Rabu 17 Februari 2021, 00:00 WIB

Sandiaga Ingatkan Pembenahan Hotel di Sekitar Danau Toba

Insi Nantika Jeita | Humaniora
Sandiaga Ingatkan Pembenahan Hotel di Sekitar Danau Toba

MI/Sumaryanrto
Danau toba

 

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendorong penataan komprehensif destinasi wisata Danau Toba, Sumatera Utara, seperti pembenahan hotel-hotel di kawasan tersebut. 

Hal tersebut disampaikan Sandiaga saat melaksanakan rapat koordinasi dengan Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi terkait penataan kawasan dan bangunan di sekitar Danau Toba, Selasa (16/2).

"Banyak hotel-hotel di Danau Toba sudah tidak layak. Ini perlu di upgrade (benahi), sehingga jumlah wisatawan yang meningkat dan tidak kecewa hanya datang sekali tapi bisa berkali-kali," jelas Sandiaga dalam keterangannya, (16/2).

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu menginginkan pembenahan di kawasan Danau Toba seperti di Swiss. Di mana, kata Sandiaga, bukan hanya dari segi infrastruktur dibenahi, tapi juga menyediakan festival kesenian dan budaya.

"Kami menyampaikan beberapa data hotel di Danau Toba yang perlu dibuat penataan lebih komprehensif mengacu pada penataan yang sukses seperti Lake Geneva ada Veve di Swiss," ungkapnya.

Baca juga : Labuan Bajo dapat Jadi Contoh Penerapan CHSE di Masa Pandemi

Kemudian hotel-hotel di sekitar Danau Toba juga, diminta Sandiaga harus memiliki pengolahan limbah yang terpadu agar tidak mencemari sekitar kawasan tersebut. 

Selain itu, pihaknya juga mengusulkan pembangunan cable car atau kereta gantung antara desa Tomok dan Silahosa sepanjang 1-2 kilometer. 

Menparekraf mengatakan, rencana ini bisa dilakukan melalui kerja sama dengan perusahaan asal Eropa Utara, Doppelmayr yang disebut bisa menghadirkan solusi dengan pendekatan Publik Private Partnership (PPP).

"Kita juga akan mengembangkan spot-spot Instagramable dan cocok untuk TikTok konten di Danau Toba," pungkas Sandiaga. (OL-7)

Baca Juga

MI/RAMDANI

Reza Rahadian Mengadvokasi Pentingnya Penguatan Kapasitas Masyarakat Menghadapi Bencana

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 06:00 WIB
Penguatan kapasitas masyarakat dalam menghadapi bencana memerlukan pembiayaan dari pemerintah dan lembaga pembangunan...
ANTARA

BMKG: Waspadai Dampak Bibit Siklon Tropis 92W di Laut Filipina

👤Widhoroso 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:51 WIB
BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini untuk mewaspadai dampak tidak langsung dari bibit siklon...
Dok. Long Rich Bioscience Indonesia

Resveratol Bantu Menjaga dan Maksimalkan Imun Tubuh

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:13 WIB
Resveratrol ditemukan dalam sejumlah makanan dan minuman, termasuk anggur, kacang tanah, kakao, anggur...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya