Jumat 15 Januari 2021, 17:45 WIB

GeNose C19 akan Lakukan Uji Diagnostik Post Marketing

Atalya Puspa | Humaniora
GeNose C19 akan Lakukan Uji Diagnostik Post Marketing

ANTARA/M Risyal Hidayat
GeNose C19

 

SEBELUM diproduksi secara massal, alat deteksi cepat covid-19 besutan Univeritas Gadjah Mada (UGM) GeNose C19 akan melewati penelitian post marketing guna memastikan akurasi dan keamanan alat tersebut.

Ketua Tim Pengembangan GeNose C19 Kuwat Triyana mengungkapkan, dalam uji post marketing, pihaknya akan menambah 500 sampel untuk evaluasi performa alat dengan catatan dapat menurunkan tingkat invalid data hingga di bawah 10%.

"Kami juga akan menerapkan SOP baru untuk uji diagnostik post marketing ini agar tingkat akurasi GeNose semakin ditingkatkan," kata Kuwat dalam webinar GeNose C19, Jumat (15/1).

Kuwat mengungkapkan sebelumnya pihaknya melakukan uji diagnostik delapan rumah sakit dengan 1.467 subjek. Hasil uji diagnostik tersebut yakni GeNose memiliki sensitivitas dalam mendeteksi virus sebesar 89%.

Beberapa catatan penting yang akan di-upgrade saat uji post marketing di antaranya sistem penggunaan GeNose di fasilitas umum dan screening GeNose terhadap orang yang memiliki penyakit komorbid seperti paru-paru dan asma.

"Harapannya setelah uji post marketing, GeNose C19 dapat digunakan sebagai alat screening dan harapannya kecerdasan buatan ini bisa terus improve," tandasnya. (OL-14)

Baca Juga

DOK Pribadi.

Perkuat Pengawasan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 18:37 WIB
Perkuat pengawasan dan pengarusutamaan hak penyandang disabilitas dan kelompok rentan lain. Ini merupakan upaya bersama untuk memajukan...
Ist

Penanganan Akurat Dapat Minimalkan Kerusakan pada Jantung

👤Eni Kartinah 🕔Kamis 29 September 2022, 18:01 WIB
Penyakit jantung masih merupakan salah satu penyakit dengan angka morbiditas dan mortalitas yang tinggi di dunia dengan angka mencapai 18,6...
ANTARA FOTO/Makna Zaezar

Kemendikbud-Ristek Tegaskan Data Guru PPPK Ada di Pemda

👤Faustinus Nua 🕔Kamis 29 September 2022, 17:46 WIB
Honorer yang lulus ASN PPPK sejak awal pengumuman diserahkan atau dikirim melalui sistem. Hal itu menjamin transparansi dan akuntabilitas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya