Jumat 12 Februari 2021, 18:40 WIB

Tidak Satu Pun Agama Ajarakan Permusuhan

Cahya Mulyana | Humaniora
Tidak Satu Pun Agama Ajarakan Permusuhan

MI/Susanto
Perayaan imlek 2021

 

KETUA DPP PDIP Bidang Keagamaan, Hamka Haq, memaknai perayaan Imlek sebagai momentum merajut gotong-royong sesama anak bangsa. Semangat itu diperkuat adanya saling menghormati dan menghargai antar umat beragama yang tidak pernah diajarkan saling membenci.

"Jadi saya yakin bahwa tidak ada satu agama, kepercayaan yang mengajarkan umat yang untuk bermusuhan. Terutama katakan Islam, ada ajaran rahmatan lil alamin. Dalam Kristen ada ajaran cinta kasih, dalam Hindu, Budha ada ajarannya juga dan seterusnya," kata Hamka saat berbicara di perayaan Imlek 2021 yang digelar DPP PDIP dengan tema Imlekan Bareng Banteng secara virtual, Jumat (12/2).

Bagi pria yang akrab disapa Prof Hamka itu, bangsa ini berdiri bukan karena andil satu kelompok atau golongan tertentu. Realitas ini menunjukkan bahwa bangsa harus dibangun tanpa mengesampingkan identitas.

Ia mengatakan perayaan Imlek sedianya menjadi momentum untuk seluruh lapisan masyarakat menjaga kemajemukan. Kekayaan yang jarang ditemukan di negara lain ini harus dijaga.

"Semoga dengan perayaan Imlek ini masyarakat kita semakin mengenal keragaman budaya bangsa kita. Untuk semakin merajut dan memperkokoh kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," pungkasnya. (OL-4)

Baca Juga

DOK RENDRA SETYADIHARJA

Jadi Warisan Budaya Dunia UNESCO, Nadiem Ajak Lestarikan Pantun

👤Faustinus Nua 🕔Senin 15 Agustus 2022, 22:15 WIB
Indonesia telah mencatat sejarah penting karena pantun diakui sebagai budaya dunia pada Desember 2020 dan kerja keras melestarikan pantun...
Antara

Masta, Masakan Sehat Atasi Stunting dari Garut

👤Dinda Shabrina 🕔Senin 15 Agustus 2022, 22:05 WIB
Kabupaten Garut menjadi daerah dengan prevalensi stunting tertinggi se-Jawa...
Antara

170,6 Juta Orang Sudah Divaksinasi Lengkap

👤MGN 🕔Senin 15 Agustus 2022, 21:40 WIB
Sementara itu, Kemenkes mencatat 14.732 ribu orang disuntik vaksin dosis pertama hari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya