Senin 04 Januari 2021, 15:14 WIB

Kasus Aktif Melonjak, Pemerintah Tambah Kapasitas RS 30%

Dhika Kusuma Winata | Humaniora
Kasus Aktif Melonjak, Pemerintah Tambah Kapasitas RS 30%

Antara/Galih Pradipta
Tenaga kesehatan beraktivitas di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran.

 

PEMERINTAH mencatat kasus aktif covid-19 di Tanah Air terus mengalami peningkatan. Hingga 3 Januari 2021, tercatat 110.679 kasus aktif di berbagai wilayah.

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah telah menyiapkan strategi untuk penanganan lonjakan kasus aktif. Seperti, menambah kapasitas tempat tidur di rumah sakit.

"Di akhir Desember itu terjadi peningkatan. Kasus aktif per 3 Januari sebesar 110.679 kasus. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu dilakukan pemerintah," ucap Airlangga dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan, Senin (4/1).

Baca juga: Kemenkes Tetapkan Alur Vaksinasi Covid-19

Pemerintah, lanjut dia, mendorong optimalisasi kapasitas tempat tidur di rumah sakit milik pemerintah, rumah sakit umum daerah, serta rumah sakit swasta. Targetnya, ada penambahan kapasitas tempat tidur sebanyak 30% untuk penanganan pasien covid-19.

"Alokasi untuk penanganan covid-19 ditingkatkan menjadi 30%. Pak Menteri Kesehatan akan mempersiapkan hal tersebut," jelas Menko Perekonomian tersebut.

Kemudian, pemerintah juga akan meningkatkan disiplin protokol kesehatan di tengah masyarakat. Penguatan itu dilakukan melalui operasi kedisiplinan atau operasi yustisi.

Kementerian Kesehatan dikatakannya turut menambah jumlah tenaga kesehatan dengan target 10.000 orang. "Juga penguatan implementasi tata laksana covid-19. Terutama di tempat yang nonrujukan. Pemerintah terus mendorong peningkatan surveilans, baik itu tes, lacak, maupun isolasi," tutupnya.(OL-11)

 

Baca Juga

DOK Sinar Mas Land.

Sekolah Berhati Berikan Bantuan Pendidikan kepada Puluhan Lembaga Binaan

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 September 2022, 17:08 WIB
Sinar Mas Land melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk menginisiasi program edukasi yakni Sekolah Berhati (Berkarakter Hijau, Sehat, dan...
ANTARA

Gakkum KLHK Tetapkan 2 Tersangka Pencemaran Lingkungan di Bengkalis Riau

👤Faustinus Nua 🕔Selasa 27 September 2022, 17:04 WIB
Menurut Ridho, tindakan tegas dilakukan sebagai upaya untuk memberi efek jera terhadap pelaku kejahatan...
Dok. Pribadi

Bantu Siswa Melihat Lebih Jelas, Rohto-Kasoem Kolaborasi Lakukan Pemeriksaan dan Pemberian Kacamata Gratis

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 September 2022, 17:02 WIB
Lewat program CSR Rohto Peduli, Rohto dan Kasoem menjalin kolaborasi memberikan pemeriksaan mata kepada anak-anak, terutama pelajar SD dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya