Kamis 07 Januari 2021, 16:07 WIB

Menristek Minta GeNose dan CePAD Jadi Alat Skrining Resmi

Faustinus Nua | Humaniora
Menristek Minta GeNose dan CePAD Jadi Alat Skrining Resmi

ANTARA FOTO/Hendra Nurdiansyah
Ketua Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) sekaligus Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan) mencoba alat GeNose C19

 

MENTERI Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro berharap pemerintah bisa memastikan inovasi anak bangsa GeNose dan CePAD sebagai alat resmi untuk skrining atau rapid test covid-19 secara nasional.

"Pihak-pihak yang berwenang baik dari komite KPCPEN, kemudian Kemenkes dan BNPB atau satgas itu diharapkan bisa menyatakan baik GoNese maupun CePAD sebagai bagian dari tresing atau skrining cepat yang memang dibutuhkan dalam penanganan covid-19," ungkapnya, Kamis (7/1).

Menurutnya, hal itu sangat penting agar alat skrining buatan UGM dan Unpad itu bisa digunakan secara nasional. Mulai dari pemerintah pusat hingga daerah, pun pihak swasta bisa meneruskannya sebagai rujukan resmi.

"Jadi kuncinya masih pada daftar rapid test atau skrining tes atau bagian dari tresing yang resmi dan diakui. Dan itu yang pertama harus dilakuakan," ujar Bambang.

Baca juga:  Menristek Serahkan GeNose dan CePAD Kepada Menko PMK

Dia menjelaskan kedua alat skrining cepat itu sudah diminati banyak pihak. Bahkan pada saat launching sudah ada perusahaan yang memesannya.

Untuk itu, Bambang meminta pemerintah bisa mengedepankan inovasi anak bangsa. GeNose dan CePAD, menurutnya, memiliki kualitas yang tak kalah dengan produk luar negeri. Apalagi alat tersebut dibanderol dengan harga yang terjangkau.

"Kuncinya kembali lagi ini harus dinyatakan bahwa ini adalah yang resmi dan tentunya sekali lagi pemihakan hasil karya anak bangsa ini harus dikedepankan," tegasnya.(OL-5)

Baca Juga

ANTARA / Aloysius Jarot Nugroho

Penjelasan Anak Umur 1-5 Tahun Belum Dapat Divaksinasi

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 14:30 WIB
Pemberian vaksin harus didahulukan pada orang dewasa atau remaja karena memiliki daya tahan tubuh yang paling...
ANTARA

Ini Pentingnya Jaga Jarak Kendaraan saat Lampu Merah

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 14:00 WIB
Pada saat lampu merah, dia juga menyarankan untuk tidak berfokus ada bagian depan saja melainkan sisi kanan kiri dan juga...
ANTARA

BMKG: Gempa Sulut Akibat Deformasi Lempeng Laut Maluku

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 13:45 WIB
Hasil pantauan BMKG sampai dengan dengan pukul 11.30 WIB memperlihatkan adanya sembilan gempa susulan atau aftershock dengan magnitudo...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya