Jumat 12 Maret 2021, 22:28 WIB

Jadikan Masjid Pusat Kegiatan dan Pengembangan Masyarakat

Syarief Oebaidillah | Humaniora
Jadikan Masjid Pusat Kegiatan dan Pengembangan Masyarakat

DOK Baznas
Masjid Al-Askar di Desa Doda, Kecamatan Kinavaro, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah,

 

MEMBANGUN masjid merupakan perintah agama. Membangun masjid tidak hanya sekedar membangun fisik bangunannya saja tapi juga pembangunan untuk menghidupkan dan memakmurkan jamaah dan umat di sekitarnya.

Hal itu diungkapkan Pimpinan BADAN Amil Zakat Nasional (Baznas) Saidah Sakwan, MA saat meresmikan Masjid Al-Askar di Desa Doda, Kecamatan Kinavaro, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Jumat (12/3). Masjid Al-Askar adalah salah satu masjid yang rusak parah dilanda gempa bumi dan likuefaksi dua tahun lalu.

"Memakmurkan masjid mempunyai pengaruh positif bagi pembinaan masyarakat dalam rangka meningkatkan kualitas hidup berbangsa dan bernegara, Yang tak kalah penting adalah menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan dan pengembangan masyarakat,” ujarnya.

Pembangunan Masjid Al-Askar ini merupakan kerja sama Baznas dengan PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo). Program pembangunan Masjid Al-Aksar ini merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman Baznas dan PT Askrindo. Dalam kerja sama itu PT Askrindo menyalurkan dana senilai Rp1.594.150.000,- untuk pembangunan masjid.

Saidah Sakwan mengatakan pembangunan masjid ini salah satu wujud nyata dari Baznas dan PT Askrindo untuk memberikan sarana ibadah yang layak dan nyaman bagi masyarakat di Palu, Sulawesi Tengah, pascabencana. "Semoga dengan selesai dibangun dan diresmikannya Masjid Al Askar ini, sarana dan prasarananya menjadi lebih optimal sebagai tempat ibadah. Umat jadi lebih khusyuk melaksanakan shalat berjamaah dan syiar keagamaan semakin menggema di negeri ini,” tutur Saidah.

Hal senada dikemukakan Direktur Kepatuhan dan SDM PT Askrindo Kun Wahyu Wardhana. Ia mengatakan program pembangunan masjid ini merupakan bagian dari Program Askrindo Peduli Keagamaan. "Nantinya masyarakat bisa menjadikan masjid sebagai pusat ibadah menggelar kegiatan dakwah untuk pembinaan masyarakat dalam rangka meningkatkan kualitas hidup berbangsa dan bernegara lewat agama," ujarnya. (RO/OL-15)

Baca Juga

Freepik

Guru Besar IPB Perkirakan Tahun 2029, 1 dari 2 Orang Dewasa Alami Obesitas

👤Atalya Puspa 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 12:18 WIB
Penyebab obesitas terdiri dari dua faktor utama, yaitu faktor biologi dan flingkungan. Faktor biologi terdiri dari genetik, mikrobiota...
Dok. SWISS-belhotel Pondok Indah

Yuk, Nikmati Paket Liburan Keluarga Di Swiss-belhotel Pondok Indah

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 11:56 WIB
Paket berlaku hari Jumat hingga Minggu dengan harga Rp2.888.888 net sudah termasuk 2 malam menginap di kamar Family Two Bedroom atau...
Youtube Sekretariat Presiden

Jokowi Beri Tanda Kehormatan bagi Nakes yang Gugur karena Covid-19

👤 Indriyani Astuti, Mesakh Ananta Dachi 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 11:54 WIB
Presiden RI menganugerahkan tanda-tanda kehormatan tersebut kepada 7 perwakilan penerima tanda kehormatan dari total keseluruhan sebanyak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya