Senin 08 Maret 2021, 17:37 WIB

Mensos Ajak Media Dukung Peran Perempuan dalam Pembangunan

Suryani Wandari Putri Pertiwi | Humaniora
Mensos Ajak Media Dukung Peran Perempuan dalam Pembangunan

Antara
Ilustrasi mahasiswa yang memperingati Hari Perempuan Internasional.

 

MEDIA diharapkan memperkuat pengarusutamaan peran perempuan dalam pembangunan sosial. Hal itu diutarakan Menteri Sosial Tri Rismaharini, yang mengajak media untuk menggencarkan dukungan terhadap perempuan, khususnya di masa pandemi covid-19.

“Di era pandemi, peran perempuan semakin kompleks. Karena mereka dituntut memainkan peran tambahan, seperti menjadi “guru”. Harus mengajar anak-anaknya yang belajar daring,” ujar Risma, sapaan akrabnya, dalam acara deklarasi Aliansi Wartawati Indonesia (AWI) di Jakarta, Senin (8/3).

Baca juga: Unicef: Pernikahan Anak Bisa Melonjak Akibat Pandemi

Kepada para deklarator, Mensos menyerukan keberpihakan dan dukungan terhadap perempuan, Pesan ini juga sejalan dengan deklarasi AWI pada Senin (8/3) ini, yang bertepatan dengan Hari Perempuan Internasional.

Adapun visi dan misi Kemensos menempatkan perempuan sebagai subjek penting di tengah keluarga. Ini menjadi sasaran strategis dalam berbagai program Kemensos. Seperti Program Keluarga Harapan (PKH), yang menempatkan peran penting ibu sebagai pilar dalam keluarga dan motor dalam upaya penanganan kemiskinan.

“Dengan demikian, ada semangat sama antara Kemensos dan AWI. Saya yakin bisa menjadi modal penting dalam rangka memastikan program pembangunan kesejahteraan sosial. Khususnya dalam percepatan penanganan kemiskinan di atas prinsip keadilan dan keadaban,” pungkas Risma.

Baca juga: Perempuan Ikut Andil Dalam Pemberantasan Korupsi

Bagi Kemensos, media merupakan mitra strategis. Media bekerja mengumpulkan dan mengolah informasi dan data sebelum dipublikasikan kepada masyarakat. Menurut Mensos, informasi bersifat edukatif harus disebarluaskan ke tengah masyarakat.

“Media bisa menjadi mitra strategis. Bersama elemen bangsa lain memupuk semangat optimisme menghadapi pertarungan melawan pandemi,” tutupnya.(OL-11)

 

 

 

Baca Juga

Istimewa

Gempa Aceh Jaya akibat Aktivitas Lempeng Indo-Australia

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 17 April 2021, 23:05 WIB
Wilayah Aceh Jaya diguncang gempa tektonik M=5,5 kemudian diupdate menjadi magnitudo Mw=5,1 pada Sabtu (17/4) pagi. Guncangan gempabumi ini...
Istimewa

Bayi 4 Bulan Jadi Korban Angin Kencang di Indragiri Hilir

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 17 April 2021, 22:50 WIB
SEORANG bayi perempuan berusia empat bulan dilaporkan menjadi korban dari peristiwa angin kencang yang menerjang...
Dok. Kemendikbud

Ini 5 Formula Kemendikbud Tingkatkan Daya Saing Mahasiswa Vokasi

👤Syarief Oebadillah 🕔Sabtu 17 April 2021, 22:20 WIB
Lima program unggulan tersebut antara lain program sertifikasi kompetensi dan profesi mahasiswa vokasi, program fasilitasi magang mahasiswa...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya