirnya rangkaian produk bergizi, berkualitas, dan terjangkau. "Sejalan dengan anjuran dari BPOM terkait ‘Pilihan Lebih Sehat’, FFI telah menerapkan logo ini pada rangkaian susu cair siap minum kami. Bahkan, untuk varian Full Cream, penerapan tanpa gula tambahan juga telah diberlakukan. Tak hanya hadir dengan produk dengan logo “Pilihan Lebih Sehat”, FFI juga berkomitmen untuk menghadirkan produk dan kemasan yang lebih ramah lingkungan."

"Kami juga menawarkan berbagai pilihan varian, ukuran kemasan, dan rasa yang nikmat agar masyarakat dapat menikmati asupan bergizi sesuai selera,” tambah.

Dukungan terhadap inisiatif ‘Pilihan Lebih Sehat’ dari BPOM juga disampaikan Nutrisionis, Seala Septiani, S. Gz, M. Gizi.  “Ketika memutuskan asupan untuk dikonsumsi setiap hari, penting bagi masyarakat untuk lebih mindful dan bijak dalam mengambil keputusan. Bukan sekedar memenuhi keinginan, hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah apakah tubuh kita membutuhkan asupan tersebut."

Ditambahkan Seala, sebagai salah satu sumber protein hewani berkualitas, mudah dicerna, serta praktis untuk dikonsumsi, susu menjadi salah satu pilihan asupan bermanfaat untuk membantu pemenuhan kebutuhan gizi harian. "Susu kaya akan berbagai zat gizi - baik makro (protein, karbohidrat, lemak) maupun mikro (vitamin dan mineral), yang dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan di setiap fase kehidupan. Seperti membantu menjaga kesehatan tulang, menunjang pertumbuhan, sampai mendukung daya tahan tubuh."

“Inisiatif BPOM yang juga telah ditindaklanjuti oleh Frisian Flag Indonesia diharapkan dapat menjadi solusi yang memudahkan masyarakat, untuk mulai menerapkan konsumsi berkesadaran. Sejalan dengan visi perusahaan Nourishing by Nature serta untuk membangun masyarakat yang Sehat, Sejahtera dan Selaras, kami mengajak masyarakat untuk lebih bijak dan berkesadaran dalam mengonsumsi produk atau asupan sebagai investasi kesehatan, dimulai dari memperhatikan logo dan informasi pada kemasan. Karena, dengan penerapan konsumsi berkesadaran, ke depan, kami berharap bukan hanya akan terbangun generasi Indonesia yang lebih sehat dan kuat, tapi juga untuk membangun masa depan yang berkelanjutan,” ujar Andrew. (RO/A-1)

Baca Juga

Dok. Zenius

Kemendikbud Optimistis Skor PISA 2022 Naik

👤Syarief Oebaidillah 🕔Rabu 21 April 2021, 23:24 WIB
Ia menyebutkan, masalah dasar yang mempengaruhi rendahnya hasil pendidikan di antaranya kualitas guru, infrastruktur dan tingkat...
Antara/HO

KH.Muflich: Puasa Bentengi Diri dari Hasutan dan Adu Domba

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 21 April 2021, 22:59 WIB
KH.Muflich Chalif Ibrahim mengatakan puasa membentengi diri dari hasutan dan adu domba karena tujuan berpuasa adalah ketaqwaan kepada Allah...
Dok. Pribadi

Carbon Trading Bisa Dukung Pengurangan Emisi di Indonesia

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Rabu 21 April 2021, 22:12 WIB
“Dua sektor utama yang berpotensi untuk pasar karbon di Indonesia di antaranya sektor lahan dengan subsektor gambut dan mangrove....

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Jejak Herbal Cagar Biosfer

Lingkungan alam di Malang menunjang pembudidayaan tanaman obat. Ada sejarah panjang yang melingkupinya

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya