Minggu 14 Maret 2021, 13:30 WIB

Jelang SBMPTN Marak Calo, Ini Respons LTMPT

Faustinus Nua | Humaniora
Jelang SBMPTN Marak Calo, Ini Respons LTMPT

ANTARA/ Makna Zaezar
PELAKSANAAN UTBK: Sejumlah peserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di kampus Universitas Palangkaraya, Kalteng tahun lalu.

 

LEMBAGA Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dan pihak Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menegaskan tidak bekerja sama dengan perorangan, kelompok atau instansi manapun dalam penerimaan mahasiswa baru. Pernyataan ini disampaikan merespons banyaknya informasi yang beredar tentang jasa percaloan dalam penerimaan mahasiswa baru di PTN pada 2021 ini.

Para calo tersebut berasal dari perorangan atau kelompok orang atau institusi yang menjanjikan dapat membantu/menjamin siswa diterima pada program studi di PTN favorit. Ketua Tim Pelaksana LTMPT, Mohammad Nasih menegaskan, bahwa LTMPT merupakan lembaga penyelenggara tes masuk PTN bagi calon mahasiswa baru akan menindak tegas jika ada praktik tak terpuji itu.

Tujuannya, kata Nasih, agar PTN memperoleh calon yang unggul dan berkualitas. Untuk itu, LTMPT dan PTN tidak bekerja sama dengan perorangan, kelompok atau instansi lain dalam penerimaan mahasiswa baru tersebut.
"Bila ada pihak yang menjanjikan dapat membantu diterima di PTN adalah tidak benar dan mohon waspada terhadap penipuan," kata Nasih dalam Surat Edarannya, Sabtu, 13 Maret 2021.

Selain itu, Nasih juga menegaskan, bahwa besaran biaya kuliah di PTN sudah diatur dalam Permendikbud yang terkait dengan Uang Kuliah Tunggal (UKT) masing-masing PTN. "LTMPT dan PTN tidak memungut biaya tambahan di luar ketentuan biaya pendaftaran dan/atau biaya Pendidikan di PTN sesuai dengan UKT," ujar rektor Universitas Airlangga (Unair) ini.

Sebelumnya, LTMPT juga mengeluarkan surat edaran untuk memberikan kesempatan perpanjangan waktu kepada siswa untuk melakukan registrasi dan permanen Akun LTMPT hingga 13 Maret 2021 Pukul 15.00 WIB.  Keputusan ini tertuang dalam Surat Edaran TIm Pelaksana LTMPT Nomor: 10/SE.LTMPT/2021 Tentang Perpanjangan Waktu Registrasi dan Permanen Akun LTMPT.
 
Waktu registrasi akun LTMPT untuk Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sebenarnya sudah ditutup sejak Jumat, 12 Maret pukul 15.00 WIB. "Namun dari hasil evaluasi masih ada beberapa siswa yang terkendala dalam proses registrasi," kata Ketua Tim Pelaksana LTMPT, Mohammad Nasih, Sabtu, 13 Maret 2021.

Adapun mulai, besok (Senin; 15/3) pukul 15.00 WIB LTMPT secara resmi membuka pendaftaran UTBK-SBMPTN 2021 hingga 1 April. "Bagi siswa lulusan tahun 2019, 2020, dan 2021 yang telah melakukan registrasi akun dan simpan permanen segera daftarkan diri pada UTBK-SBMPTN 2021 mulai tanggal 15 Maret 2021, pukul 15.00 WIB," tulis LTMPT di akun Instagram resminya, Minggu (14/3).

Panitia LTMPT menerangkan bahwa untuk data daftar pusat UTBK, daftar PTN dan Poltek, serta jadwal kegiatan selengkapnya dapat diunduh pada laman ltmpt.ac.id. Para peserta diminta mempersiapkan diri dan dianjurkan untuk menggunakan perangkat laptop atau komputer guna menghindari kesalahan dalam pengisian data saat pendaftaran.(H-1)

Baca Juga

MI/Dok Kemenkominfo

Sebanyak 1,4 Juta Vaksin Covid-19 AstraZeneca Tiba di Tanah Air

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 19 Januari 2022, 10:42 WIB
Vaksin dalam tahap kedatangan ke-198 dan 199 ini merupakan donasi dari Pemerintah Belanda dan...
Ist

Atasi Sampah Plastik di Tanah Air dengan Mesin Penukaran Botol Plastik

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 19 Januari 2022, 10:09 WIB
Inisiatif terbaru ini merupakan cara baru bagi konsumen untuk ikut ambil bagian dalam menyelamatkan bumi dari sampah...
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah

Pangkas Jabatan di Kemensos, Risma Fokus Bantu Kelompok Rentan

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Rabu 19 Januari 2022, 10:08 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini memastikan Kementerian Sosial akan lebih memberikan perhatian kepada masyarakat yang mengalami masalah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya