Sabtu 06 Februari 2021, 10:23 WIB

Reptil Terkecil di Dunia Ditemukan di Madagaskar

Basuki Eka Purnama | Humaniora
Reptil Terkecil di Dunia Ditemukan di Madagaskar

AFP/Frank GLAW / Zoologische Staatssammlung Munchen
Reptil terkecil di dunia, Brookesia nana.

 

ILMUWAN telah mengidentifikasi reptil terkecil dunia sembari memperingatkan bahwa perusakan hutan di wilayah utara Madagaskar mengancam keberadaan spesies tersebut.

Berukuran cukup kecil untuk berdiri di ujung jari tangan, bunglon yang diberi nama Brookesia nana, memiliki proporsi tubuh dan ekspresi yang sama dengan bunglon lain yang lebih besar di dunia.

"Kami menemukan spesies itu di wilayah pegunungan di utara Madagaskar," ujar Frank Flaw, peneliti herpetologi dari Bavarian State Collection of Zoologi.

Baca juga: Epidemiolog UI Ingatkan Soal Mutasi Covid-19

Sebuah ekspedisi gabungan peneliti asal Jerman dan Malagasy tidak mengetahui bahwa dua spesimen yang mereka kumpulkan--satu jantan dan satu betina--merupakan hewan dewasa hingga kemudian.

"Kami menemukan spesies betina itu memiliki telur dalam tubuhnya sementara yang jantan memiliki genital yang besar, yang berarti keduanya adalah hewan dewasa," ungkap Flaw.

Ukuran genital hewan itu luar biasa besar hingga mencakup 20% dari ukuran tubuhnya, lapor Glaw dan timnya dalam jurnal Scientific Reports.

Ukuran tubuh spesien jantan itu, kurang lebih sebesar kacang tanah, adalah sepanjang 13,5 milimeter dengan ekornya memiliki panjang 9 milimeter

Adapun spesien betina memiliki ukuran 29 milimeter dari hidung hingga ujung ekornya.

Kedua individu itu merupakan satu-satunya spesimen yang ditemukan tim peneliti.

Kepulauan yang dulunya terhubung dengan landasan benua di dekatnya itu terkenal sebagai rumah bagi versi mini binatang. Fenomena itu dikenal dengan istilah dwarfism pulau.

"Ada sejumlah vertebrata mini di Madagaskar yang mencakup primata terkecil di dunia serta kodok terkecil di dunia," ujar penulis penelitian lainnya Andolalao Rakotoarison dari Universitas Antananarivo. (AFP/OL-1)

Baca Juga

Antara/M.Risyal Hidayat

Kemenkes Tegaskan Faskes tak Boleh Tetapkan Tarif RT-PCR Melebihi Batas Atas 

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Jumat 03 Desember 2021, 17:28 WIB
Pemerintah telah menetapkan standar tarif pemeriksaan RT-PCR melalui surat edaran Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Nomor...
DOK/BOGASARI

Bogasari, Pabrik Terigu Pertama yang Berhasil Meraih Industri Hijau

👤Media Indonesia 🕔Jumat 03 Desember 2021, 17:10 WIB
Penghargaan dua kali berturut-turut ini merupakan kado terindah di ulang tahun ke-50 Bogasari yang jatuh pada 29 November...
DOK WSE

Gandeng Puspresnas Kemdikbud, Wall Street English Indonesia Rayakan Ulang Tahun ke-14

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Desember 2021, 16:57 WIB
Wall Street English Indonesia bertekad untuk menciptakan putra-putri bangsa yang lebih terampil melalui skill bahasa Inggris yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya