Rabu 10 Februari 2021, 12:05 WIB

Kemendes PDTT Siap Bantu Cegah Karhutla Melalui SDGs Desa

Suryani Wandari Putri Pertiwi | Humaniora
Kemendes PDTT Siap Bantu Cegah Karhutla Melalui SDGs Desa

MI/ Rudi Kurniawansyah
Petugas bahu membahu memadamkan kebakaran hutan dan lahan yang sempat terjadi di Kabupaten Siak, Provinsi Riau.

 

MENTERI Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar meminta Kepala Desa di seluruh Indonesia terlibat aktif dalam melakukan pencegahan kebakaran hutan dan lahan. Untuk itu Sustainable Development Goals/SDGs Desa bisa dijadikan rujukan bagi Kepala Desa dalam penanggulangan karhutla.

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar mengatakan Kepala Desa dapat mengupayakan langkah-langkah pencegahan kebakaran hutan dan lahan merujuk pada ketentuan yang ada dalam target SDGs Desa dimana di dalamnya terdapat poin yang menekankan pentingnya kepedulian terhadap lingkungan.

Menurut Abdul Halim setidaknya di dalam SDGs Desa terdapat tiga poin yang berkaitan langsung dengan lingkungan maupun hutan, yakni perubahan iklim desa, peduli lingkungan desa, kawasan permukiman desa aman dan nyaman.

Untuk mendorong upaya pelibatan desa dalam penanganan karhutla saat ini Kementerian Desa PDTT akan melakukan pendampingan khusus terhadap para kepala desa terkait dengan pemanfaatan dana desa untuk penanggulangan kebakaran.

Sebelumnya, dalam Rapat Koordinasi Khusus Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2021 pada Selasa (9/2), Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD menilai dalam lima tahun terakhir, pengendalian kebakaran hutan di Indonesia semakin membaik.

Kendati demikian, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama seluruh stakeholder akan terus mewaspadai kemungkinan adanya karhutla, khusunya pada Mei mendatang yang merupakan musim kemarau dengan melibatkan kementerian/lembaga negara lainnya.

"Sejak 2016 sampai sekarang semua masalah karhutla sudah teratasi. Kalau kita perhatikan, 2020 ini tidak pernah ada berita permasalahan karhutla di Indonesia dari dunia internasional. Ini berarti penanganan sudah lebih baik," katanya. Mahfud menambahkan pada 17 Februari mendatang, Presiden Joko Widodo akan memberikan arahan langsung kepada pihak-pihak yang terlibat dalam penanganan karhutla.(Ant/H-1)

Baca Juga

Dok.IPB

Pakar IPB: Risiko Migrasi BPA Paling Tinggi pada Makanan Kaleng

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 Mei 2022, 03:13 WIB
Rencana BPOM untuk mencantumkan label BPA pada galon air minum kemasan, yang beredar secara luas di media hingga saat ini, menjadi...
Ist

Ikatan Doktor Alumni UP Tingkatkan Kerja Sama Alumni-Sekolah Pascasarjana

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 Mei 2022, 02:57 WIB
Jumlah mahasiswa S3 SPS UP, antara lain didorong program S3 SPS UP yang memiliki akreditasi B mendekati...
Antara

4,5 Juta Lansia Terproteksi Vaksin Booster

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 23:33 WIB
Sementara, capaian vaksinasi dosis kedua bagi kelompok lansia sebanyak 66,50...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya